Hot News


Inspirasi


    Yasonna Laoly Harap Desa Wisata Alam Santosa Ekowisata Jadi Lokasi Persahabatan Budaya

    • Sabtu, 17 Oktober 2020 | 19:11:00 WIB
    • 0 Komentar


    Yasonna Laoly Harap Desa Wisata Alam Santosa Ekowisata Jadi Lokasi Persahabatan Budaya

    JuaraNews, Bandung - Desa Wisata Alam Santosa Ekowisata dan Budaya Berbasis Budaya Nusantara di Desa Cikadut, Cimenyan, Kabupaten Bandung diresmikan, Sabtu (17/10/2020).


    Peresmian dilakukan dengan penandatanganan prasasti oleh Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum, Bupati Kabupaten Bandung M.Dadang Nasser, Eka Santoso pendiri Desa wisata Alam Santosa, dan Menkumham Yasonna Laoly.


    Eka Santosa menyebut desa wisata yang didirikannya ini merupakan wujud dari hubungan baik masyarakat Jawa Barat dengan warga Nias di provinsi tersebut.


    "Dulu saya secara resmi diberikan gelar adat oleh pemerintah dan masyarakat Nias sebagai Balugu (Maha Raja, red.) Gelar ini saya resapi betul dan tidak disia-siakan. Karenanya, desa wisata ini juga merupakan sambung napas saya dalam pengabdian dan wujud dari hubungan baik dengan masyarakat Nias di Jawa Barat yang jumlahnya tak kurang dari 45 ribu jiwa," katanya.


    Sementara itu, Menkumham Yasonna Laoly mengatakan, Jawa Barat merupakan provinsi teladan dalam mengembangkan peraturan daerah di bidang kekayaan intelektual, termasuk kekayaan intelektual komunal berupa tari-tarian, pakaian tradisional dan budaya lainnya.


    "Itu semua adalah warisan yang harus kita lestarikan karena kemajuan zaman tak perlu menggerus kearifan lokal," ungkapnya.


    Yasonna juga optimistis desa wisata Alam Santosa akan semakin meningkatkan kontribusi Jawa Barat dalam pelestarian dan perlindungan kekayaan intelektual komunal.


    "Saya berharap di masa yang akan datang, Alam Sentosa ekowisata dan budaya akan berlanjut menjalin persahabatan dengan budaya-budaya seluruh suku yang ada di Indonesia serta menjadi center of excellence pembelajaran kebersamaan dalam budaya," katanya.


    Peresmian juga dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan budaya Sunda, seperti upacara adat Sunda dan Rampak Kendang, serta Tari Ya'ahouwu dan Tari Baluse dari Nias. Kentalnya budaya Sunda dan Nias ini tak lain karena desa wisata Alam Santosa didirikan sebagai peringatan persahabatan kedua kebudayaan. (*).

     

    bas

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Disparbud Jabar akan Lakukan Tes Covid-19 Bagi Pelaku Industri Pariwisata
    PSBB Proporsional Bodebek Diperpanjang Hingga 23 Desember 2020
    Wagub Jabar Apresiasi Ekspor di Tengah Pandemi
    Rebana Metropolitan Masuk RPJMD Perubahan
    Ridwan Kamil Ajak Dubes RI untuk Inggris dan Irlandia Promosikan Rebana Metropolitan
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Pos Indonesia kanan

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads