free hit counter code DKPP Jabar Sarankan Penyembelihan Hewan Kurban Dilakukan di Rumah Pemotongan Hewan - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
DKPP Jabar Sarankan Penyembelihan Hewan Kurban Dilakukan di Rumah Pemotongan Hewan
Net

DKPP Jabar Sarankan Penyembelihan Hewan Kurban Dilakukan di Rumah Pemotongan Hewan

JuaraNews, Bandung - Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jawa Barat menyarankan penyembelihan hewan kurban dilakukan di Rumah Potong Hewan (RPH).

 

Hal yang dimaksud untuk menghindari kerumunan orang yang berpotensi membuat penularan virus Covid-19 semakin masif saat penyembelihan hewan qurban.


Kepala Bidang kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Supriyanto mengatakan apabila kapasitas RPH tidak mampu memenuhi kuantitas yang ada maka diperkenankan untuk melakukan penyembelihan di luar RPH. Hal tersebut sesuai dengan Surat Edaran (SE) yang dikeluarkan Kemenag dan Kementan.


"Sesuai edaran yang dikeluarkan Menag dan Mentan, selama RPH tidak mencukupi itu bisa diperkenankan pemotongan diluar RPH. Namun tetap ingat itu prokes itu," ujar Supri, Rabu (7/7/2021).


Namun, Apabila pelaksanaan pemotongan hewan kurban terpaksa dilakukan diluar RPH, Supriyanto mengimbau agar masyarakat melangsungkan prosesi penyembelihan setelah hari raya idul adha.


"Surat edaran Menteri agama (SE) No.17 2021, jadi diharapkan masyarakat menyembelih itu pada 11 hingga 13 dzulhijjah
ini yang diharapkan," terangnya.


"Jangan sampai ibadah kurban yang sejatinya untuk maslahat orang banyak, malah menjadi mudharat karena adanya kluster-kluster Covid-19," pungkasnya.


Menurut Supri, DKKP Jabar menegaskan bahwa pelaksanaan penyembelihan hewan kurban tahun ini harus dibarengi dengan protokol kesehatan yang ketat. Pihaknya juga sudah melaksanakan koordinasi dengan berbagai pilihan.


"Kemarin sudah melakukan koordinasi dengan kasatgas provinsi dari setiap proses ibadah kurban dari penjualan, penyembelihan dan pembelian itu protokol kesehatan (prokes) tetap dijaga," katanya. (*).

 

bas

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Wapres Ma'ruf: Optimalkan Teknologi dalam Mitigasi
Agus Mulyana Optimistis Timnas Menang Lawan Korsel
SAH! Prabowo-Gibran Presiden & Wapres 2024-2029
Bey Ingin Sumedang Kembali Jadi Paradijs van Java
Bonus Demografi Sumber Daya Pembangunan Produktif

Editorial



    sponsored links