blog counter

Hot News


Opini


    Balai Pelestarian Kebudayaan IX Sajikan Pertunjukan Angklung

    • Jumat, 18 November 2022 | 20:59:00 WIB
    • 0 Komentar


    Balai Pelestarian Kebudayaan IX Sajikan Pertunjukan Angklung
    Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah IX mempersembahkan sebuah pertunjukan angklung yaitu angklung khatulistiwa (AKHU) dengan tema The Sound of Indonesia, Jumat (18/11/2022). bas

     

    JuaraNews, Bandung - Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah IX mempersembahkan sebuah pertunjukan angklung yaitu angklung khatulistiwa (AKHU) dengan tema The Sound of Indonesia, Jumat (18/11/2022).

     

    AKHU digelar di Teater tertutup Dago Tea House, Kota Bandung  dalam rangka memperingati hari angklung dunia yang jatuh 16 November setiap tahunnya.

     

    Badan Pelestarian Kebudayaan Wilayah IX sebagai lembaga pemerintah dalam bidang pelestarian dan pengembangan nilai budaya merupakan lembaga yang konsisten dalam mewujudkan berbagai bentuk aktivitas pelestarian seni angklung di Indonesia khususnya Jawa Barat. 

     

    "Festival Pertunjukan Angklung Nation 16 november 2022 merupakan satu kegiatan bukti nyata BPK dalam merealisasikan terhadap pengembangan kesenian angklung di Indonesia, dimana angklung merupakan satu kesenian asal Jawa Barat Indonesia yang telah diakui UNESCO 22 tahun silam," kata Kepala Badan Pelestarian Kebudayaan Wilayah IX, Jumhari.

     

    Pertunjukan Musik Angklung Khatulistiwa merupakan satu konsep baru dalam seni pertunjukan angklung dengan mempresentasikan musik daerah dari seluruh Nusantara sebagai cerminan Identitas Bangsa Indonesia sebagai bangsa yang heterogenitas budaya, serta media komunikasi musik Angklung dapat dijadikan sebagai pemersatu Negara Kesatuan Republik Indonesia.

     

    Pertunjukan festival Musik Angklung “Angklung Khatulistiwa” merupakan pertunjukan musik orkestra angklung yang berkolaborasi dengan jenis music, atraksi dan tarian nusantara yang merupakan ide dari Yadi Mulyadi yang merupakan konseptor yang bertugas di  Badan Pelestarian Kebudayaan Wilayah IX.

     

    Materi musik yang akan dipertunjukan merupakan karya-karya aransemen lagu-lagu daerah nusantara sebagai bentuk perlindungan yang dikemas rapi untuk berkolaborasi dengan angklung oleh para arranger terpilih, dan menampilkan karya-karya baru sebagai bentuk pengembangan karya musik yang merupakan kreativitas dari para komposer musik angklung dengan esensi nuansa musik Nusantara. 

     

    Pertunjukan orkestra angklung Nusantara “Angklung Khatulistiwa” ini akan didukung oleh para Sutradara pertunjukan profesional, para komposer-komposer angklung terpilih dan karya-karyanya akan dimainkan oleh beberapa komunitas angklung / sanggar angklung terpilih yang berdomisili di kawasan Jawa Barat. (*)

    bas

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    HUT ke-10 El Hotel International Mengusung Tema G10W Up dan Grow
    Cegah Stunting, Campaign.com Gelar Kompetisi Masak “Gizi untuk Pahlawan Masa Depan”
    Benny Soebarja & Fariz RM, Pulang Kampung Bandung
    Mobil Mewah Serbu Kantor JuaraNews & Kampring...
    Titipan Anak Setan, Film Layar Lebar Pertama PFN
    Berita Terdahulu

    Editorial