Hot News


Opini


  • Urgensi Perubahan RTRW Jawa Barat
    Urgensi Perubahan RTRW Jawa Barat

    TERKAIT penataan ruang, amanat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja memang berbeda dengan amanat UU 26 Tahun 2007 Tentang Penataan Ruang.

    Jabar akan Miliki Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia

    • Senin, 25 Oktober 2021 | 08:31:00 WIB
    • 0 Komentar


    Jabar akan Miliki Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia

     

    JuaraNews, Bogor  –  Jawa Barat akan memiliki jembatan gantung terpanjang di dunia, melebihi rekor  jembatan gantung terpanjang di dunia, yakni Arouca Bridge di Arouca Geopark yang berada di Portugal. Jembatan ini akan dibangun di Kabupaten Bogor, tepatnya di Desa Sukagalih, Kecamatan Megamendung, Jawa Barat. Nama kawasan wisata alam ini adalah Eiger Adventur Land (EAL) yang pembangunannya akan selesai pada tahun 2023. 

     

    Jembatan gantung akan dibangun sepanjang 530 meter, 14 meter lebih panjang dari jembatan gantung yang ada di Arouca Geopark. Tak hanya itu, di kawasan itu akan dibangun pula kereta gantung sepanjang 836 meter dan fasilitas lain yang menitikberatkan pada kegiatan petualangan tropis, seperti petualangan hutan, jalan–jalan budaya, permainan ruang terbuka, desa tradisional, tempat penginapan bernuansa alam, penangkaran, naik gunung, hingga jelajah nusantara.

     

    Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat peletakan batu pertama EALL berharap momentum tersebut menjadi kebangkitan dalam pemulihan ekonomi setelah pandemic Covid-19.  "Mudah-mudahan hari ini dengan pengakhiran batu pertama membawa semangat bangkit Jawa Barat. Karena Jawa Barat itu salah satu keunggulan ekonominya itu pariwisata regional yang tidak mengandalkan pesawat terbang. Akan selesai targetnya di pertengahan 2023," tuturnya.

     

    Uno mengatakan, apa yang dilakukan Eiger merupakan langkah fenomenal dan penuh dengan patriotisme, atau kecintaan terhadap Tanah Air. “Bisa dibilang ini spektakuler. Di tengah pandemi investasi Rp 500 miliar atau Rp 800 miliar selama 5 tahun itu harus diapresiasi kepada Kang Ronny dan tim,” kata Sandiaga Uno.

     

    Chairman PT Eigerindo Ronny Lukito, mengatakan, “Eiger Adventure Land direncanakan dapat mulai beroperasi dan dibuka untuk umum pada tahun 2023”. “Dari 300 hektare ini, peraturan kehutanan hanya bisa dikelola 10 persen, namun karena niat kami bukan ingin membangun, kami hanya pakai 1,57 persen. Itu pun semua bangunannya berbentuk panggung, enggak ada yang nempel,” katanya. Sementara itu Lahan PTPN VIII yang dikerjasamakan kepada Eiger Adventure Land adalah seluas 73 Ha.

     

    Direktur PTPN VIII Mohammad Yudayat pembangunan tempat wisata ini menjadi awal yang baik untuk kolaborasi pengembangan wisata berbasis lingkungan di areal PTPN VIII. Kami harap ke depannya akan lebih banyak kerja sama dengan mitra lain untuk meningkatkan ekonomi kreatif di Jawa Barat.

     

    Anggota DPR TB Hasanudin yang hadir saat peletakan batu pertama tersebut, memberi dukungan terhadap pembangunan jembatan gantung terpanjang di dunia itu. Ia juga mengajak masyarakat untuk merawat dan menjaga lingkungan, termasuk lingkungan yang akan dibangun kawasan wisata alam tersebut.

     

    "Saya selalu berpesan agar semua warga menjalankan amanah Undang-Undang Dasar untuk tetap merawat dan menjaga lingkungan," ujar Hasan.

     

    Ia mengatakan, sebagai penggerak yang ada di pusat berusaha untuk selalu adil kepada masyarakat dan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur dari budaya serta kelestarian alam.Peletakan batu pertama merupakan bentuk rasa syukur yang kemudian diakhiri dengan penanaman pohon oleh semua pejabat Forkopimda Jabar yang hadir  (*)

     

     

    ude

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Tinjau Banjir Bandang di Garut, Wagub Jabar Janji Segera PerbaikI Jembatan yang Putus
    Lahirkan Relawan Bencana yang Tangguh, Jabar Quick Response Gelar Pelatihan Water Rescue
    Pengurus AMSI Jabar Dilantik, Gelar Seminar Media Siber: Sehat Bisnisnya, Berkualitas Kontennya
    Pesan Ridwan Kamil untuk Pemuda menuju Indonesia Emas 2045
    Gubernur Ridwan Kamil Dorong Masjid Kembangkan Kencleng Digital
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Iklan DPRD KBB Hari Pahlawan 2021

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads