free hit counter code Persib vs PSM, Adu Gengsi 2 Pelatih Sarat Prestasi - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Daftar Pemain


    Editorial


      Jadwal Liga


      Persib vs PSM, Adu Gengsi 2 Pelatih Sarat Prestasi
      (net) Bernardo Tavares dan Bojan Hodak

      Persib vs PSM, Adu Gengsi 2 Pelatih Sarat Prestasi

      • Senin, 4 Desember 2023 | 14:30:00 WIB
      • 0 Komentar

      JuaraNews, Bandung - Laga Pekan 21 Liga 2023-2024 antara Persib Bandung kontra PSM Makassar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Senin (4/12/2024) malam, merupakan pertemuan pertama kedua pelatih di ajang Liga 1.

       

      Namun sejatinya, sebelum laga kali, Pelatih Persib Bojan Hodak dan Pelatih PSM Bernardo Tavares telah 2 kali bertemu di lapangan dalam sebuah pertandingan. Kala itu, Hodak masih mengarsiteki Kuala Lumpur City FC, sedangkan Tavares sudah mengasuh tim Juku Eja. Kedua pelatih asal Eropa tersebut bersua di ajang Piala AFC, dimana KL City mewakili Liga Super Malaysia, sedangkan PSM merupakan utusan Liga 1 Indonesia.


      Pertemuan pertama terjadi di fase penyisihan Grup H Piala AFC 2022, yang berakhir dengan skor imbang 0-0 di Stadion Kuala Lumpur City FC, Malaysia, 24 Juni 2022. Sedangkan di pertemuan kedua, tepatnya di babak intermediate, KL City menekuk PSM 5-2 pada 24 Agustus 2022.


      Tapi bagi Bojan, catatan 2 kali kemenangan atas Tavares tak bisa dijadikan acuan saat keduanya kembali bersua Senin (4/12/2023) malam ini.


      “Bagi saya ini sudah berlalu, sama halnya dengan PSM yang mengalahkan Persib dalam 3 pertemuan terakhir. Ini hal yang berbeda,” ungkap Hodak dalam sesi konferensi pers di Graha Persib, Jalan Sulanjana Kota Bandung, Minggu (3/12/2023).


      Di sisi lain, Persib yang kini ditangani Hodak sejak Juli 2023 lalu tersebut memang memiliki rekor buruk saat bertemu PSM dalam 3 pertemuan terakhir di Liga 1, dimana Maung Bandung selalu kalah oleh tim Juku Eja.

       

      Pada pertemuan terakhir di Putaran 1 musim 2023-2024 ini, Persib kalah 4-2 saat berlaga di Stadion Gelora BJ Habibie, Parepare, 22 Juli 2023 lalu. Sementara dalam 2 kali pertemuan musim lalu, anak-anak asuh Tavares menyapu bersih kemenangan.

       

      Saat bertandang ke Stadion BJ Habibie, 29 Agustus 2022, Marc Klok dan kawan-kawan dibantai 5-1 oleh tuan rumah. Kemenangan PSM terulang pada pertemuan kedua di Stadion Pakansari yang jadi homebase Persib saat itu. Persib yang kala itu dilatih Luis Milla ditekuk dengan skor 2-1 pada 14 Februari 2023.


      Menurut Hodak, kondisi saat ini berbeda. Dirinya menghadapi Tavares dengan tim yang berbeda, yakni Persib yang di bawah asuhan belum pernah bentrok dengan PSM. Selain itu, kondisi kedua tim juga sudah berubah seiring berjalannya waktu, di antarnya dengan masuk sejumlah pemain anyar di kedua kubu.


      “Musim lalu saya bertemu dengan PSM dua kali dan bisa mengalahkan mereka. Tapi untuk saya, ini adalah tim yang baru. PSM banyak melakukan banyak perubahan dan kami juga memiliki banyak pemain baru. Kami percaya diri tetapi mereka berbenah dalam beberapa laga terakhir,” ujarnya.


      Kendati demikian, Hodak lebih optimistis bisa memenangi laga kali ini. Selain motivasi pemain sedang bagus setelah meraih hasil positif pekan lalu, kali ini timnya bermain di kandang sendiri yang akan dihadiri ribuan bobotoh.


      “Tapi saya percaya karena kami akan bermain di kandang, dan ketika stadion dipenuhi suporter dan mereka ada di belakang kami, maka itu memberikan energi ekstra. Jadi bermain di kandang, kami mempunyai peluang yang lebih besar,” tegas Hodak.


      Pelatih PSM Bernardo Tavares juga berpendapat sama. Menurut pelatih asal Portugal tersebut, rekor positif atas Persib, tidak bisa jadi ukuran timnya bisa dengan mudah mengalahkan tuan rumah. Pasalnya, kondisi kedua tim saat ini sudah berbeda dibanding saat awal memulai kompetisi pada Juli lalu.


      "Saya rasa apapun yang terjadi itu adalah masa lalu, dan yang harus dihadapi adalah situasi sekarang dan masa depan. Dan hari besok adalah sesuatu hal yang sangat berbeda. Jadi kita tidak bisa membandingkan apa yang terjadi di masa lalu, sekarang, dan nanti," ujar Tavares dalam sesi konferensi pers jelang laga.


      Tavares pun mewaspadai kekuatan Persib di bawah Coach Hodak. Pasalnya, Persib banyak dihuni pemain berkualitas, dan pada bursa transfer paruh musim, Coach Hodak mendatangkan pemain baru, yakni Stefano Beltrame yang pernah bermain di Liga Italia dan Liga Portugal.


      "Persib baru saja bisa merekrut 1 pemain dari Divisi 1 di Liga Portugal. Jadi dengan itu, bisa menjadi senjata yang berbeda," ucap Tavarres.


      Rangkaian Prestasi Hodak dan Tavares
      Di luar catatan pertemuan keduanya, laga nanti menjadi ajang adu strategi 2 pelatih yang sarat prestasi di kancah sepak bola Asia. Dari kubu Persib, Coach Hodak berhasil mengantarkan Kelantan FC meraih double winners, yakni juara Liga Super Malaysia dan turnamen Piala FA Malaysia pada 2012. Tahun berikutnya, Kelantan di bawah arahan Hodak mempertahankan gelar juara Piala Malaysia.


      Bersama Kelantan FA, Hodak juga meraih gelar juara Piala Malaysia pada 2012 dan runner-up pada 2013, runner-up Piala Sumbangsih pada 2013.

      .
      Masih di Malaysia, Hodak juga membawa UPB MyTeam FC tampil sebagai runner-up Liga Super Malaysia pada 2007, serta bersama Johor Darul Ta'zim meraih juara Liga Super Malaysia 2014 dan Piala Subangsig 2015, dan runneru-up Piala Malaysia 2014.


      Di luar Malaysia, Hodak membawa Phnom Penh Crown menjuarai Liga Utama Kamboja 2011, dan mengantar Shandong Luneng jadi runner-up Piala FA Tiongkok 2011. Hodak juga terbilang sukses membesut timnas Malaysia U-19, dengan menjadi juara Piala AFF U-18 2018, dan sebagai runner-up pada 2017.


      Prestasi Coach Tavares juga tak kalah keren. Di musim pertama di Indonesia, Tavares membawa PSM juara Liga 1 2022-2023. Sebelumnya, Tavares mengantarkan klub New Radiant SC meraih treble, yakni Piala Liga Maladewa, Piala turnamen Maladewa, dan Piala Presiden Maladewa pada 2016-2017. Kemudian Tavares membawa Benfica de Macau meraih gelar juara Liga Macau 2018. Selanjutnya, membantu Churchill Brothers FC promosi ke divisi utama, setelah mampu menjadi juara divisi kedua Liga India 2020.


      Sedangkan dalam statistik penampilan kedua pelatih di Liga 1 musim ini, Hodak sedikit lebih unggul dengan membawa Persib bertengger di peringkat 1 dengan 38 poin. Hodak memimpin Persib dalam 15 laga, dengan menghasilkan 32 poin dari 9 kemenangan, 5 imbang, dan sekali kalah. Dari 15 laga tersebut, Persib tak terkalahkan dalam 13 laga terakhir, dengan mencetak 32 gol dan hanya kebobolan 14 kali serta 4 clean sheet, yang menempatkan Persib menjadi tim paling produktif di Liga 1 musim ini.


      Sementara Tavares, sejak didatangkan pada 10 April 2022 lalu, membawa PSM menempati posisi 11 dengan 26 poin dari 7 kemenangan, 5 imbang, dan 8 kali kalah. Dari 20 laga yang dilakoni, PSM mencetak 26 gol dan 23 kali kebobolan, serta 6 kali clean sheet. (*)

      Oleh: deni mulyana sasmita / den

      0 Komentar

      Tinggalkan Komentar


      Cancel reply

      0 Komentar


      Tidak ada komentar

      Berita Lainnya


      Dikartu Merah, Alberto:Saya tak Suka Ketidakadilan
      Protes Keputusan Wasit, Persib Ajukan Keberatan
      GBLA Direnovasi, Persib Jamu PSIS di Jalak Harupat
      4 Laga tanpa Menang,Skuat Persib Dilanda Kesedihan
      Kartu Merah Alberto Ubah Pertandingan Persib

      Klasemen Liga Indonesia

      Tim M Point
      1 Borneo FC 24 54
      2 PSIS Semarang 24 42
      3 Persib Bandung 24 41

      Klasemen Liga Dunia

      Tim M Point
      1. Liverpool 20 45
      2. Aston Villa 20 42
      3. Manchester City 19 40
      4. Arsenal 20 40
      Tampilkan Detail