free hit counter code Tekad Jaga Tren Positif Dua Tim Beda Kasta - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Daftar Pemain


    Editorial


      Jadwal Liga


      Tekad Jaga Tren Positif Dua Tim Beda Kasta
      (juaranews) Persib Bandung menjamu Arema FC pada Pekan 19

      Persib Bandung vs Arema FC

      Tekad Jaga Tren Positif Dua Tim Beda Kasta

      JuaraNews, Bandung - Tim Persib Bandung bakal melakoni laga penting menghadapi Arema FC pada Pekan 19 Liga 1 2023-2024 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Rabu (8/11/2023).

       

      Laga kandang ke-19 tersebut menjadi penting bagi Maung Bandung untuk menjaga posisinya di 4 Besar. Pasalnya, jika sampai terpeleset, Persib yang kini menempati peringkat 2 dengan 34 poin, posisinya rawan dikudeta rival-rivalnya di papan atas, seperti Bali United, Madura United, dan PSIS Semarang, yang berjarak tidak lebih dari 2 poin.

       

      Tim asuhan Pelatih Bojan Hodak pun berambisi melanjutkan tren positif tidak terkalahkan dalam 11 laga terakhirnya. Dalam 11 laga tersebut, Persib meraih 8 kemenangan dan 3 hasil imbang. Untuk itu, Coach Hodak bertekad membawa pasuknannya mencatatkan kemenangan yang ke-10 musim ini, setelah pekan lalu mengalahkan Madura United 1-0.


      Di lain pihak, tim tamu Arema FC tengah berupaya keluar dari zona degradasi. Kesempetan itu pun terbuka jika Singo Edan bisa melumat Maung Bandung di kandangnya. Saat ini, tim asuhan Pelatih Jose Fernando Martins Valente berada di peringkat 16 dengan 17 poin, hanya terpaut 2 poin dari Persita Tangerang di posisi 15 dengan 19 poin.

       

      Motivasi pasukan Singo Edan pun tengah meningkat setelah pada Pekan 18 berhasil mengalahkan Dewa United 2-1. Valente pun ingin kembali mengulangi kesuksesan tersebut saat dijamu Persib di Stadion GBLA.

       

       Hadapi Madura, Tekad Persib Lanjutkan Tren Positif

      Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak. (persib.co.id)

       

      Lanjutkan Tren Positif
      Pelatih Bojan Hodak sendiri tak mau memandang entang Arema, kendati posisi di papan klasemen berada jauh di bawah Persib. Menurut Hodak, kendati saat ini Arema berada di zona degradasi, tim asuhan Coach Valente tersebut memiliki sejumlah pemain berkualitas, dan saat tengah bangkit untuk bisa naik ke papan tengah. Hodak juga ingin menjauhkan timnya dari kejaran tim-tim lainya yang ingin menyodok ke 4 Besar.


      “Ini pertandingan penting bagi kami, kami sedang berada laju positif yang panjang, tidak terkalahkan dan kami ingin coba melanjutkan itu. Karena beberapa tim saat ini mulai menunjukan performa yang bagus dan mengintip peluang masuk ke 4 Besar,” ungkap Hodak dalam sesi konferensi pers jelang laga di Graha Persib, Jalan Sulanjana Kota Bandung, Selasa (7/11/2023).


      Karena itu, pelatih asal Kroasia ini tak mau anak-anak asuhnya menurunkan kewaspadaan. Dia menuntut pasukannya fokus 100 persen, karena Arema sendiri sedang dalam tren bagus setelah meraih poin penuh pekan lalu.


      “Semua lawan harus dihadapi dengan serius 100 persen. Besok akan menjadi pertandingan yang sulit karena Arema memperlihatkan kemajuan di beberapa pertandingan terakhir,” kata Bojan.


      Hodak pun ingin skuatnya memanfaatkan status sebagai tuan rumah yang akan mendapat dukungan penuh dari bobotoh di stadion. Menurutnya, dukungan langsung bobotoh di stadion menjadi keuntungan tersendiri bagi timnya dalam mempertahankan posisi di peringkat 2 klasemen semntara Liga 1 musim ini.


      “Tapi kami juga bermain di kandang, kami akan mengerahkan segenap kemampuan untuk mendapatkan hasil positif untuk berada di tempat kedua,” tandas pelatih 52 tahun ini.

       

      Valente: Bukan Hal Mustahil Arema Kalahkan Persib

      Pelatih Arema FC Jose Fernando Martins Valente (bola.com)

       

      Arema Bertekad Bangkit
      Dari kubu tim tamu, Coach Valente mengakui, laga kontra Persib bakal menjadi salah satu tantangan paling sulit bagi timnya dalam misinya keluar dari zona merah. Karena, Persib yang kini berada di papan atas dinilai merupakan salah satu kandidat kuat juara Liga 1 musim ini.


      Namun menghadapi Persib, menurut pelatih asal Portugal tersebut, sekaligus menjadi kesempatan dan tantangan untuk mengukur level permainan bagi Singo Edan saat melawan tim papan atas.


      “Saya rasa sejak saya tiba (di Indonesia) ini jadi salah satu tantangan paling sulit yang dihadapi,” ujar Valente dalam sesi konferensi pers jelang laga, Selasa (7/11/2023).


      “Tapi kami sudah siap, kami bekerja keras selama satu pekan ke belakang dan besok adalah kesempatan bagi kami untuk mengukur di mana level permainan kami,” sambungnya.


      Valente menyebut, Persib merupakan salah satu kandidat juara musim ini yang punya materi pemain berpengalaman. Menurutnya, laga kali ini akan jadi kesempatan yang bagus untuk para pemain mudanya menunjukkan kemampuannya.


      “Kami tahu lawan kami tim yang sangat kuat. Saya bisa katakan mereka bisa menjadi juara dan kami juga memberikan kesempatan untuk pemain muda untuk bermain melawan tim yang dihuni pemain berpengalaman,” tegas Valente.

       

      Karena Valente ingin timnya terus berbenah dan berusaha lepas dari zona degradasi. Valente betekad memberikan kejutan kepada Persib pada laga kali ini


      "Jika kami bisa untuk terus memanfaatkan kesempatan itu, mungkin kami bisa mengejutkan Persib,” ujarnya.

       

      Valente berkeyakinan dalam sepak bola semua hal bisa terjadi di lapangan, walau pun kedua tim berbeda kasta di papan klasemen. Kendati sulit, menurut Valente, bukan hal mustahil tim yang berada di zona degradasi seperti Arema bisa mengalahkan Persib yang berada di papan atas.


      “Pada akhirnya, yang terpenting adalah hasil akhir dan kami ingin melihat apa yang bisa perlihatkan dengan bertarung untuk 3 poin, serta membuat bangga suporter kami,” pungkas pelatih 64 tahun tersebut.


      Persib Lebih Diunggulkan
      Pada laga ke-19 kali ini, Persib sendiri sebagai tuan rumah lebih diunggukan dibanding Arema FC. Dilihat dari posisi di klasemen, Persib yang berada di peringkat 2 mengoleksi 34 poin, jauh meninggalkan Arema yang baru mengemas 17 poin di peringkat 16.

       

      Selain itu, dari rekor pertemuan kedua tim, Maung Bandung pun unggul. Tercatat, sejak ISL 2008 kedua tim telah bertemu sebanyak 30 kali. Dari 30 pertemuan tersebut, Persib meraih 14 kemenangan, sedangkan Arema memenangi 7 laga, sementara 9 lainnya berakhir dengan hasil imbang. Dari 30 laga tersebut, Persib mencetak 37 gol sedangkan Arema 29 gol.

       

      Dari 5 pertemuan terakhir, Persib pun lebih unggul. Maung Bandung berhasil 3 kemenangan, Arema sekali menang, dan 1 kali imbang. Pada musim 2021-2022, kedua tim saling mengalahkan. Di pertemuan pertama Arema unggul 1-0, lalu dibalas Persib pada putaran kedua dengan skor 2-1. Namun pada musim 2022-2023, Persib unggul telak dengan memenangi kedua laga. Di putaran pertama, Persib menang 2-1, dan di putaran kedua unggul 2-1. 

       

      Sementara pada petemuan terakhir di Putaran 1 musim ini yang digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar Bali pada 7 Juli 2023 lalu, kedua tim berbagi poin dengan skor imbang 3-3. Pada laga tersebut, Persib sempat tertinggal lewat gol Gustavo Almeida pada menit 6. Namun Maung Bandung bisa menyamakan kedudukan lewat gol Ciro Alves menit 10, hingga skor jadi 1-1. Dua gol kembali tecipta pada babak pertama dari eksekusi penalti Gustvo menit 17 yang dibalas David da Silva menit 38, hingga paruh pertama berakhir dengan skor sama kuat 2-2.


      Di Babak II, Persib sempat memimpin lewat brace Ciro pada menit 54. Namun kemenangan Persib digagalkan Gustavo yang mencetak hattrick lewat titik penalti pada menit 88, hingga laga harus berakhir dengan imbang 3-3.


      Selain head to head, Persib pun unggul dari catatan 5 laga terakhirnya. Maung Bandung tak terkalahkan dalam 5 laga terakhirnya dengan menyabet 4 kemenangan, dan sekali imbang. Dua laga diakhiri dengan kemenangan beruntun saat mengalahkan Madura United 1-0, dan PSS Sleman 4-1. Satu-satunya yang bisa menghambat kemenangan Persib, hanya pemuncak klasemen Borneo FC yang menahan imbang 1-1. Secara total, Persib mencatatkan rekor belum terkalahkan dalam 11 laga, dengan memenangkan 8 laga di antaranya.


      Arema pun sedang dalam tren positif setelah belum terkalahkan pada 2 laga terakhir. Pada pekan lalu Arema mengalahkan Dewa United 2-1, dan sebelumnya menahan imbang Madura United 1-1. Dalam 5 laga terakhirnya, Singa Edan sendiri meraih 2 kemenangan, 2 kalah, dan sekali imbang.


      Perkiraan Susunan Pemain
      Pada laga kali ini, kedua pelatih dipastikan menurunkan pemain terbaiknya untuk meraih hasil maksimal. Dari tim tuan rumah, Coach Hodak bisa menurunkan kekuatan pernuh, karena semua pemainnya dalam kondisi bugar dan siap dimaikan.

       

      Sejumlah pemain yang pada laga pekan lalu absen, kini sudah bisa dimainkan, termasuk yang baru pulih dari cedera. Setidaknya ada 3 pemain yang pekan lalu absen, kini bisa merumput kembali, yakni Marc Klok yang absen karena hukuman akumulasi kartu. Lalu Daisuke Sato dan Dedi Kusnandar yang mengalami cedera.


      Hodak mengakui, absennya Klok dan Dado, sedikit membuat lini tengah kurang maksimal. Saat menghadapi Madura United pekan lalu, sektor gelandang bertahan tim Maung Bandung diserahkan kepada Rachmat Irianto dan Robi Darwis.


      Sedangkan untuk lini belakang dan depan, pelatih asal Kroasia ini menilai, sudah bekerja cukup baik. Absennya Sato di sektor bek kiri, bisa dilapisi dengan baik oleh Edo Febriansah.


      "Saya merasa Dedi dan Marc punya rasa saling pengertian yang bagus karena sering main bersama. Sedangkan Irianto dan Robi ketika menjadi starter kemarin masih terlihat grogi di 20 menit awal. Setelah itu mereka baru terlihat lebih baik," ucapnya.


      Dengan kembalinya ketiga pemain tesebut, Bojan mengaku kini mempunyai banyak pilihan untuk menyusun komposisi terbaik saat menjamu Arema.


      Klok dan Dado bakal kembali dipasang di sektor gelandang bertahan dalam skema 4-2-3-1. Di depan Klok dan Dado, ada 3 pemain yang selalu jadi pilihan, yakni Levy Madinda, Ciro Alves, dan Bechkam Putra Nugraha sebagai gelandang serang. Ketiga gelandang tersebut akan menyokong kinerja ujung tombak yang bakal kembali dipercayakan kepada David da Silva.


      Untuk lini pertahanan, Hodak akan kembali memasang Sato di sisi kiri, berpasangan dengan I Putu Gede Juni Antara di sisi kanan. Sementara untuk center bek, duet Alberto Rodriguez dan Nick Kuipers hingga saat ini belum tergantian. Keempat bek tersebut akan mengawal kiper Teja Paku Alam.

       

      Dari kubu tim tamu, Coach Valente membawa 22 pemain terbaiknya untuk melakoni laga tandang kali ini. Namun dalam rombongan yang sudah berangkat dari Malang, Senin (6/11/2023) siang tersebut, tidak ada nama 3 pemain sarat pengalaman, yakni Greg Nwokolo, Evan Dimas, dan Bayu Aji.

       

      Namun absennya ketiga pemain tersebut, tak membuat Valente pusing karena masih banyak pemain yang bisa menjadi pilihan. Andalan pelatih asal Portugal tersebut, di antaranya 3 pemain asing yang selalu jadi starter.

       

      Ketiga legiun asing tersebut, yakni top skorer sementara Liga 1 musim ini, Gustavo Almeida dos Santos yang telah mengemas 13 gol. Lalu ada Charles Lokoli Ngoy yang mencetak 1 gol, serta Pablo Angle Ariel Lucero yang telah mengemas 1 asisst.

       

      Dalam skema 4-3-3, Lucero akan menjadi jenderal lapangan tengah didampingi Ginanjar Wahyu Ramadhani dan Jayus Hariono. Sedangkan di lini serang, Gustavo dan Lokoli Ngoy menjadi andalan bersama Dedik Setiawan.

       

      Sementara di lini pertahanan, akan diisi Achmad Figo Ramadani, Charles Raphael de Almeida, Achmad Maulana Syarif, dan Syaeful Anwar. Sedangkan di bawah mistar gawang, ditempati kiper asal Filipina, Julian Garcia Schwarzer.

       

      Imbang Lagi, Milla Yakin Persib Terus Berkembang

      Ciro Alves bersama rekan-rekan merayakan gol keduanya ke gawang Arema FC pada laga Pekan 2 Liga 1 2023-2024 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar Bali, 6 Juli 2023. Dalam laga yang berakhir imbang 3-3 tersebut, Ciro mencetak gol untuk Persib. (persib.do.id)

       

      Head to Head
      6 Juli 2023                   LIGA 1 2023-2024           Arema FC 1-1 Persib Bandung
      23 Februari 2023          LIGA 1 2022-2023           Persib Bandung 1-0 Arema FC
      11 September 2022      Liga 1 2022-2023            Arema FC 1-2 Persib Bandung
      9 Maret 2022               Liga 1 2021-2022            Arema FC 1-2 Persib Bandung
      28 November 2021       Liga 1 2021-2022            Persib Bandung 0-1 Arema FC
      8 Maret 2020               Liga 1 2020                     Arema FC 1-2 Persib Bandung
      12 November 2019       Liga 1 2019                     Persib Bandung 3-0 Arema FC
      30 Juli 2019                 Liga 1 2019                     Arema FC 5-1 Persib Bandung
      13 September 2018      Liga 1 2018                     Persib Bandung 2-0 Arema FC
      15 April 2018               Liga 1 2018                     Arema FC 2-2 Persib Bandung
      12 Agustus 2017          Liga 1 2017                     Arema FC 0-0 Persib Bandung
      15 April 2017               Liga 1 2017                     Persib Bandung 0-0 Arema FC
      18 Desember 2016       TSC 2016                        Arema FC 0-0 Persib Bandung
      27 Agustus 2016          TSC 2016                        Persib Bandung 0-0 Arema FC
      1 Februari 2015            Inter Island Cup 2014     Arema FC 2-1 Persib Bandung
      4 November 2014         ISL 2014                        Persib Bandung 3-1 Arema FC
      25 Mei 2014                 ISL 2014                        Arema FC 2-2 Persib Bandung
      13 April 2014               ISL 2014                        Persib Bandung 3-2 Arema FC
      31 Mei 2013                 ISL 2012-2013               Arema FC 1-0 Persib Bandung
      20 April 2013               ISL 2012-2013               Persib Bandung 1-0 Arema FC
      25 April 2012               ISL 2011                        Arema FC 2-1 Persib Bandung
      15 Maret 2012             ISL 2011                        Persib Bandung 2-0 Arema FC
      1 April 2011                 ISL 2010                        Arema FC 2-0 Persib Bandung
      23 Januari 2011           ISL 2010                        Persib Bandung 1-1 Arema FC
      22 Juli 2010                 Piala Indonesia 2010       Persib Bandung 2-0 Arema FC
      18 Juli 2010                 Piala Indonesia 2010       Arema FC 3-0 Persib Bandung
      14 Maret 2010             ISL 2009                        Persib Bandung 1-0 Arema FC
      19 Desember 2009       ISL 2009                        Arema FC 0-0 Persib Bandung
      9 Mei 2009                  ISL 2008                        Arema FC 0-2 Persib Bandung
      2 November 2008         ISL 2008                       Persib Bandung 2-1 Arema FC


      5 Laga Terakhir Persib Bandung
      1 November 2023          Madura United 1-0 Persib Bandung
      28 Oktober 2023           Persib Bandung 4-1 PSS Sleman
      21 Oktober 2023           Borneo FC 1-1 Persib Bandung
      7 Oktober 2023             Persebaya Surabaya 2-3 Persib Bandung
      1 Oktober 2023             Persib Bandung 5-0 Persita Tangerang

       

      5 Laga Terakhir Arema FC
      2 November 2023          Arema FC 2-1 Dewa United
      28 Oktober 2023           Arema FC 1-1 Madura United
      20 Oktober 2023           PSM Makassar 3-0 Arema FC
      6 Oktober 2023             Arema FC 0-1 Borneo FC
      30 September 2023       Arema FC 2-1 PSS Sleman

       

      Perkiraan Susunan Pemain

       

      Foto Tim PERSIB BANDUNG
      Persib Bandung (4-2-3-1)
      Teja Paku Alam; Nick Kuipers, I Putu Gede, Alberto Rodriguez, Daisuke Sato; Marc Klok, Dedi Kusnandar; Levy Madinda, Beckham Putra Nugraha, Ciro Alves; David da Silva
      Cadangan: Fitrul Dwi Rustapa, Rezaldi Hehanussa, Kakang Rudianto, Victor Igbonefo, Achmad Jufriyanto, Robi Darwis, Edo Febriansyah, Ferdiansyah, Rachmat Irianto, Frets Butuan, Ezra Walian, Arsan Makarin
      Pelatih: Hodak Hodak

       Foto Tim AREMA FC

      Arema FC (4-3-3)
      Julian Garcia Schwarzer; Achmad Figo Ramadani, Charles Raphael de Almeida, Achmad Maulana Syarif, Syaeful Anwar; Ginanjar Wahyu Ramadhani, Jayus Hariono, Pablo Angle Ariel Lucero; Dedik Setiawan, Charles Lokoli Ngoy, Gustavo Almeida dos Santos
      Cadangan: Teguh Amiruddin; Bagas Adi Nugroho, Ichaka Diarra, M Rifan Marasabessy, Johan Ahmat Farizi, Dendi Santoso, Arkhan Fikri, Flabiola Soares, Samuel Gedeon Balinsa, Muhammad Rafli
      Pelatih: Jose Fernando Martins Valente


      Klasemen
                                      M   M   S   K  Gm-Gk   P
      2. Persib Bandung     18   9   7   2    35-22   34
      16. Arema FC            18  4   5   9    18-32   17. (*)

      Oleh: deni mulyana sasmita / den

      0 Komentar

      Tinggalkan Komentar


      Cancel reply

      0 Komentar


      Tidak ada komentar

      Berita Lainnya


      Ini Alasan Persib Pinjam Tukar Henhen dengan Robi
      Kevin & Stefano Masuk, Persib Depak Sato & Tyronne
      2 Pemain Asing Masuk, Target Persib Tetap 4 Besar
      Kevin dan Stefano Siap Dimainkan Persib lawan PSM
      Henhen Kembali, Tukar Guling dengan Robi ke Dewa

      Klasemen Liga Indonesia

      Tim M Point
      1 Borneo FC 20 44
      2 Persib Bandung 20 38
      3 Bali United 20 36

      Klasemen Liga Dunia

      Tim M Point
      1. Tottenham Hotspur 11 27
      2. Manchester City 11 27
      3. Arsenal 11 24
      4. Liverpool 11 24
      Tampilkan Detail