free hit counter code PKJB jadi Etalase Produk Otentik Jawa Barat - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    PKJB jadi Etalase Produk Otentik Jawa Barat
    (humas pemprov jabar) Suasana Pasar Kreatif Jabar setelah resmi dibuka

    PKJB jadi Etalase Produk Otentik Jawa Barat

    JuaraNews, Bandung - Gubernur Jabar Ridwan Kamil meresmikan Pasar Kreatif Jawa Barat (PKJB) di kawasan Cikutra, Kota Bandung, Jumat (7/7/2023).


    Pasar Kreatif Jabar merupakan komitmen  Pemprov Jabar untuk mendorong peningkatan perlindungan, pengembangan, dan pemanfaatan sumber daya alam dan sumber daya budaya bagi industri kreatif secara berkelanjutan.


    Menurut Emil, kawasan Pasar Kreatif Jabar menjadi wadah bagi pelaku ekonomi kreatif untuk unjuk gigi terkait produk otentik khas Jabar  kepada masyarakat secara luas.


    "Hari ini mengawali sebuah visi, Jawa Barat ingin terdepan menjadi tuan rumah di negerinya sendiri terkait produk-produk ekonomi kreatif," ujar Emil seusai peresmian KKJ-PKJB, Jumat (7/7/2024).


    Untuk menyokong itu, Gubernur Ridwan Kamil pun menyediakan sebuah lahan millik Pemprov Jabar dengan konsep kawasan. Hal tersebut dilakukan agar perputaran ekonomi dapat berlangsung dengan cepat.


    "Tempatnya sudah sangat pas, mudah-mudahan sukses. Memang konsepnya harus hidup 24 jam. Kalau mau 24 jam harus ada yang tinggal di sini, makanya (akan ada) 3 lantai. Lantai 1 tempat jualan, lantai 2 tempat kreativitas, ada studio, kantor, co-working, dan lantai 3 kos-kosan karena di sini banyak universitas. Pasti menyenangkan tinggal di sini," papar Emil.


    Kang Emil menjelaskan, pembangunan Pasar Kreatif Jabar akan berlangsung dua tahap. Pada tahap pertama sudah selesai dengan 32 tenant dan 11 booth atau gerobak.


    "Baru tahap satu, sesuai anggarannya nanti diteruskan sampai tahap selanjutnya hingga semuanya nanti 27 kabupaten/kota punya perwakilan merek-merek lokal, yang akhirnya menjadi tuan rumah di negeri sendiri, kita merdeka dari merek asing yang sebenarnya produk lokalnya juga ada," ungkap Kang Emil.


    Keberadaan Pasar Kreatif Jabar menjadi bukti bahwa masyarakat Jawa Barat memang terdepan dalam menuangkan sebuah gagasan dan ide yang menghasilkan produk UMKM unggulan.


    "Kita melihat ekonomi kreatif ini adalah andalan Jawa Barat di masa depan karena berbasis gagasan, di mana orang Jawa Barat mah rata-rata kreatif," tutupnya.


    Pasar Kreatif Jabar berdiri di atas lahan milik Pemprov Jabar dan akan menjadi pusat pemasaran dan pengembangan ekonomi kreatif di Jawa Barat, yang terletak di Jalan Pahlawan, Kota Bandung. (*)

    den

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Wasapada, Peredaran Uang Palsu Pasca Lebaran
    Pengguna KAI Comummter Naik 7% Selama Lebaran 2024
    Cerita Pegawai PLN Tak Mudik Demi Amankan Listrik
    Dirut PLN Lakukan Inspeksi SPKLU Jalur Mudik
    Layanan Operasional Terbatas & Weekend Banking

    Editorial



      sponsored links