free hit counter code Milenial RW 02 Ledeng Ubah Selokan Jadi Bersih dan Penuh Ikan - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Jabar Juara


Opini


  • Hejo Tapi Teu Ngejo
    Hejo Tapi Teu Ngejo

    PROVINSI Jawa Barat memilik Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2015 Tentang Pengelolaan Jasa Lingkungan Hidup. Perda tersebut didasari Undang-Undang Nomor 42 Tahun 2009.

    Milenial RW 02 Ledeng Ubah Selokan Jadi Bersih dan Penuh Ikan
    (humas kota bandung) Selokan jadi bersih dan berikan.

    Milenial RW 02 Ledeng Ubah Selokan Jadi Bersih dan Penuh Ikan

    • Minggu, 9 Agustus 2020 | 17:44:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Sejumlah anak muda milenial yang tergabung dalam Pemuda Pemudi Cipaku (Papici) di RW 02 Kelurahan Ledeng, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung membuat gebrakan.

    Mereka mampu mengubah selokan penuh sampah dan bau menjadi bersih dan kemudian ditanam ikan. Selain penyemaian ikan, mereka juga menanam tanaman secara hidropinik di dinding selokan.

    Gebrakan tersebut dilakukan Papici melalui gerakan "Sustainable Cipaku". Hasilnya, selokan menjadi lokasi wisata bagi masyarakat setempat.

    "Awalnya selokan ini dipenuhi sampah. Namun setelah adanya gerakan saya bersama teman-teman, kebiasaan masyarakat menjadi berubah," ujar penggagas gerakan "Sustainable Cipaku", Rima. di Jalan Cipaku Indah II, Jumat (7 Agustus 2010) dilansir humasbandung.go.id.

    Rima mengungkapakan, Papici menebar sekitar 1.000 ekor bibit ikan lele dan 250 ekor bibit ikan Nila di selokan yang melintasi RW 04 dan RW 05 Kelurahan Ledeng.

    Gerakan yang digagas Papici memperoleh dukungan Lurah Ledeng, Budi Prasetio yang mengapresiasi kiprah milenial tersebut. "Sebagai langkah awal, kami berkoordinasi dengan dinas terkait untuk mengakomodir inisiasi luar biasa para pemuda-pemudi ini," kata Budi.

    Ia menuturkan, kualitas air serta fasilitas lainnya di area selokan ini perlu ditingkatkan. Untuk itu perlu koordinasi dengan dinas terkait.

    "Saat ini kita lihat, meskipun dengan penyaring sederhana, namun ikan-ikan dapat hidup. Kami berharap ke depannya akan ada sistem filtrasi air seperti selokan yang ada di samping Balai Kota Bandung," tutur Budi.

    Keberhasilan gerakan Papici ini, juga diapresiasi oleh Ketua RW 02, Tosidin. Ia mengajak warga lainnya juga turut menyukseskan gerakan yang dilakukan anak muda di wilayahnya.

    "Upaya yang telah dilakukan ini sangat bagus untuk merangkul warga agar peduli terhadap lingkungan," ujarnya.(*)

    ayi

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Rekapitulasi KPU Prabowo-Gibran Kuasai Jabar
    KPU Jabar Enggan Disebut Lelet, Ini Alasannya
    BMKG Soal Hujan dan Angin Kencang Melanda Bandung
    Hasyim Sindir KPU Jabar Tidak Hadir di Rapat Pleno
    80 KK Diungsikan Imbas Banjir Rob di Palabuhanratu

    Editorial



      sponsored links