Daftar Pemain


    Editorial


      Hot News


      Jadwal Liga


        PERSIB BANDUNG VS PERSIPURA JAYAPURA: Jaga Tren Positif

        • Sabtu, 30 Oktober 2021 | 15:38:00 WIB
        • 0 Komentar


        PERSIB BANDUNG VS PERSIPURA JAYAPURA: Jaga Tren Positif
        Persib Bandung menghadapi Persipura Jayapura pada Pekan 10 Liga 1 2021-2022, Sabtu (30/10/2021) malam. (juaranews)

        JuaraNews, Solo - Tim Persib Bandung bakal menghadapi ujian dalam mempertahankan rekor tak terkalahkannya saat bertemu Persipura Jayapura, Sabtu (30/10/2021) malam.


        Persib sendiri bertekad memenangi kembali laga Pekan 10 Liga 1 2021-2022 yang akan digelar di Stadion Manahan, Solo tersebut.

         

        Maung Bandung bertekad melanjutkan tren positif setelah meraih 3 kemenangan beruntun sebelumnya.

         

        Di papan klasemen, Persib sendiri jauh berada di atas Persipura. Memasuki Pekan 10 ini, Persib bertengger di posisi 2 dengan raihan 18 poin dari hasil 5 menang dan 4 kali imbang, tanpa pernah menderita kekalahan.

         

        Maung Bandung pun cukup produktif dalam urusan mencetak gol, dengan mencatatkan 13 memasukan dan 6 kemasukan atau +7. Maung Bandung sendiri tengah dalam tren positif setelah meraih 3 kemenangan beruntut pada Seri Kedua ini. Sebelumnya laga kontra Persipura, tim Maung Bandung sukses mengalahkan PSIS Semarang (1-0), PSS Sleman (4-2), dan Bhayangkara FC (2-0)


        Sementara Persipura berada di zona degradasi, yakni posisi 17 dengan baru meraih 5 poin dari sekali menang dan 2 kali imbang, dengan menderita 6 kekalahan. Persipura pun kebobolan cukup banyak, yakni 15 gol dan hanya mencetak 8 gol atau -7.


        Tim Mutiara Hitam pun sedang dalam kondiri terpuruk setelah menelan serangkaian kekalahan dalam 3 laga terakhirnya. Sebelumnya, Persipura dikalahkan Barito Putera (0-1), Persik Kediri (2-4), dan Persebaya Surabaya (1-3)

         

        Pelatih Persib Robert Rene Alberts pun pun memastikan, para pemainnya akan berkeja keras untuk meraih kemenangan.


        Robert sendiri tak mau jemawa kendati berhadapan dengan tim papan bawah. Saat ini, Persib berada di posisi 2 klasemen sementara dengan poin 19. Sedangkan Persipura di posisi 17 dengan nilai 5. Namun, jomplangnya peringkat tersebut tak membuat tim Maung Bandung merasa berada di atas angin.


        Menurut Robert, Persipura tetap akan menjadi lawan berat yang wajib diwaspadai. Sebab, materi pemain Mutiara Hitam cukup bertalenta.


        “Saya melihat Persipura masih sebagai tim yang diperhitungkan di Liga 1. Karena mereka punya manajemen, pelatih, hingga pemain yang bertalenta,” kata Robert dalam sesi konferensi pers jelang laga, yang digelar secara virtual, Jumat (29/10/2021).

         

        Persiapan Sudah Maksimal, Persib Siap Kerja Keras Taklukkan Persipura
        Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts. (foto: persib.co.id)
         


        Menurut Robert, persiapan timnya berjalan dengan baik, dan recovery fisik pemain pun bagus seusai melakoni laga sebelumnya kontra PSIS Semarang, Selasa (26/10/2021). Kendati masa recovery hanya 3 hari, Robert menilai sudah cukup memulihkan kondisi fisik pemain.

         

        Dengan persiapan yang sudah maksimal dilakukan, pelatih asal Belanda ini menegaskam pasukannya siap untuk berlaga.


        “Persiapan kami bisa dibilang cukup bagus sejauh ini. Kami punya waktu untuk recovery satu hari. Kemudian saya melihat perkembangan pemain untuk kami persiapkan lawan pertandingan nanti. Selama laithan pemain begitu enjoy dan happy,” kata Robert.


        Pada laga nanti, selain Marc Klok yang harus menjalani hukuman akumulasi kartu kuning, Supardi Nasir pun takkan diturunkan karena cedera. Namun, situasi tim yang tidak akan lengkap untuk hadapi Persipura nanti juga bukan kendala.


        Robert meyakini timnya memiliki kedalaman skuat yang cukup. Dengan demikian, jika ada 1 pemain yang absen bisa digantikan oleh pemain lainnya yang memiliki kualitas tak jauh berbeda.


        Posisi Marc Klok misalnya, bisa diisi Dedi Kusnandar. Sedang peran Supardi bisa diambil alih Achmad Jufriyanto.


        “Kedalaman tim menjadi kekuatan dari tim ini dan semua pemain punya kualitas yang sama,” kata Robert.

         

        Pelatih Kepala Persipura Jayapura, Jacksen F Thiago. (Instagram @Persipurapapua1963)
        Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F Thiago
         
        Dari kubu lawan, Pelatih Jacksen F Thiago bertekad membawa timnya menjadi yang pertama mengalahkan Persib Bandung di ajang Liga 1 2021-2022.


        Jacksen menyebut rekor tak terkalahkan Persib dalam 9 laga tersebut menjadi motivasi tersendiri bagi pasukannya. Para pemainnya sangat ingin menjadi tim yang bisa memberikan kekalahan pertama bagi Persib.


        "Motivasi kami adalah meraih kemenangan, bangkit dan kembali ke zona dimana Persipura seharusnya berada, yaitu papan atas. Itu yang menjadi motivasi kami untuk besok. Kami mencari kebangkitan yang sudah menunggu cukup lama," kata Jacksen dalam sesi konferensi pers jelang laga, yang digelar virtual, Jumat (29/10/2021).


        Saat ini, Persib berada di urutan 2 klasemen sementara engan raihan 19 poin, dari hasil 5 kali menang dan 4 kali imbang, tanpa menderita kekalahan. Sementara Persipura saat ini terperangkap di zona degradasi, yskni di peringkat 17 dengan raihan 5 poin dari hasil sekali menang, 2 seri, dan 6 kali kalah.


        Namun Jacksen tak mau terlalu memikirkan catatan apik Persib tersebut. Dia lebih memilih fokus dengan kekuatan timnya dalam melakukan persiapan.


        "Kebetulan kami dalam kondisi yang sangat buruk, sehingga kami mengerahkan fokus kepada kami. Kelas setiap kita bicarakan itu adalah kesempatan untuk bangkit," ucapnya.


        Untuk persiapan sendiri, menurut Jacksen sama seperti melawan tim lain. Tidak ada perbedaan atau cara-cara lain yang akan dilakukan tim pelatih. Dirinya hanya memberikan informasi sebanyak-sebanyaknya kepada pemain untuk bisa diimplementasikan ketika berada di lapangan. Selain itu, pemain pun bakal diberikan tugas sesuai dengan fungsi dan posisinya masing-masing.


        Jacksen menegaskan, persiapan timnya berjalan cukup baik. Beberapa pemain pun, sudah bisa kembali bermain. Dan dia bakal menurunkan 11 pemain terbaiknya untuk meredam kekuatan Maung Bandung.


        "Kondisi tim kita oke. Cukup baik, ada beberapa pemain sudah bisa tampil. Seperti biasa, selalu saya sampaikan bahwa siapapun yang ada di tim itu adalah 11 pemain terbaik Persipura sehingga keadaan tim kita siap menghadapi Persib Bandung," tandas Jacksen.


        Meskipun ada beberapa pemain yang kembali bisa tampil, Jacksen masih tetap dipusingkan karena ada juga skuatnya yang harus absen. Mulai dari cedera, akumulasi kartu kuning, hingga dipanggil Timnas U-23.


        "Ada banyak ya, di Timnas Indonesia ada 3, Irsan (Rahman Lestaluhu), Gunansar (Papua Mandowen), dan Ramai (Melvin Rumakiek). Ada Ricardo, Ricky Kayame, Imanuel, Israel dan ya lumayan banyak," kata pelatih asal Brasil.


        Namun Jacksen tak mau banyaknya pemain yang absen dijadikan alasan Persipura tidak tampil maksimal pada laga nanti. Dia memastikan, akan menurunkan 11 pemain terbaik untuk menghadapi Persib.


        "Itu bukan hambatan dan keluhan. Kami tetap ada beberapa pemain lain. Kami daftarkan 30 pemain, siapapun yang diturunkan itu yang kami mainkan. Kami tidak fokus pada pemain yang tidak ada.
        Tantangan itu ada dalam tim kami, tapi kami akan siap pertandingan besok," pungkasnya.


        Persib tak Pernah Kalah sejak 2014
        Dari statistik pertemuan kedua tim, Persib pun lebih diunggulkan dibanding Persipura. Maung Bandung tercatat tak pernah kalah dari Persipura sejak musim 2014 silam.


        Rentetan kemenangan Persib dimulai ketika laga final ISL 2014. Kala itu Persib menang 7-5 lewat drama adu penalti, dan sejak saat itu Persipura belum pernah menang melawan Persib, baik ketika bermain di kandang maupun tandang.


        Dari total 9 laga sejak musim 2014, Persib memenangi 7 laga, dan 2 sisanya berakhir imbang. Hasil draw tersebut tercipta pada Putaran 2 musim 2018 dan Putaran 2 musim 2017, dengan skor masing-masing 1-1 dan 0-0.


        Pada 2 pertemuan terakhir, yakni di musim 2019, bahkan Persib berhasil mengalahkan Persipura, baik di kandang maupun tandang. Saat main di kandang, Maung Bandung menang 3-0, sedangkan saat tandang menang 3-1. Skor 3-0 pada musim 2019 tersebut tercatat menjadi kemenangan terbesar Persib atas Persipura.


        Namun kondisi terbalik, terjadi sejak era kompetisi profesional digulirkan pada musim 2008 hingga musim 2013, justru Persib yang tak pernah menang atas Persipura. Dari 10 laga yang dilakoni dalam rentang waktu 5 tahun, Persipura berhasil memenangi 6 laga,dan 4 laga sisanya berakhir dengan imbang. Pada periode tersebut tercatat 2 kali tim Mutiara Hitam menang besar atas Maung Bandung, yakni dengan skor 4-0 pada musim 2012 dan 5-1 di musim 2011.


        Sementara itu pada 2 musim sebelumnya, yakni pada 2003 dan 2004, kedua tim berbagi kemenangan silih berganti. Dimulai pada Putaran 1 LI 2003, Persipura menang 2-1 lalu dibalas Persib pada Putaran 2 dengan skor 1-0. Lalu pada Putaran 1 LI 2004, Persipura menekuk Persib 3-1, dan dibalas di Putaran 1 dengan skor 1-0.


        Dengan demikian, secara keseluruhan, dari 23 pertemuan kedua tim, Persib masih unggul dengan menorehkan 9 kemenangan, sedangkan Persipura meraih 8 kemenangan, dan 6 laga sisanya berakhir dengan hasil imbang


        Dari 23 laga tersebut, tercipta total 51 gol, dengan keunggulan bagi Persipura yang mencetak 26 gol, sedangkan Persib 25 gol.
         
         
        Ezegoal persipura greg

        Ezechiel N'douassel mencetak brace saat Persib mengalahkan Persipura 3-1 pada Putaran 2 Liga 1 2019 di Stadion Delta, Sidoardo, 23 September 2019. (foto: persib.co.id)

         

        Head to Head
        23 September 2019 Liga 1 2019 Persipura Jayapura 1-3 Persib Bandung
        18 Mei Liga 1 2019 Persib Bandung 3-0 Persipura Jayapura
        15 Oktober 2018 Liga 1 2018 Persipura Jayapura 1-1 Persib Bandung
        12 Mei 2018 Liga 1 2018 Persib Bandung 2-0 Persipura Jayapura
        28 Agustus 2017 Liga 1 2017 Persipura Jayapura 0-0 Persib Bandung
        7 Mei 2017 Liga 1 2017 Persib Bandung 1-0 Persipura Jayapura
        12 November 2016 TSC 2016 Persib Bandung 2-0 Persipura Jayapura
        21 Juli 2016 TSC 2016 Persipura Jayapura 0-2 Persib Bandung
        7 November 2014 ISL 2014 Persipura Jayapura 5-7 Persib Bandung (pen)
        11 September 2013 ISL 2013 Persipura Jayapura 1-0 Persib Bandung
        13 Januari 2013 ISL 2013 Persib Bandung 1-1 Persipura Jayapura
        29 April 2012 ISL 2011/2012 Persib Bandung 0-1 Persipura Jayapura
        27 Februari 2012 ISL 2011/2012 Persipura Jayapura 4-0 Persib Bandung
        27 Maret 2011 ISL 2010/2011 Persib Bandung 2-2 Persipura Jayapura 37 Februari 2011 ISL 2010/2011 Persipura Jayapura 5-1 Persib Bandung
        2 Mei 2010 ISL 2009/2010 Persib Bandung 0-0 Persipura Jayapura
        29 November 2009 ISL 2009/2010 Persipura Jayapura 1-0 Persib Bandung
        9 Februari 2009 ISL 2008/2009 Persib Bandung 1-1 Persipura Jayapura
        27 Juli 2008 ISL 2008/2009 Persipura Jayapura 1-0 Persib Bandung
        8 Agustus 2004 LI 2004 Persib Bandung 1-0 Persipura Jayapura
        4 Februari 2004 LI 2004 Persipura Jayapura 3-1 Persib Bandung
        4 September 2003 LI 2003 Persib Bandung 1-0 Persipura Jayapura
        10 April 2003 LI 2003 Persipura Jayapura 2-1 Persib Bandung


        5 Laga Terakhir Persib Bandung
        26 Oktober 2021 PSIS Semarang 0-1 Persib Bandung
        22 Oktober 2021 Persib Bandung 4-2 PSS Sleman
        16 Oktober 2021 Bhayangkara FC 0-2 Persib Bandung
        2 Oktober 2021 Persib Bandung 0-0 PSM Makassar
        27 September 2021 Persikabo 1973 0-0 Persib Bandung

        5 Laga Terakhir Persipura Jayapura
        25 Oktober 2021 Persipura Jayapura 0-1 Barito Putera
        21 Oktober 2021 Persik Kediri 4-2 Persipura Jayapursa
        16 Oktober 2021 Persipura Jayapura 1-3 Persebaya Surabaya
        3 Oktober 2021 Madura United 2-2 Persipura Jayapura
        29 September 2021 Persipura Jayapura 0-1 Arema FC


        Perkiraan Susunan Pemain

        Persib Bandung (4-4-2)

        Teja Paku Alam; Victot Igbonefo (C), Achmad Jufriyanto, Nick Kuipers, Zalnando; Febri Hariyadi, Mohammed Rashid (tengah), Dedi Kusnandar, Frets Butuan; Ezra Walian, Wander Luiz
        Pelatih: Robert Rene Alberts

         

         

        Persipura Jayapura (5-3-2)


        Fitrul Dwi Rustapa; Donni Harold Monim, Henrique Motta, David Kevin Wato Rumakiek, Ricardo Salampessy; Ian Louis Kabes, Todd Rivaldo Albert Ferre, Takuya Matsunaga; John Riky Kayame, Yohanes Fernando Pahabol
        Pelatih: Jacksen F Tiago. (*)

        den

        0 Komentar
        Tinggalkan Komentar
        Cancel reply
        0 Komentar
        Tidak ada komentar
        Berita Lainnya
        Kalah 0-1 oleh Arema FC, Robert Alberts Soroti Buruknya Kinerja Lini Tengah Persib
        Robert Alberts Kecewa Berat Persib Gagal 2 Kali Rebut Puncak Klasemen
        Kalah 0-1, Gagal ke Puncak Klasemen, Persib Tergusur Arema FC
        Babak I, Persib Masih Tertinggal 0-1 dari Arema FC
        Ini Susunan Pemain Persib Bandung vs Arema FC
        Berita Terdahulu
        Iklan DPRD KBB Hari Pahlawan 2021
        walikota

        Data Statik Covid-19


        DATA COVID-19 INDONESIA

        😷 Positif:

        😊 Sembuh:

        😭 Meninggal:

        (Data: kawalcorona.com)

        Ads


        Klasemen Liga Indonesia

        Tim M Point
        1 Bhayangkara FC 14 30
        2 Arema FC 14 29
        3 Persib Bandung 14 28