free hit counter code Ezra Walian Segera Kembali Bela Timnas Indonesia - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Daftar Pemain


    Editorial


      Jadwal Liga


      Ezra Walian Segera Kembali Bela Timnas Indonesia
      (net) Ezra Walian saat memperkuat timnas Indonesia pada 2017 lalu

      Ezra Walian Segera Kembali Bela Timnas Indonesia

      JuaraNews, Bandung - Striker anyar Persib Bandung, Ezra Walian berpeluang kembali memperkuat Timnas Indonesia, dalan waktu dekat ini.


      Hal tersebut muncul setelah PSSI mengirimkan surat terkait hak pemain naturalisasi keturunan Belanda itu kepada FIFA.

       
      Federasi sepak bola dunia itu memberikan respons cepat kepada surat permohonan PSSI menyangkut status kewarganegaraan Ezra, yang belum berubah dalam catatan FIFA, meski sebenarnya sudah sah sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).


      Sekjen PSSI, Yunus Nusi menjelaskan, PSSI sudah menerima segala berkas dokumen yang dibutuhkan untuk membuat proses ini berjalan lancar. FIFA pun memberikan respons cepat terhadap langkah dari PSSI.


      "Iya, hari Jumat (11/6/2021) ini kami menerima surat dari FIFA yang ditandatangani oleh Head of Players Status FIFA, Erika Montemor Ferreira," buka Yunus, dalam pernyataannya seperti dikutip laman resmi PSSI.


      "Kemudian, PSSI langsung merespons kembali melalui surat yang dikirim ke FIFA, dan bersyukur FIFA langsung merespons," imbuhnya.


      Kasus Ezra bermula saat AFC mencekalnya untuk bertanding di Kualifikasi Piala AFC U-23 2019 bersama Timnas Indonesia U-23. AFC mendapatkan memorandum dari Asosiasi Sepak Bola Belanda (KNVB) karena pemain berusia 22 tahun itu pernah membela Timnas Belanda U-17 pada Kualifikasi Euro U-17 2014.


      Sebelumnya, pada 2017, PSSI menaturalisasi Ezra. Namun, mantan pemain Jong Ajax tersebut tidak menetap di Tanah Air setelah memiliki paspor Indonesia. Ezra terus melanjutkan kariernya di Belanda sebelum bergabung dengan PSM Makassar pada pertengahan 2019. Ezra sendiri sempat membela timnas U-23 di SEA Games 2017.


      Ezra terhalau aturan FIFA mengenai pemain yang pernah bermain di kompetisi resmi minimal U-17 dan berpindah kewarganegaraan. Pemain bersangkutan harus bermain dan tinggal selama minimal 2 tahun di negara barunya untuk bisa berseragam timnas.


      Artinya, Ezra yang menetap di Indonesia sejak pertengahan 2019, baru bisa membela Timnas Indonesia pada 2021.


      Keputusan FIFA pekan lalu membuka harapan untuk Ezra membela Tim Merah Putih. Sekaligus membuka peluang untuk tampil pada Piala AFF 2020, Desember nanti.


      "Dengan proses ini, PSSI berharap agar Ezra dapat segera bermain lagi bersama timnas Indonesia. Proses administrasi dan pergantian asosiasi Ezra memang membutuhkan waktu dan tidak mudah. Apalagi dirinya pernah bermain bersama timnas Belanda di kelompok usia U-15, U-16, dan U-17," beber Yunus.


      Menurut Yunus, PSSI sangat serius melakukan penelusuran berdasarkan aturan terbaru FIFA terkait alih status pemain.


      "Kami memberikan bukti-bukti dokumen pendukung yang dapat memperkuat status Ezra untuk Indonesia. Terakhir kami terima dokumen akte kelahiran bapaknya Ezra," tandasnya.


      Siap Kembali Dipanggil Timnas
      Ezra sendiri mengaku sudah siap untuk kembali membela timnas Indonesia jika dipanggil Pelatih Shin Tae-yong.


      Seperti diketahui timnas U-22 Indonesia baru saja menyelesaikan pemusatan latihan (TC) sebagai salah satu persiapan sebelum jalani laga di SEA Games Vietnam, November mendatang.


      "Saya pasti siap jika dipanggil timnas Indonesia untuk SEA games," ujar Ezra pada acara bincang-bincang di akun Instagram resmi Persib, Selasa (16/3/2021).


      "Karena di tahun 2017 saya juga pernah terlibat dengan timnas U-23 Indonesia," sambungnya.


      Selain itu, pemain bernomor punggung 30 tersebut menilai saat ini timnas berada di jalur yang bagus. Terlebih timnas ditangani pelatih berkelas Internasional.


      Dia pun berharap timnas bisa lebih maju lagi ke depannya.


      "Indonesia berada di jalur yang benar dan harus terus seperti ini dengan punya pelatih bagus dan semangat bagus juga," kata Ezra.


      "Semoga timnas Indonesia bisa lebih maju dan berprestasi lagi ke depannya," pungkasnya. (*)

      jn

      0 Komentar

      Tinggalkan Komentar


      Cancel reply

      0 Komentar


      Tidak ada komentar

      Berita Lainnya


      Persib Juara Lebih Luar Biasa dibanding Juventus
      Libur 1 Bulan, Persib Bersiap Lakoni Play-off ACL2
      Sabtu Hari Ini, Bandung Gelar Pesta PERSIB JUARA
      Kapten Persib Persembahkan Juara untuk Bobotoh
      Hodak Senang Persembahkan Trofi Juara bagi Persib

      Klasemen Liga Indonesia

      Tim M Point
      1 Borneo FC 34 70
      2 Persib Bandung 34 62
      3 Bali United 34 58

      Klasemen Liga Dunia

      Tim M Point
      1. Manchester City 38 91
      2. Arsenal 38 89
      3. Liverpool 38 82
      4. Aston Villa 38 68
      Tampilkan Detail