free hit counter code Bandara International Jawa Barat Siap Terapkan Kebijakan Tatanan Normal Baru - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Bandara International Jawa Barat Siap Terapkan Kebijakan Tatanan Normal Baru

    Bandara International Jawa Barat Siap Terapkan Kebijakan Tatanan Normal Baru

    JuaraNews, Bandung-Bandara International Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka siap menerapkan kebijakan tatanan normal baru atau The New Normal dalam menghadapi pandemi Covid-19 di sektor pelayanan transportasi udara.

     

    Direktur Utama PT Bandarudara BIJB, Salahudin Rafi, mengatakan, pihaknya sudah menyusun skema pelayanan yang menerapkan kebijakan The New Normal sekaligus menunggu arahan lebih detil dari Kementerian Perhubungan terkait teknis pelaksanaannya.

     

    "Bandara Kertajati siap menerapkan kebijakan new normal untuk operator penerbangan, maskapai, pengelola bandara, dan penumpang. Secara internal, kami sudah menyusun skemanya dengan Dinas Perhubungan Jawa Barat, tinggal menunggu detil lebih lanjut dari Kementerian Perhubungan," kata Rafi, Rabu (27/5/2020).

     

    Dari hasil survei yang digelar BIJB terhadap 647 responden selama 10 hari (17-26 Mei), masyarakat yang menginginkan dapat kembali menggunakan fasilitas penerbangan dari Kertajati terbilang masih tinggi. Survei mencatat 62 persen calon penumpang berniat melakukan perjalanan udara via Kertajati.

     

    Kemudian, ada 72 persen lebih masyarakat yang bersedia menunggu satu hingga tiga bulan untuk kembali menggunakan moda transportasi udara. Survei juga menunjukan penerapan kebijakan The New Normal di sektor transportasi udara dan penerapan protokol kesehatan membuat keyakinan calon penumpang untuk terbang makin solid. 

     

    Dari hasil kajian yang sudah disusun, kata Rafi, kebijakan The New Normal untuk operator penerbangan antara lain meliputi penerapan protokol kesehatan pada seluruh fasilitas bandara, tenant, kru bandara dan maskapai, serta layanan kargo. Kemudian pengaturan waktu dan jadwal penerbangan, hingga pengaturan kedatangan dan keberangkatan.

     

    Menurutnya, BIJB sudah menyiapakan berbagai antisipasi penyebaran covid19 di Area Bandara, dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan arahan dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes).

     

    "Yang sudah dijalankan Kertajati seperti pengenaan masker, kewajiban cuci tangan, pengukuran suhu tubuh, social distancing, dan penyemprotan seluruh fasilitas bandara menggunakan disinfektan secara rutin akan terus diterapkan," Katanya.

     

    Penumpang juga wajib mengikuti kebijakan social distancing dan physical distancing, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, serta menyiapkan dokumen yang disyaratkan dalam surat edaran Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terkait kriteria pembatasan perjalanan orang dalam rangka percepatan penanganan Covid-19. 

     

    "Calon penumpang juga diminta untuk jujur terutama terkait dengan riwayat kesehatan dan legalitas dokumen perjalanan, disiplin menerapkan protokol kesehatan, dan menerapkan empati," kata Rafi.

     

    Rafi memastikan kesiapan BIJB kembali melayani transportasi udara dalam waktu dekat ini. Menurutnya rata-rata online travel agency (OTA) sudah membuka layanan tiket pesawat per 1 Juni 2020 mendatang.

     

    "Kalau ada permintaan terbang dari Kertajati, yakin akan dilayani maskapai. Prinsipnya BIJB siap melayani dengan penerapan protokol kesehatan.(*).

    bas

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Cerita Pegawai PLN Tak Mudik Demi Amankan Listrik
    Dirut PLN Lakukan Inspeksi SPKLU Jalur Mudik
    Layanan Operasional Terbatas & Weekend Banking
    Operasi Pasar Ditarget Tuntas pada H-4 Lebaran
    KAI Operasikan 58 Perjalanan di Wilayah 2 Bandung

    Editorial



      sponsored links