free hit counter code Makanan dan Minuman Ini Dituding Sumber Penyakit Diabetes. Apa Saja? - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Makanan dan Minuman Ini Dituding Sumber Penyakit Diabetes. Apa Saja?
    ilustrasi

    Makanan dan Minuman Ini Dituding Sumber Penyakit Diabetes. Apa Saja?

    • Selasa, 22 September 2020 | 23:03:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung – Penyakit diabetes mellitus merupakan ancaman serius bagi kesehatan. Ini karena perkembangannya bertahap dan bisa menimbulkan komplikasi yang sangat berbahaya.

     

    Tidak heran jika penyakit kencing manis ini dikenal juga sebagai pembunuh diam-diam (the silent killer).

     

    Banyak kalangan menilai penyakit diabetes terjadi karena gaya hidup yang tak sehat, khususnya dalam mengkonsumsi makanan. Apa saja makanan yang dituding menjadi sumber penyakit gula ini. Berikut daftarnya.

     

    Makanan tinggi karbohidrat

    Karbohidrat adalah sumber energi penting bagi tubuh, tetapi orang yang memiliki faktor risiko diabetes harus berhati-hati dalam memilih makanan sumber karbohidrat mana yang terbaik dan mengatur porsinya.  

     

    Makanan tinggi karbohidrat dan rendah serat, seperti tepung putih, nasi, roti putih, dan pasta adalah makanan yang mudah dicerna oleh tubuh dan lebih cepat berubah menjadi glukosa, sehingga dapat menyebabkan lonjakan gula darah dan insulin.

     

    Sumber lemak trans dan jenuh

    Konsumsi makanan sumber lemak jenuh dan lemak trans tidak secara langsung membuat kadar gula darah melonjak.  Tapi, makanan jenis ini dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah dan menyebabkan resistensi insulin, sehingga meningkatkan risiko penyakit diabetes tipe 2.

     

    Minuman manis

    Sudah menjadi rahasia umum bahwa minuman manis dengan kandungan gula tinggi dapat menyebabkan penyakit diabetes tipe-2. Gula dapat meningkatkan kadar gula darah dan menyebabkan resistensi insulin.

    Sebuah studi mengungkap minum 1-2 gelas minuman manis per hari dapat meningkatkan risiko diabetes tipe-2 hingga 26 persen. Untuk tetap terhidrasi,  lebih baik membatasi konsumsi minuman manis dan menggantinya dengan air putih.  

     

    Buah kering dan koktail

    Buah yang dikeringkan pada umumnya memiliki kadar gula yang tinggi. Misalnya, kismis atau buah anggur yang dikeringkan. Kismis mengandung karbohidrat lebih banyak dari pada anggur segar. Selain buah kering, buah kalengan atau koktail juga dapat menjadi pemicu diabetes yang harus dihindari atau dibatasi konsumsinya karena mengandung gula tinggi. Beberapa produk koktail bahkan dicampur dengan alkohol yang juga dapat memicu diabetes. (*)

    ude

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Tiga Daerah Berbahaya yang Kuasai Ilmu Kesaktian
    Waspadai Penyakit Khas Pascalebaran
    Cintanya Agus Mulyana Pada Vespa Tak Sekedar Hobi
    Cegah Ancaman Kesehatan Pasca Lebaran, Lakukan Ini
    Akhir DCDC Ngabuburit Extra Sukses Bius Bandung

    Editorial