free hit counter code Pesantren dan Tantangannya - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Pesantren dan Tantangannya
    net Pesantren di Indonesia

    Pesantren dan Tantangannya

    PESANTREN adalah lembaga pendidikan asli berasal dari Indonesia yang sudah teruji keberhasilannya dalam mendidik anak bangsa. Pesantren tumbuh dan berkembang bersama dengan denyut nadi bangsa Indonesia.

     

    Pada era kemunculannya pesantren menjadi poros kuat dalam melawan kolonialisasi di Indonesia sebab hal itu bertentangan dengan nilai agama Islam dan kemanusiaan. 

     

    Seiring dengan perkembangan zaman pesantren ikut beradaptasi dengan perubahan zaman tanpa harus kehilangan ruh yang sudah melekat dalam urat nadi pesantren sehingga lahirlah pesantren modern sebagai sebuah respon dalam menghadapi perkembangan zaman.

     

    Pesantren modern pada awal kemunculannya dianggap  luar biasa sebab pada sisi sistem, sarana dan prasarana, dan juga pembelajaran berbeda dengan pendidikan pesantren salafi yang hanya berfokus pada pendalaman kitab-kitab turats yang diajarkan oleh kiyai kepada para santrinya.

     

    Akan tetapi kemudian timbul pertanyaan, “apakah pesantren yang disebut modern pada saat ini masih pantas disebut modern? Mengingat banyak sekali variabel yang harus dicermati oleh pesantren pada saat ini. Apakah hanya pada masa kemunculannya saja pesantren modern disebut modern?”.

     

    Pada  abad 21 ini pesantren harus tetap konsisten dalam melawan kolonialisasi dalam bentuk wajah baru yang masuk pada ranah ekonomi, teknologi, politik, sosial, pendidikan, dan segala aspek yang bertentangan dengan kehidupan umat manusia.

     

    Tentu saja hal ini menjadi PR bagi pesantren untuk melahirkan para pemikir, ekonom, pengusaha, ulama, penyair dan segala macam profesi yang harus membawa perubahan sebagai salah satu bentuk Islam Rahmatan Lil ‘Alamiiin

     

    Pesantren yang mengikuti arus perubahan pada aspek materil saja (gedung, sistem, sarana dan prasarana, kegiatan) dan luput pada aspek imateril (filosofis) akan kehilangan ruh kepesantrenannya sebab setiap perubahan zaman membawa nilai, dan nilai itu tidak semuanya sesuai dengan nilai-nilai yang sudah mengakar kuat di dalam jati diri pesantren.

     

    Maka dari itu sudah saatnya pesantren berpikir untuk memperluas pembahasan yaitu bukan pada semata-mata pembahasan habluminallah habluminannas, tapi juga hablum minal ‘alam, bagaimana para santrinya dapat memanfaatkan potensi alam semesta ini.

     

    Sehingga lahirlah ulama yang intelek, yang mampu mengurai philosophical gap di dalam ilmu pengetahuan sehingga ilmu yang dipelajari tidak kering kerontang dan akan menuntun manusia pada hakikat yang sebenarnya mengapa ilmu itu diciptakan.

     

    Tentu saja hal ini menuntut keseriusan kita sehingga harapannya dari pesantren ini akan lahir para ulama yang ilmuan dan ilmuan yang ulama dan membawa perubahan positif bagi agama bangsa dan negara. Oleh karena itu, perlu adanya perluasan kajian terutama di Pesantren yang tidak berhenti pada kajian fiqih dan tasawuf oriented saja akan tetapi juga mengkaji mengenai ayat-ayat kauniyah.

     

    Pada dasarnya setiap ilmu itu penting, tergantung dimana tempat dan dalam kondisi apa ilmu tersebut diamalkan. Wallahu a’lam.

     

    Penulis: Irwan Maulana 

    bas

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Daddy: Patahkan Mitos Gerindra Jabar Jadi Pemenang
    LKPJ Jabar 2023: Prestasi dan Masa Transisi
    Membangun Literasi bagi Gen Z
    Hejo Tapi Teu Ngejo
    • Hejo Tapi Teu Ngejo

      PROVINSI Jawa Barat memilik Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2015 Tentang Pengelolaan Jasa Lingkungan Hidup. Perda tersebut didasari Undang-Undang Selengkapnya..

      • 19 Maret 2024
    Pemilu dan Pewarisan Budaya

    Editorial



      Klasemen Liga Dunia

      Tim M Point
      1. Liverpool 28 64
      2. Arsenal 28 64
      3. Manchester City 28 63
      4. Aston Villa 29 56
      Tampilkan Detail

      Klasemen Liga Indonesia

      Tim M Point
      1 Borneo FC 31 70
      2 Persib Bandung 31 56
      3 Bali United 31 52