free hit counter code Terbukti Memudahkan, Transaksi Tokopedia E-Samsat di Jawa Barat Naik 2 Kali Lipat - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Terbukti Memudahkan, Transaksi Tokopedia E-Samsat di Jawa Barat Naik 2 Kali Lipat
    Ilustrasi. (Istimewa)

    Terbukti Memudahkan, Transaksi Tokopedia E-Samsat di Jawa Barat Naik 2 Kali Lipat

    JuaraNews - Transaksi pembayaran pajak kendaraan bermotor lewat fitur Tokopedia E-Samsat di Jawa Barat mengalami kenaikan hampir 2 kali lipat pada kuartal 1 2021 dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya. Secara keseluruhan, kenaikan transaksi lewat fitur ini mencapai hingga 3 kali lipat.

    Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan, layanan E-Samsat Jawa Barat yang tersedia di Tokopedia lebih mempermudah masyarakat Jawa Barat dalam membayar pajak kendaraan bermotor tanpa harus keluar rumah, apalagi di tengah kondisi pandemi saat ini.

    "Inovasi ini diharapkan dapat semakin meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membayar pajak kendaraan bermotor tahunan dengan lebih aman, cepat, mudah dan sekaligus berkontribusi di dalam meningkatkan penerimaan daerah khususnya dari pajak kendaraan bermotor," kata Ridwan Kamil, Rabu (14/7/2021).

    Sementara Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni mengungkapkan, Tokopedia akan terus mengedepankan kolaborasi dengan mitra strategis untuk mempermudah kehidupan masyarakat, termasuk dalam hal pembayaran pajak.

    "Layanan Tokopedia E-Samsat diharapkan tidak hanya dapat mampu membantu masyarakat dalam membayar pajak, tetapi juga berkontribusi mendorong perkembangan ekonomi digital, khususnya saat pandemi, di Jawa Barat," paparnya.

    Melalui Tokopedia E-Samsat dan Samsat Mobile Jawa Barat (Sambara), pengguna khususnya wajib pajak kendaraan bermotor tahunan dapat memotong dua jalur antrean, yaitu proses registrasi kelengkapan dokumen dan pembayaran.

    Pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan bisa menjadi lebih cepat karena kedua proses tersebut bisa dilakukan dalam hitungan menit di mana pun kapan pun lewat Tokopedia. Cukup dengan mengetik E-Samsat di kolom pencarian, kemudian pilih Samsat Jabar dan masukkan kode pembayaran yang didapatkan melalui aplikasi Sambara.

    Selanjutnya, klik ‘Cek Tagihan’ dan pilih metode pembayaran yang diinginkan. Tokopedia menyediakan 50 opsi pembayaran yang dapat dipilih, termasuk pembayaran secara cicilan, transfer bank, uang elektronik, gerai offline seperti minimarket dan kantor pos dan masih banyak lainnya.

    Untuk proses terakhir, wajib pajak dapat melanjutkan ke pelayanan Samsat terdekat untuk proses pengesahan yang dalam masa pandemi ini diberikan tenggat 90 hari atau 3 bulan.

    Kemudahan lainnya adalah tidak adanya batas nominal transaksi tunggal sehingga berapa pun besar nilai pajak tetap bisa dibayarkan. Kini, layanan Tokopedia E-Samsat telah hadir di wilayah Kepulauan Riau, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur dan Sulawesi Selatan.(*)

    Oleh: arfan sauki / fan

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Selama Masa Lebaran 2024, Pengguna Commuter Naik
    Cerita Pegawai PLN Tak Mudik Demi Amankan Listrik
    Dirut PLN Lakukan Inspeksi SPKLU Jalur Mudik
    Layanan Operasional Terbatas & Weekend Banking
    Operasi Pasar Ditarget Tuntas pada H-4 Lebaran

    Editorial



      sponsored links