free hit counter code Pertahankan Neraca Perdagangan, Kemendag Utamakan Produk Nasional - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Pertahankan Neraca Perdagangan, Kemendag Utamakan Produk Nasional
    (kl9kpositif.com) Ilustrasi

    Pertahankan Neraca Perdagangan, Kemendag Utamakan Produk Nasional

    JuaraNews, Bandung- Kementerian Perdagangan (Kemendag) memiliki strategi khusus dalam mempertahankan neraca perdagangan.


    Salah satunya dengan mengembangkan ekspor produk-produk nasional.


    Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengungkapkan, Pengembangan ekpor produk-produk nasional sangat penting bagi Kemendag untuk meningkatkan track balance yang positif dengan perjanjian dagang internasional.


    "Tentunya strategi yang kami lakukan dengan adanya pandemi yaitu kita ada peningkatan pengembangan ekspor nasional. Dan itu menjadi trobosan untuk kita bisa mencapai track balance yang positif," kata Jerry kepada wartawan seusai kunjungan kerja ke Direktorat Metrologi di Jalan Pasteur, Kota Bandung, Jumat (17/7/2020).


    Dia menyebutkan, Kemendag tidak hanya mengekspor produk-produk konvensional, seperti migas dan nonmigas, tapi banyak juga produk lainya yang dikembangkan generasi muda bangsa Indonesia.


    "Sebagai contohnya, game online yang digemari anak-anak muda. Kami coba lakukan ini untuk bisa menerobos pasar global," ucapnya.


    Menurutnya, game online memiliki nilai cukup besar, bahkan beberapa negara di dunia sudah mulai melakukan ekspansi di segmen ini.


    Selain game online, kata Jerry, banyak kreasi anak-anak muda di Indonesia sekarang ini sudah mulai kembangkan, seperti komik sebagai konten kreatif.


    Salah satu contohnya, lanjut Jerry, banyak komik Jepang beredar di Indonesia. Hal itu menjadi salah salah satu inovasi dan kreasi dari Jepang yang bisa disaksikan, tidak hanya di negara-negara Asia tapi juga di seluruh penjuru dunia.


    "Nah kita juga bisa ekspor itu ke luar (negeri_, misalkan komik kita dikonsumsi dan disaksikan sebagai produk yang tidak hanya bagian dari kreativitas tapi juga bagian dari bisnis bahkan industri," tutupnya. (*)

    Oleh: abdul basir / ayi

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Wasapada, Peredaran Uang Palsu Pasca Lebaran
    Pengguna KAI Comummter Naik 7% Selama Lebaran 2024
    Cerita Pegawai PLN Tak Mudik Demi Amankan Listrik
    Dirut PLN Lakukan Inspeksi SPKLU Jalur Mudik
    Layanan Operasional Terbatas & Weekend Banking

    Editorial



      sponsored links