free hit counter code Asal Usul Nama Bukit Senyum di Cikalong Wetan - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Asal Usul Nama Bukit Senyum di Cikalong Wetan
    pemandangan di puncak

    Asal Usul Nama Bukit Senyum di Cikalong Wetan

    • Minggu, 17 September 2023 | 07:49:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung -- Mengenai asal-usul nama Bukit Senyum sebelum menjadi objek wana wisata di Cikalong Wetan Bandung Barat. Ini berasal dari pengalaman Sugondo, Anggota kelompok Tani Hutan Rimba Sejahtera, yang melihat orang-orang tersenyum saat tiba di atas bukit dan melihat pemandangan sekitar Gunung Burangrang.

     

    Momen tersebut memberikan kesan yang begitu indah dan membangkitkan kebahagiaan, sehingga Sugondo secara spontan menyebut tempat tersebut sebagai Bukit Senyum.

     

    Cerita ini menambah keistimewaan dan makna di balik nama Bukit Senyum. Nama yang terinspirasi oleh senyuman orang-orang yang menikmati pemandangan luar biasa di atas bukit menjadikan tempat ini memiliki aura positif dan semangat yang memikat. Hal ini juga mengajarkan kita bahwa keindahan alam dapat membawa kegembiraan dan membuat kita tersenyum.

     

    Bukit Senyum Cikalong Burangrang Selatan di Bandung memang telah dirintis sejak November 2016 oleh penduduk sekitar hutan yang tergabung dalam Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), khususnya Kelompok Tani Hutan Rimba Sejahtera

     

    Untuk Pengelolaannya Bukit Senyum dikelola oleh Perum Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Bandung Utara, yang berada di bawah naungan Resor Pangkuan Hutan (RPH) Burangrang Selatan

     

    Perum Perhutani sendiri adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bertanggung jawab atas pengelolaan hutan produksi di Indonesia, termasuk pengelolaan kawasan wisata alam seperti Bukit Senyum.

     

    Pengelolaan yang baik dari pihak Perhutani penting untuk menjaga keberlanjutan lingkungan dan pengalaman wisata yang positif bagi para pengunjung yang hendak menikmati keindahan alam Bukit Senyum. 

     

    Awalnya, LMDH mengelola hutan produksi dengan komoditas kopi arabika, namun mereka mengalami kesulitan dalam pertumbuhan tanaman kopi karena cahaya matahari yang terhalang oleh pohon pinus yang lebat. Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan ekonomi, mereka memutuskan untuk mengubah fungsi hutan menjadi kawasan wana wisata alam Bukit Senyum.

     

    Bukit Senyum Cikalong Wetan secara resmi diresmikan sebagai tempat wisata pada tanggal 19 April 2017.

     

    Sejak itu, tempat ini telah menjadi tujuan wisata yang populer di Bandung, menawarkan pemandangan alam yang indah dan berbagai fasilitas untuk pengunjung

     

    Ini adalah perkembangan yang bagus bahwa masyarakat sekitar dapat mengelola dan memanfaatkan sumber daya alam untuk meningkatkan kesejahteraan mereka melalui pariwisata.

     

    Semoga Bukit Senyum Cikalong Wetan terus berkembang dan memberikan manfaat positif bagi masyarakat setempat dan para wisatawan yang datang mengunjunginya.(*) 

     

    Rdsp

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Inilah Beberapa Daerah Bersuhu Dingin di Indonesia
    Misteri Penghuni Jin Kota Gaib Padang 12 Kalbar
    iBooming, Solusi Sukses Afiliasi di TikTok
    Sesar Lembang, Pahami Patahan di Tanah Parahyangan
    Ini Prediksi Fenomena Badai Matahari Akan Terjadi


    sponsored links