free hit counter code Misi Bangkit, Buru Kemenangan Tandang - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Editorial


    Hot News


    Opini


      Misi Bangkit, Buru Kemenangan Tandang
      (juaranews) PSIS Semarang menjamu Persib Bandung

      PSIS SEMARANG V PERSIB BANDUNG

      Misi Bangkit, Buru Kemenangan Tandang

      • Minggu, 20 Agustus 2023 | 06:00:00 WIB
      • 0 Komentar

      JuaraNews, Semarang - Tim Persib Bandung bakal melakoni laga berat saat dijamu PSIS Semarang pada Pekan 9 Liga 1 2023-2024 di Stadio Jatidiri, Kota Semarang, Minggu (20/8/2023) mulai pukul 19.00 WIB.


      Skuat Maung Bandung yang kehilangan 8 pemain pilarnya dibebani target meraih kemenangan di kandang Mahesa Jenar. Kondisi Persib pun sedang tidak baik-baik saja, dengan menempati posisi 16 atau masuk di zona degradasi.


      Dari 8 laga yang telah dilakoni, Persib hanya mengoleksi 8 poin dari hasil sekali menang, 5 kali imbang, dan 2 kali kalah. Dalam 5 laga terakhir, tim asuhan Pelatih Bojan Hodak hanya meraih 5 poin, dari hasil sekali menang, 2 kali imbang, dan sekali kalah. Dimana pada 2 laga terakhir, Persib kalah dari Persis Solo 2-1 dan imbang 1-1 dengan Barito Putera.


      Penampilan Persib, berbanding terbalik dengan kondisi PSIS asuhan pelatih Gilbert Agius saat ini yang tengah on fire. Setelah menelan kekalahan pada laga Pekan 6 dari Madura Unuted (0-1), PSIS bangkit dengan menyapu bersih poin di 2 laga terakhir mereka. Pada pekan ketujuh, PSIS mengilas Arema FC 2-0, selanjutnya di pekan lalu mengalahkan Dewa United dengan skor menyakinkan 4-0.


      Di sisi lain, PSIS pun perkasa saat bertanding di kandangnya. Tercatat sejak Maret 2023 lalu, PSIS tak pernah menelan kekalahan di kandang. Dari 4 laga kandang yang dilakoni awal musim ini, PSIS meraih 3 kemenangan, yakni menjamu Arema (2-0), Persebaya (2-0), dan Bhayangkara FC (3-). Sementara hasil imbang dialami saat menghadapi Borneo FC (0-0).


      Performa tim Maheja Jenar dalam 5 laga terakhir pun relatif baik, dengan meraih 8 poin dari 2 kali menang, sekali kalah, dan 2 kali imbang. Kini PSIS bertengger di posisi 6 dengan nilai 14. Sebelumnya, saat menutup Pekan 8, PSIS menempati posisi 4, namun peringkatnya tergeser setelah PSS Sleman dan Borneo FC mengalahkan lawan-lawannya pada laga Pekan 9.


      Karena itu, bukanlah perkara mudah bagi Marc Klok untuk bisa mengalahkan PSIS di kandangnya. Hal itu pun disadari sepenuhnya oleh Coach Hodak


      Hodak menilai, PSIS merupakan tim kuat yang memiliki kualitas penyerangan. Namun, Hodak mengaku menyiapkan antisipasi untuk bisa meredamnya. Hodak pun ingin pasukannya bangkit dengan memenangkan laga tandang kali ini.


      "PSIS punya pemain-pemain yang baik dan cepat dalam melakukan transisi penyerangan. Tapi mereka juga punya kelemahan, dan kami sudah melihatnya dalam video," ungkap Hodak Hodak dalam sesi konferensi pers jelang laga, Sabtu (19/8/2023).


      Pada laga kandang kali ini pun, Hodak berharap, ketajaman timnya mengalami perbaikan dibandingh laga-laga sebelumnya. Urusan mencetak gol memang menjadi perhatian Bojan. Karena itu, setiap sesi latihan, Bojan terus mengasah kerajaman para pemainnya.


      "Permasalahannya adalah sentuhan akhir, kami memang masih belum melakukan yang terbaik. Untuk pertandingan besok, dengan pemain yang kami miliki, saya harap beberapa di antaranya bisa membuat gol," kata Hodak.


      PSIS Fokus hadapi Persib
      Sementara itu, Pelatih PSIS Semarang Gilbert Agius mewaspadai tim Maung Bandung yang akan dihadapi timnya. Kendati saat ini berada di zona degradasi, Gilbert menilai Maung Bandung merupakan tim yang berkualitas. Apalagi, sambung Gilbert, Persib kini dilatih oleh pelatih berpengalaman yang telah banyak mengoleksi trofi.


      Karena itu, dia meminta anak-anak asuhnya untuk benar-benar fokus menghadapi Ezra Walian dan kawan-kawan nanti.


      "PSIS akan menghadapi tim top di Indonesia dengan pelatih berpengalaman," kata Gilbert dalam sesi konferensi pers jelang laga di Semarang, Sabtu (19/8/2023).


      Gilbert menyebut, saat ini Septian David Maulana dan kawan-kawan dalam kepercayaan diri tinggi setelah meraih 2 kemenangan beruntun dengan mengalahkan Arema FC 2-0 dan Dewa United 4-1. PSIS sendiri saat ini berada di posisi 14 dengan raihan 14 poin dari hasil 4 kai menang, 2 kali imbang, dan 2 kali kalah. Sementara Persih berada di posisi 16 dengan 8 poin, hasil dari sekali menang, 5 imbang, dan 2 kali kalah.


      Namun dia mengaskan, pemain tim Mahesa Jenar harus dalam konsentrasi penuh saat menghadapi tim sebagus Maung Bandung. Menurutnya, para pemainnya harus konsentrasi di tiap laga, tanpa melihat hasil pertandingan sebelumnya, tak perlu memikirkan laga berikutnya.


      "Tetapi kalau tidak bermain dengan konsentrasi 100 persen, PSIS sama saja seperti tim biasa," tambahnya.


      Persib Unggul Statistik Pertemuan, PSIS On Fire
      Persib sendiri memiliki modal berharga saat bertandang ke kandang PSIS. Berdasarkan statistik pertemun kedua tim, Maung Bandung unggu jauh dibanding Mahesa Jenar. Tercatat dalam 12 pertemuan terakhir, Persib berhasil memenangi 8 laga, sedangkan 4 laga sisanya berakhir dengan 2 hasil imbang, dan 2 laga dimenangi PSIS.


      Rekor tandang Persib di Stadion Jatidiri pun cukup moncer. Dari 6 laga yang digelar di kandang PSIS, Persib berhasil meraih poin sempurna dalam 4 laga, sementara 1 laga berakhir imbang, dan 1 lagi dimenangi PSIS.


      Dalam urusan mencetak gol juga, tim yang diarsiteki Pelatih Bojan Hodak tersebut berada jauh di atas PSIS. Total Persib melesakkan 18 gol ke gawanag PSIS dalam 12 laga terakhir, denngan 5 di antaranya dicetak di kandang Mahesa Jenar.


      Kedua tim sendiri terakhir bertemu di lapangan pada Putaran 2 Liga 1 2022-2023 lalu, yang juga digelar di Stadion Jatidiri pada 31 Januari 2023 lalu. Kala itu, laga dimenangkan Maung Bandung dengan skor 3-1. Persib unggul lebih dulu 2-0 melalui gol Marc Klok pada 17 dan Ciro Alves menit 36.


      Klok mencetak gol melalui sundulan kepala setelah menerima umpan dari David da Silva. Persib menambah keunggulan melalui kaki kiri Ciro pada menit 36 setelah mendapat umpan terobosan David da Silva.


      PSIS Semarang menipiskan kekalahan pada menit ke-65 melalui gol Taisei Marukawa setelah menerima umpan dari Vitinho dalam kemelut di gawang Persib. Persib memantapkan kemenangan melalui gol ketiga yang dicetak David da Silva.


      Perkiraan Susunan Pemain
      Pada laga kali ini, kedua pelatih dipastikan menurunkan pemain terbaiknya. Sayangnya untuk menuntaskan misi tersebut, Maung Bansung terkendala dengan absennya sejumlah pemain inti. Dari 21 pemainnya ke Semarang, Sabtu (19/8/2023), tidak ada 8 nama pemain inti yang masuk rombongan


      Dua pemain, yakni Ciro Alves dan I Putu Gede Juni Antara tak bisa dibawa karena masih menjalani hukuman dari Komdis PSSI, atas sikpa tidak terpuji kedua saat Persib menghadapi Persis Solo di Pekan 7. Lalu pemain muda potensia, Bechkam Putra Nugraha dan Robi Darwis absen karena harus membela timnas Indonesia U-23 yang akan berlaga di Piala AFF U-23 2023 di Thailand hingga 26 Agustus mendatang.


      Selain 4 pemain tersebut, 4 pilar lainnya juga tidak diboyong Hodak ke Semarang karena kondisi fisiknya kurang fit akibat cedera. Keempatnya, yakni David da Silva, kapten tim Dedi Kusnandar, serta kiper Teja Paku Alam, dan Febri Hariyadi.


      Namun di luar ke-8 pemain yang absen tersebut, Bojan sudah bisa membawa 3 pemain yang baru kembali ke tim. Yakni Frets L Butuan dan Reki Rahayu yang sudah kembali dari membela tim PSAD di Piala Panglima 2023, serta Kakang Rudianto yang sudah menyelesaikan pendikan Polisi.


      Dengan absennya duo Brasil, Da Silva dan Ciro, serta Bechkam, Robi, dan Febri di sektor tengah, praktis Maung Bandung mengalami krisis penyerang dan gelandang. Di barisan lini depan ini, Coach Bojan tinggal memiiki Ezra Walian dan penyerang muda Arsan Makarim. Selain itu, ada Levy Madinda dan Fres Butuan yang bisa diposisinya sebagai penyerang, termasuk pemain muda Ferdiansyah.


      Di barisan depan, Ezra kemungkinan bakal ditemani Frets Butuan dan Levy Madinda. Kinerja ketiganya bakal disokong para gelandang yang dimotori Marc Klok. Pemain naturalisasi asal Belanda tersebut akan ditemani Tiga pemain yang baru masuk di awal musim, yakni Ryan Kurnia, Rezaldi Hehanusa, dan Edo Febriansah bisa menjadi pilihan pendamping Klok di lini tengah.


      Sementara di lini pertahanan, Persib relatif aman dengan hadirnya 2 center bek jangkung, Alberto Rodriguez dan Nick Kuipers. Kedua bek asing asal Eropa tersebut akan ditemani Daisuke Sato dan Rachmat Irianto. Mereka akan menjadi tembok kokoh bagi gawang Maung Bandung yang akan kembali dipercayakan kepada Fitrul Dwi Rustapa.


      Sementara dari kubu tuan rumah, Caoch Gilbert relatif lebih leluasa menyusun komposisi pemainnya karena hanya 2 pemainnya yang absen pada laga kali ini. Kedua pemain tersebut, yakni Alfeandra Dewangga dan Haykal Alhafiz yang juga bergabung dengan Timnas Indonesia U-23 bersama Bechkam dan Robi dari Persib.


      Untuk lini depan, Coach Gilbert Agius masih mempercayakannya kepada Carlos Portes sebagai ujung tombak. Pemain yang telah mengemas 5 gol tersebut akan didampingi 2 penyerang lainnya, yakni Paulo Domingos, Taisei Marukawa.


      Ketiga penyerang ini akan mendapatkan suplai bola dari barisan gelandang yang diisi Boubakary Diarra, M Lufthi Kamal, dan Ridho Syuhada Putra. Sementara di posisi penjaga gawang ditempati Syaiful yang dikawal oleh 3 bek, Bayu M Fiqri, Lukas Numberi, Wahyu Prasetyo.


      Head to Head
      31 Januari 2023            Liga 1 2022-2023           PSIS Semarang 1-3 Persib Bandung
      13 Agustus 2022           Liga 1 2022-2023           Persib Bandung 2-1 PSIS Semarang
      15 Februari 2022           Liga 1 2021-2022           Persib Bandung 0-0 PSIS Semarang
      26 Oktober 2021           Liga 1 2021-2022            PSIS Semarang 0-1 Persib Bandung
      6 November 2019         Liga 1 2019                      Persib Bandung 2-1 PSIS Semarang
      21 Juli 2019                   Liga 1 2019                      PSIS Semarang 0-1 Persib Bandung
      18 November 2018       Liga 1 2018                      PSIS Semarang 3-0 Persib Bandung
      8 Juli 2018                      Liga 1 2018                     Persib Bandung 1-0 PSIS Semarang
      28 April 2009                 ISL 2008                           PSIS Semarang 0-2 Persib Bandung
      22 September 2008      ISL 2008                           Persib Bandung 3-1 PSIS Semarang
      19 Agustus 2007           Divisi Utama 2007          Persib Bandung 0-1 PSIS Semarang
      15 April 2007                  Divisi Utama 2007          PSIS Semarang 0-0 Persib Bandung


      5 Laga Terakhir PSIS Semarang
      14 Agustus 2023           Dewa United 1-4 PSIS Semarang
      9 Agustus 2023             PSIS Semarang 2-0 Arema FC
      5 Agustus 2023             Madura United 1-0 PSIS Semarang
      28 Juli 2023                   PSIS Semarang 0-0 Borneo FC
      21 Juli 2023                   PSS Sleman 2-2 PSIS Semarang


      5 Laga Terakhir Persib Bandung
      13 Agustus 2023         Persib Bandung 1-1 Barito Putera
      8 Agustus 2023           Persis Solo 2-1 Persib Bandung
      3 Agustus 2023           Persib Bandung 0-0 Bali United
      28 Juli 2023                 Persik Kediri 1-2 Persib Bandung
      22 Juli 2023                 PSM Makassar 4-2 Persib Bandung


      Klasemen
                                                 M  M  S   K  Gm-Gk   P
      6. PSIS Semarang           8   4    2   2   13-7     14
      16. Persib Bandung        8   1    5   2   12-14    8


      Perkiraan Susunan Pemain
      PSIS Semarang (4-2-3-1)
      Syaiful; Bayu M Fiqri, Lukas Numberi, Wahyu Prasetyo; Boubakary Diarra, M Lufthi Kamal, Ridho Syuhada Putra; Carlos Portes, Paulo Domingos, Taisei Marukawa
      Cadangan: M Rizky Darmawan; Gian Zola Nugraha, Septian David Maulana, Rizky Dwi Pangestu, M Al Amin Syukur, Delfin Rumbino, Fredyan Wahyu Sugiantoro, Riyan Ardiansyah, Wawan Febrianto,
      Pelatih: Gilbert Agius

      Persib Bandung (4-3-1-2)
      Fitrul Dwi Rustapa; Nick Kuipers, Alberto Rodriguez, Rachmat Irianto, Daisuke Sato; Marc Anthony Klok, Ryan Kurnia, Edo Ferbriansah; Frets L Butuan, Levy Madinda Ezra Walian
      Cadangan; Reki Rahayu, Putra Sheva Sanggasi; Achmad Jufriyanto, Victor Igbonefo, Kakang Rudianto, Eriyanto, Rezaldi Hehanusa, Abdul Aziz, Arsan Makarim, Ferdiansyah
      Pelatih: Bojan Hodak. (*)

      Oleh: deni mulyana sasmita / den

      0 Komentar

      Tinggalkan Komentar


      Cancel reply

      0 Komentar


      Tidak ada komentar

      Berita Lainnya


      Pelatih Persib: PSM Pernah jadi Bagian Hidup Saya
      Misi Bangkit, Buru Kemenangan Tandang
      Kapten Persib Bertekad Menangi Laga Berat di Markas Borneo FC
      Uu Ruzhanul Ulum Sidak Gudang Oksigen di Tasikmalaya, Ini Hasilnya
      Polres Subang Ringkus Enam Pelaku Curanmor


      PARLEMENTARIA