free hit counter code Jabar akan Miliki Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Jabar akan Miliki Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia
ANGGOTA Komisi I DPR TB Hasanuddin menghadiri peletakan batu pertama pembangunan kawasan wisata Eiger Adventure Land, di Kabupaten Bogor, Sabtu (23/10/2021).

Jabar akan Miliki Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia

  • Senin, 25 Oktober 2021 | 08:31:00 WIB
  • 0 Komentar

 

JuaraNews, Bogor  –  Jawa Barat akan memiliki jembatan gantung terpanjang di dunia, melebihi rekor  jembatan gantung terpanjang di dunia, yakni Arouca Bridge di Arouca Geopark yang berada di Portugal. Jembatan ini akan dibangun di Kabupaten Bogor, tepatnya di Desa Sukagalih, Kecamatan Megamendung, Jawa Barat. Nama kawasan wisata alam ini adalah Eiger Adventur Land (EAL) yang pembangunannya akan selesai pada tahun 2023. 

 

Jembatan gantung akan dibangun sepanjang 530 meter, 14 meter lebih panjang dari jembatan gantung yang ada di Arouca Geopark. Tak hanya itu, di kawasan itu akan dibangun pula kereta gantung sepanjang 836 meter dan fasilitas lain yang menitikberatkan pada kegiatan petualangan tropis, seperti petualangan hutan, jalan–jalan budaya, permainan ruang terbuka, desa tradisional, tempat penginapan bernuansa alam, penangkaran, naik gunung, hingga jelajah nusantara.

 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat peletakan batu pertama EALL berharap momentum tersebut menjadi kebangkitan dalam pemulihan ekonomi setelah pandemic Covid-19.  "Mudah-mudahan hari ini dengan pengakhiran batu pertama membawa semangat bangkit Jawa Barat. Karena Jawa Barat itu salah satu keunggulan ekonominya itu pariwisata regional yang tidak mengandalkan pesawat terbang. Akan selesai targetnya di pertengahan 2023," tuturnya.

 

Uno mengatakan, apa yang dilakukan Eiger merupakan langkah fenomenal dan penuh dengan patriotisme, atau kecintaan terhadap Tanah Air. “Bisa dibilang ini spektakuler. Di tengah pandemi investasi Rp 500 miliar atau Rp 800 miliar selama 5 tahun itu harus diapresiasi kepada Kang Ronny dan tim,” kata Sandiaga Uno.

 

Chairman PT Eigerindo Ronny Lukito, mengatakan, “Eiger Adventure Land direncanakan dapat mulai beroperasi dan dibuka untuk umum pada tahun 2023”. “Dari 300 hektare ini, peraturan kehutanan hanya bisa dikelola 10 persen, namun karena niat kami bukan ingin membangun, kami hanya pakai 1,57 persen. Itu pun semua bangunannya berbentuk panggung, enggak ada yang nempel,” katanya. Sementara itu Lahan PTPN VIII yang dikerjasamakan kepada Eiger Adventure Land adalah seluas 73 Ha.

 

Direktur PTPN VIII Mohammad Yudayat pembangunan tempat wisata ini menjadi awal yang baik untuk kolaborasi pengembangan wisata berbasis lingkungan di areal PTPN VIII. Kami harap ke depannya akan lebih banyak kerja sama dengan mitra lain untuk meningkatkan ekonomi kreatif di Jawa Barat.

 

Anggota DPR TB Hasanudin yang hadir saat peletakan batu pertama tersebut, memberi dukungan terhadap pembangunan jembatan gantung terpanjang di dunia itu. Ia juga mengajak masyarakat untuk merawat dan menjaga lingkungan, termasuk lingkungan yang akan dibangun kawasan wisata alam tersebut.

 

"Saya selalu berpesan agar semua warga menjalankan amanah Undang-Undang Dasar untuk tetap merawat dan menjaga lingkungan," ujar Hasan.

 

Ia mengatakan, sebagai penggerak yang ada di pusat berusaha untuk selalu adil kepada masyarakat dan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur dari budaya serta kelestarian alam.Peletakan batu pertama merupakan bentuk rasa syukur yang kemudian diakhiri dengan penanaman pohon oleh semua pejabat Forkopimda Jabar yang hadir  (*)

 

 

ude

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Legislator Minta Permasalah RKB Segera Diatasi
3 Raperda Prakarsa DPRD Jabar Tuntas Dibahas
Bey Target Swasembada Pangan di Jabar
Legislator Minta Regulasi PPDB Zonasi Dievaluasi
Komisi V Dorong Penerbitan Kepgub Upah Buruh

Editorial



    sponsored links