free hit counter code Bangkit, Kembali ke Jalur Kemenangan - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Daftar Pemain


    Editorial


      Jadwal Liga


      Bangkit, Kembali ke Jalur Kemenangan
      (juaranews) Persib Bandung menjamu Barito Putera di Pekan 8

      persib bandung v barito putera

      Bangkit, Kembali ke Jalur Kemenangan

      • Minggu, 13 Agustus 2023 | 05:37:00 WIB
      • 0 Komentar

      JuaraNews, Bandung - Tim Persib Bandung bertekad meraih kemenangan saat menjamu Barito Putera pada laga Pekan 8 Liga 1 2023-2024 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Minggu (13/8/2023) sore.

       

      Laga yang dimulai pukul 15.00 WIB tersebut menjadi penting, karena saat ini Maung Bandung sangat membutuhkan tambahan poin, setelah kalah 1-2 dari Persis Solo pada Pekan 7, Selasa (8/8/2023) lalu. Akibatnya, kini Persib terperosok ke zona degradasi menempati posisi 16 dengan 7 poin, dari sekali menang, 4 imbang, dan 2 kali kalah.


      Laga kali ini pun menjadi penting bagi Pelatih Bojan Hodak yang belum bisa mempersembahkan kemenangan sejak direkrut Persib pada 26 Juli lalu. Pada laga debutnya, Hodak hanya mampu membawa Persib bermain imbang 0-0 dengan Bali United. Sementara di laga kedua, Persib kalah oleh Persis. Laga ini akan menjadi pembuktian bagi eksistensi Hodak di tim Maung Bandung.


      Dalam 3 laga kandang sebelumnya, Persib pun belum pernah meraih kemenangan. Tiga laga dilewati dengan hasil imbang, yakni kontra Madura United (1-1), Dewa Uniited (2-2), dan terakhir 0-0 dengan Bali United. Jadi laga kontra Barito, Hodak berambisi untuk bisa mempersembahkan kemenangan kandang perdana, dan sekaligus yang pertama juga bagi dirinya untuk Maung Bandung.


      Coach Hodak sendiri menilai misi mengalahkan Barito tersebut tidaklah mudah direalisasikan. Pasalnya, Barito merupakan tim kuat yang saat ini berada di peringkat 3 klasemen sementara.


      Persib sendiri tengah berupaya bangkit dan memperbaiki posisinya yang saat ini berada di peringkat 16 atau menghuni zona degradasi. Maung Bandung tengah berusaha kembali ke jalur kemenangan setelah pada pekan lalu kalah oleh Persis 1-2.


      Untuk itu, Hodak mengingatkan pemainnya untuk tidak membuat kesalahan saat berhadapan dengan Laskar Antasari.


      "Jangan membuat kesalahan. Mereka akan menunggu kamu untuk melakukan kesalahan dan ketika itu terjadi mereka akan 'pukul' kamu. Ini akan menjadi pertandingan yang sulit," ungkap Bojan dalam sesi konferensi pers jelang laga di Stadion GBLA, Sabtu (12/8/2023).


      Pelatih berpaspor Kroasia ini pun tak mau pasukannya lengah yang bisa membuat kehilangan poin di laga kandang. Karena Barito mempunyai materi pemain yang berkualitas dan sarat pengalaman.


      "Barito Putera adalah satu tim yang punya sejarah dengan diperkuat pemain-pemain berpengalaman. Saya tahu beberapa di antaranya, karena mereka pernah bermain di Malaysia. (Tapi) punya banyak pengalaman, tidak menjamin akan mendapat hasil yang baik juga," tandas Hodak.


      Barito Waspadai Kebangkitan Persib
      Dari kubu tim tamu, Barito datang dengan kepercayaan diri tinggi untuk melanjutkan tren kemenangan. Namun Pelatih Barito Rahmad Darmawan menegaskan, laga nanti tidak akan berjalan mudah bagi timnya, meskipun Persib sedang dalam kondisi terpuruk di papan bawah.

       

      RD menlai, kendati dalam 2 laga terakhir Persib tidak meraih kemenangan, namun berdasarkan pengamatannya, tim Maung Bandung mengalami perkembangan positif di bawah arahan Pelatih anyar Bojan Hodak. Apalagi saat ini Persib bermain di kandangnya sendiri, tentunya akan membuat motivasi para pemain Maung Bandung berlipat untuk meraih kemenangan.


      "Persib dalam 2 pertandingan terakhir, mereka bermain sangat bagus walaupun hasilnya mungkin belum sesuai. Tapi saya melihat satu motivasi yang sangat tinggi diperlihatkan oleh pemain Persib. Mereka begitu agresif dalam bermain, dan ini membuat tim kami harus sangat waspada dalam menghadapi kondisi ini," ungkap RD dalam sesi konferensi pers jelang laga di Stadion GBLA, Sabtu (12/8/2023).


      "Tentu hasil yang kurang memuaskan di laga kemarin akan mencoba mereka implementasikan untuk raih hasil yang terbaik di pertandingan besok, dan kami akan mewaspadai itu," sambungnya.


      RD pun mengaku sudah memberikan arahan kepada anak-anak asuhnya agar meningkatkan kewaspadaan saat berlaga di Bandung.


      "Saya sudah sampaikan kepada anak-anak untuk selalu fokus bagaimana mereka mampu menangani tim lawan yang tengah dalam motivasi tinggi," tandasnnya.


      Untuk meredam agresivitas Maung Bandung, RD pun sudah menyiapkan skema khusus bagi timnya. Namun, RD lebih menekankan agar para pemainnya fokus terhadap organisasi tim sendiri dibanding melihat kekuatan lawan.


      "Untuk hadapi Persib, adanya antisipasi khusus saya rasa iya karena memang Persib, seperti yang sudah saya sampaikan dalam 2 pertandingan terakhir mereka (Persib) bermain dengan sangat agresif, apalagi besok mereka akan bermain di kandangnya," papar RD.


      Mantan pelatih Persija Jakarta ini menambahkan, secara umum timnya siap menghadapi Maung Bandung. Meski masa pemulihan pemainnya cukup singkat, menurut RD, waktu yang ada cukup untuk memulihkan kondisi fisik pemainnya setelah Rabu (9/8/2023) lalu mengalahkan Dewa United 2-1.


      "Saya rasa masa recovery kami kurang menguntungkan jika dibandingkan dengan Persib. Tapi meski (recovery) hanya 3 hari, saya rasa cukup, selama pemain disiplin dan kami semua terus mengontrol kondisi mereka," ucapnya.


      "Intinya semua pemain kami siap untuk laga besok," lanjutnya.


      Barito On Fire, Persib Unggul Statistik Pertemuan
      Sementara itu, di atas kertas, Persib lebih unggul dibanding Barito jika dilihat dari statistik pertemuan kedua tim. Tercatat dalam 16 pertemuan terakhir, Persib berhasil memenangi 6 laga, sedangkan Barito 3 laga, sementara 7 laga sisanya berakhir imbang.

       

      Enam kemenangan Persib, 5 di antarannya diraih saat berlaga di kandang. Sedangkan 3 laga lainnya yang diigelar di Bandung berakhir dengan hasil imbang. Dengan demikian, Persib tidak pernah kalah oleh Barito saat melakoni laga kandang. Statistik tersebut tentunya menjadi modal berharga bagi Hodak saat menjamu Barito.

       

      Sementara itu, dari koleksi gol, Maung Bandung pun lebih unggul. Persib sukses menjebol gawang Barito sebagai 26 kali, berbanding 15 gol Laskar Antasari ke jala Maung Bandung. Saat laga digelar di kandang juga, Persib cukup superior dalam mencetak gol. Tercatat, Persib mencetak 17 gol, sedangkan Barito melesakkan 8 gol.

       

      Kemenangan kandang terbesar kandang atas Barito terjadi pada putaran pertama musim 2022-2023 lalu. Pada laga yang digelar 22 September 2022 tersebut, Persib menang telak 5-2 atas Barito. Sementara kebobolan terbanyak yang dialami Persib, yakni 3 gol saat laga berakhir imbang 3-3 pada musim 2018 lalu yang digelar 8 Desember 2018.

       

      Namun statistik tersebut hanyalah catatan masa lalu. Kondisi saat ini, kenyataannya Barito tengah berada di atas angin dibanding Persib. Jika Persib berjuang untuk keluar dari zona degradasi, Barito justru sebaliknya tengah berupaya merebut puncak klasemen. Saat ini tim asuhan Pelatih Rahmad Darmawan bertengger di peringkat 3 dengan raihan 13 poin dari 4 kali menang, sekali imbang, dan 2 kali kalah. Raihan poin Barito sama dengan Madura United di posisi 2, dan hanya berbeda 1 poin dengan pemuncak klasemen Bali United dengan 14 poin.

       

      Jika menang melawan Persib, Barito dipastikan merebut tampuk kepemimpinan di klasemen sementara. Karena Bali sudah memainkan 8 laga, sementara pesaingnya, Madura baru berlaga pada malam harinya mulai pukul 19.00 WIB menghadapi Persija. Dan jika Madura menuai hasil imbang atau kalah, dipastikan Barito memimpin klasemen dalam sepekan ke depan.


      Barito sendiri saat ini sedang on fire, setelah meraih 2 kemenangan beruntun dalam 5 laga terakhirnya. Pada 2 laga sebelumnya, membantai Arema FC 4-0 lalu, menumbangkan Dewa United 2-1. Sedangkan di 3 laga sebelumnya, Barito kalah 1-2 oleh Madura United, dan menyerah juga dengan skor 1-2 dari Borneo FC, serta menang 3-1 atas PSS Sleman. Catatan Barito dalam laga terakhirnya menghadapi Persib juga cukup bagus, yakni menang 2-1 saat berlaga di kandangnya, Stadion 17 Mei, Banjarmasin.


      Perkiraan Susunan Pemain
      Pada laga kali ini, Persib tak bisa memainkan sejumlah pemain andalannya. Setidaknya ada 4 pemain kunci yang absen menghadapi tim peringkat 3 tersebut. Sebelumnya, 2 pemain dipastikan absen, yakni Robi Darwis yang harus bergabung dengan Timnas Indonesia U-23 yang akan berlaga di Piala AFF U-23 2023 di Thailand pada 17 hingga 26 Agustus 2023. Robi sendiri sudah bergabung dengan timnya yang menggelar pemusatan latihan di Jakarta sejak Kamis (10/8/2023) lalu. Pemain kedua yang absen, yakni I Putu Gede Juni Antara yang terkena hukuman kartu merah yang diterimanya saat menghadapi Persis Solo, pekan lalu.


      Belakangan, 2 pemain menyusul dipastikan tidak bisa dimainkan Pelatih Bojan Hodak. Kedua pemain tersebut, yakni Marc Klok dan Ciro Alves yang terkena sanksi disiplin tidak boleh berlaga dalam 2 pertandingan karena melanggar disiplin saat menghadapi Persis. Bukan hanya Klok dan Ciro, Putu Gede juga mendapatkan sanksi akibat aksi tidak terpuji yang dilakukan mereka. Putu Gede ditambah hukumannya menjadi tidak boleh tampil dalam 4 laga. Selain itu ketiganya didenda sebesar Rp75 juta.


      Selain keempat pemain tersebut, Kakang Rudianto juga belum bisa dimainkan karena masih menjalani pendidikan Polisi. Di samping Robi juga, Persib bakal kehilangan Bechkam Putra yang sama-sama dipanggil timnas Indonesia U-23. Namun untuk laga kontra Barito, Bechkam masih belum dilepas Coach Hodak. Bechkam baru akan dilepas seusai menghadapi Barito, pada Senin (14/8/2023) mendatang, sesuai batas waktu yang diberikan Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong.

       

      Namun di sisi lain, ada juga sejumlah pemain yang bisa kembali membela Maung Bandung. Selain Alberto Roogriguez yang telah menjalani hukuman akumulasi kartu, Persib juga sudah bisa kembali menurunkan Frets L Butuan yang sudah selesai menjalankan tugasnya membela Tim PSAD di ajang Piala Panglima 2023. Selain Frets, rekannya sesama anggota TNI AD, yakni kiper Reki Rahayu juga sudah bisa diturunkan untuk melapisi Teja Paku Alam dan Fitrul Dwi Rustafa.


      Dengan hadirnya Alberto, lini pertahanan Maung Bandung relatif aman, kendati ditinggalkan Putu Gede. Alberto akan kembali berduet dengan Nick Kuipers yang saat menghadapi Persis, absen karena ada keperluan pribadi. Absennya Alberto dan Kuipers saat ini disebut-sebut yang menjadi penyebab kekalahan Persib oleh Persis.


      "Ya Alberto dan Nick sudah kembali, jadi ini kabar yang bagus bagi kami karena mempunyai lebih banyak pilihan," kata Hodak.

       

      Di lini belakang, Coach Hodak juga masih punya pilihan lain untuk mendampingi Alberto-Kuipers. Daisuke Sato dan Rachmat Irianto bisa menjadi pilihan. Selain itu masih ada Victor Igboneefo, Edo Febriansah, Eriyanto, dan Rezaldi Hehanusa. Para pemain bertahan tersebut akan mengawal gawang Persib yang kemungkinan masih dipercayakan kepada Fitrul Dwi Rustapa.

       

      Untuk lini tengah, absennya Klok sepertinya masih bisa diatasi Hodak. Seperti pada laga sebelumnya saat Klok absen, jenderal lapangan tengah diserahkan kepada Dedi Kusnandar. Dia akan berkolaborasi dengan Bechkam, Febri Haryadi, dan Ryan Kurnia. Di sektor gelandang juga masih ada nama Levy Madinda dan Abdul Aziz.


      Sedangkan untuk menemani David da Silva, Frets dan Ezra Walian bisa menjadi pilihan pengganti Ciro. Absennya sejumlah pemain inti juga bisa menjadi kesempatan bagi pemain muda U-23 untuk tampil. Seperti 2 penyerang muda, Ferdiansyah dan Arsan Makarim.

       

      Sementara itu di kubu Barito, tim asuhan Pelatih Rahmad Darmawan tersebut relatif komplet. RD hanya kehilangan 2 pemain pada laga nanti. Yakni bek mudanya, Bagas Kaffa yang juga dipanggil timnas Indonesia U-23. Satu lagi, pemain bertahan asal Filipina, Carli de Murga yang mendapat sanksi Komdis PSSI. Sedangkan emain lainnya tidak memiliki kendala apa pun, dan siap diturunkan di laga nanti.


      Di bawah mistar gawang, Ega Rizki Pramana masih akan menjadi andalan. Sedangkan di barisan pertahanan, posisi Bagas Kaffa bisa digantikan Hasyim Kipuw. Dengan formasi 4-3-3, ada 3 bek lain yang menemani Kipuw, yakni Carlos Allberto, Frendi Saputra, dan Renan da Silva Alves.


      Selanjutanya di lini tengah, mantan pemain Persib, Makan Konate akan menjadi dirijen bekerja sama dengan Bayu Pradana dan Mike 'Ott' Rigoberto. Sedangkan di lini serang, 3 kolektor gol Barito bakal menjadi andalan. Yakni top skorer tim Morilo Octavio Mendes yang telah mengoleksi 4 gol. Dia akan berkolaborasi dengan pencetak masing-masing 1 gol Barito, Bagus Kahfi dan Gustavo Henrique Barbosa.


      Head to Head
      27 Februari 2023            Liga 1 2022-2023       Barito Putera 2-1 Persib Bandung
      16 September 2022       Liga 1 2022-2023       Persib Bandung 5-2 Barito Putera
      31 Maret 2022                Liga 1 2021-2022       Barito Putera 1-1 Persib Bandung
      4 September 2021         Liga 1 2021-2022       Persib Bandung 1-0 Barito Putera
      24 November 2019        Liga 1 2019                 Persib Bandung 0-0 Barito Putera
      4 Agustus 2019              Liga 1 2019                 Barito Putera 1-0 Persib Bandung
      8 Desember 2018           Liga 1 2018                 Persib Bandung 3-3 Barito Putera
      22 Juli 201                       Liga 1 2018                 Barito Putera 2-2 Persib Bandung
      9 Oktober 2017               Liga 1 2017                 Persib Bandung 0-0 Barito Putera
      18 Juni 2017                   Liga 1 2017                 Barito Putera 1-0 Persib Bandung
      4 Desember 2016          TSC 2016                     Barito Putera 1-1 Persib Bandung
      13 Agustus 2016           TSC 2016                     Persib Bandung 2-0 Barito Putera
      10 Juni 2014                   ISL 2014                      Persib Bandung 3-1 Barito Putera
      9 Maret 2014                  ISL 2014                      Barito Putera 0-2 Persib Bandung
      26 Juli 2013                    ISL 2012-2013            Barito Putera 2-2 Persib Bandung
      3 April 2013                    ISL 2012-2013            Persib Bandung 3-2 Barito Putera

       

      5 Laga Terakhir Persib Bandung
      8 Agustus 2023           Persis Solo 2-1 Persib Bandung
      3 Agustus 2023           Persib Bandung 0-0 Bali United
      28 Juli 2023                 Persik Kediri 1-2 Persib Bandung
      22 Juli 2023                 PSM Makassar 4-2 Persib Bandung
      14 Juli 2023                 Persib Bandung 2-2 Dewa United

       

      5 Laga Terakhir Barito Putera
      9 Agustus 2023           Barito Putera 2-1 Dewa United
      5 Agustus 2023           Arema FC 0-4 Barito Putera
      30 Juli 2023                 Barito Putera 1-2 Madura United
      21 Juli 2023                 Borneo FC 2-1 Barito Putera
      14 Juli 2023                 Barito Putera 3-1 PSS Sleman

       

      Klasemen
                                                      M M  S  K  Gm-Gk    P
      3. Barito Putera                     7   4  1  2    14-7     13
      16. Persib Bandung              7   1  4  2     11-13    7

       

      Perkiraan Susunan Pemain
      Persib Bandung (4-3-1-2)
      Fitrul Dwi Rustapa; Nick Kuipers, Alberto Rodriguez, Rachmat Irianto, Daisuke Sato; Beckham Putra, Dedi Kusnandar, Febri Hariyadi; Frets L Butuan, Ezra Walian, David da Silva
      Cadangan; Teja Paku Alam; Achmad Jufriyanto, Victor Igbonefo, Edo Febriansah, Levy Madinda, Eriyanto, Ryan Kurnia, Abdul Aziz, Ferdiansyah, Arsan Makarim
      Pelatih: Bojan Hodak

      Barito Putera (4-3-3)
      Ega Rizki Pramana; Hasyim Kipuw, Carlos Allberto, Frendi Saputra, Renan da Silva Alves; Bayu Pradana, Makan Konate, Mike 'Ott' Rigoberto; Bagus Kahfi, Gustavo Henrique Barbosa, Morilo Octavio Mendes
      Cadangan: Nur Halid; Ilham Zusril, Rizky Pora, Muhammad Helmi, M Buyung M, Nazar Nuzaidin, Eksel Timothy, Yuswanto Aditya, M Firly, Christ Robert Rubiak
      Pelatih: Rahmad Darmawan. (*)

      Oleh: deni mulyana sasmita / den

      0 Komentar

      Tinggalkan Komentar


      Cancel reply

      0 Komentar


      Tidak ada komentar

      Berita Lainnya


      Persib Juara Lebih Luar Biasa dibanding Juventus
      Libur 1 Bulan, Persib Bersiap Lakoni Play-off ACL2
      Sabtu Hari Ini, Bandung Gelar Pesta PERSIB JUARA
      Kapten Persib Persembahkan Juara untuk Bobotoh
      Hodak Senang Persembahkan Trofi Juara bagi Persib

      Klasemen Liga Indonesia

      Tim M Point
      1 Borneo FC 34 70
      2 Persib Bandung 34 62
      3 Bali United 34 58

      Klasemen Liga Dunia

      Tim M Point
      1. Manchester City 38 91
      2. Arsenal 38 89
      3. Liverpool 38 82
      4. Aston Villa 38 68
      Tampilkan Detail