blog counter

Daftar Pemain


    Editorial


      Hot News


      Jadwal Liga


        PERSIB BANDUNG VS PSS SLEMAN: Amankan Tiket Semifinal dalam 90 Menit



        PERSIB BANDUNG VS PSS SLEMAN: Amankan Tiket Semifinal dalam 90 Menit

        JuaraNews, Bandung - Laga seru bakal tersaji saat tim Persib Bandung menjamu PSS Sleman pada babak Perempat Final Piala Presiden 2022 yang akan digelar di Stadion si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jumat (1/7/2022) malam.

         
        Dalam pertandingan dengan format single match ini, kemenangan tentu menjadi target kedua tim agar bisa lolos babak Semifinal.


        Persib sendiri memiliki modal cukup bagus untuk menghadapi PSS. Di fase penyisihan grup, Maung Bandung berhasil menjadi juara Grup C dengan mengoleksi 7 poin, hasil dari 2 kemenangan dan sekali imbang. Selain itu, pada babak 8 Besar tersebut Persib bakal menjadi tuan rumah di Stadion si Jalak Harupat.


        Pelatih Persib Robert Rene Alberts pun sangat mewaspadai kekuatan PSS yang datang sebagai tamu. Dia melihat ada kemajuan dari permainan Super Elja di beberapa laga terakhir hingga akhirnya lolos ke perempatfinal. Kehadiran pemain baru seperti Ze Valente sebagai rekrutan baru pun memberikan dampak yang signifikan.


        “Ini akan jadi jalan kami untuk meraih tiket semifinal, dan tidak ada hal yang kami pikirkan. Ketika kami lolos sebagai juara grup, kami melihat PSS menjadi tim yang meningkat permainannya dan bermain sangat cepat, dihuni pemain yang skillfull juga, kami menaruh hormat kepada mereka. Mereka juga menunjukkan pemain asingnya memiliki permainan yang bagus. Tentunya mereka juga punya target yang sama, yaitu lolos ke semifinal,” ujar Robert dalam sesi konferensi pers jelang laga di Graha Persib, Jalan Sulanjana Kota Bandung, Kamis (30/6/2022).


        Pelatih berpaspor Belanda ini menegaskan timnya akan berusaha dengan sebaik mungkin untuk meraih kemenangan. Bahkan tekadnya adalah menang di waktu normal tanpa harus melalui babak adu penalti.


        “Tapi kami sudah tahu apa tugasnya. Kami harus memastikan besok laga tidak harus diakhiri melalui adu penalti. Kami berusaha menuntaskan laga dalam 90 menit dan melihat ke depan untuk melaju ke semifinal. Lalu kami nanti akan mengetahui siapa lawan di semifinal dua hari setelahnya. Kami fokus terhadap itu,” tandas Robert.


        Kendati berstatus tuan rumah, Persib sendiri tidak sepenuhnya diuntungkan. Pasalnya, Bobotoh tidak bisa datang ke stadion sebagai buntut dari hukuman karena ada suporter yang meninggal di fase grup lalu. Robert mengakui, pemain tentunya ingin stadion yang penuh dan mendapatkan energi tambahan dari dukungan suporter.


        “Bagus karena kami bermain di Bandung, tetapi sayangnya kami harus bermain di stadion yang kosong lagi. Itu pula yang harus kami perhatikan karena pada sisa laga kandang di Piala Presiden, meski bermain di Bandung tetapi kami tidak dapat izin untuk menghadirkan suporter. Yang mana ini tentunya menyedihkan karena pemain kami ingin bermain di hadapan suporter yang fantastis,” pungkasnya.


        Sayangnya, pada laga kali ini, Maung Bandung tak bisa menurunkan 5 pemain pilarnya karena terkena badai cedera. Kelima pemian tersebut, yakni 3 pemain asing, Nick Kuipers, David da Silva, dan Ciro Alves, lalu bek naturalisasi Victor Igbonefo dan kiper Teja Paku Alam.

         

        “Ya kami punya beberapa pemain yang dikonfirmasi akan absen. Yang pertama tentunya Teja karena patah tangan, Victor karena patah tulang pipi, David da Silva karena demam serta ada sedikit masalah di hamstring, Nick karena cedera di tulang keringnya dan Ciro karena patah tulang bahu,” jelas Robert.

         

        Dengan demikian, menghadapi PSS nanti, hampir dipastikan Persib tak akan diperkuat pemain asing. Pasalnya, satu lagi pemain asing asal Asia, yakni Daisuke Sato belum tentu juga bisa diturunkan oleh Coach Robert, karena baru saja tiba di Bandung, dan harus terlebih dahulu menyelesaikan administrasi kewarganegaraannya.

         

        “Kabar bagusnya Sato sudah tiba hari ini di Bandung dan akhirnya bisa mendapatkan visa kerjanya, lalu besok akan kami lihat, jika registrasi online dia berjalan dengan lancar maka ada kesempatan dia masuk ke dalam skuat,” tukasnya.

         

        Sebelumnya sempat Zalnando cedera dan berlatih terpisah. Tapi kini kondisinya sudah pulih. Namun untuk 5 pemain lainnya dinyatakan Robert belum pulih dan masih harus diistirahatkan.

        “Untuk Zalnando dia sudah pulih dan melakukan tes hari ini. Jadi itu pemain yang masuk daftar cedera, dan itu terbilang berat karena melihat kelima pemain itu adalah pemain yang berpotensi memiliki peran sebagai langganan starter,” ujar pelatih asal Belanda ini.


        Robert juga memikirkan kelanjutan kiprah Persib di turnamen pramusim jelang bergulirnya Liga 1 2022-2023 tersebut. Pasalnya, jika bisa meraih puncak, Persib memiliki 5 laga yang harus dilakoni.


        “Di samping perempat final, kami juga perlu memikirkan laga lainnya, dua semifinal dan dua final. Jadi ada 5 laga tersisa dan harus berhati-hati karena kita tidak mau ada terlalu banyak pemain yang mengalami cedera saat Liga bergulir karena Liga lah yang menjadi prioritas kami,” imbuh Robert. 

        Namun pada laga perempat final ini, Persib mendapatkan amunisi baru dengan kembali trio timnas, Marc Klok, Ricky Kambuaya, dan Rachmat Irianto. Ketiganya dipastikan masuk daftar susunan pemain (DSP), kendati belum tentu tampil sebagai starter.


        Ketiganya bisa saja dimainkan secara bersamaan. Menurut Robert, ketiganya memiliki kebugaran yang memadai untuk tampil di satu pertandingan berkat training center (TC) timnas yang selama ini dijalani. Seperti diketahui, Klok, Irianto, dan Kambuaya tampil di dua ajang yang diikuti Timnas yakni SEA Games Vietnam 2022 (2021) dan Kualifikasi Piala Asia 2023.


        “Mereka memiliki match fit karena sudah banyak bermain untuk timnas. Mereka sudah dalam keadaan yang baik setelah mendapat 10 hari istirahat. Mereka sangat bertenaga menjalani latihan,” ungkap Robert.


        Kendati begitu, ia harus berhati-hati setelah banyak pemainnya yang mengalami cedera. Robert segera mengambil keputusan soal siapa di antara ketiganya yang akan main di starting eleven.


        “Melihat banyaknya pemain kami yang mengalami cedera, tentu saja, perhatian saya sekarang apakah saya perlu menurunkan mereka sejak menit pertama atau memainkan mereka dari bangku cadangan. Saya akan mengambil keputusan soal itu,” tandas Robert
         

        Persib tanpa Pemain Asing, PSS Tetap Waspada
        Sementara itu dari kubu tamu, Pelatih PSS Sleman Seto Nurdiyantoro mengaku tidak memiliki banyak waktu untuk lebih mematangkan timnya. PSS baru saja memastikan lolos dari Grup A pada Senin (27/6/2022) lalu, dan sudah harus menghadapi babak perempat final Jumat (1/7/2022).

         

        Lawan yang dihadapi pun tak tanggung-tanggung, Persib yang punya keuntungan masa recovery lebih panjang 10 hari. Sementara jeda antarpertandingan dimaksimalkan timnya dengan recovery. PSS juga memboyong 21 pemain tanpa Mario Maaslac, Derry Rachman, dan Todd Ferre.


        “Persiapan sebenarnya cukup mepet, tim kami baru datang malam tadi dari perjalanan ke Solo cukup mepet juga, jadi tidak ada waktu untuk mempersiapkan diri, kami hanya menjaga kebugaran pemain, kami bawa ke Bandung 21 pemain,” ujar Seto dalam sesi konferensi pers jelang laga, Kamis (30/6/2022).


        Tidak lengkapnya skuat PSS, menurut Seto, akan sama situasinya dengan Persib yang tidak bisa menurunkan pemain asingnya karena cedera. Persib kemungkinan turun dengan skuat lokal.


        Namun, Seto memandang hal itu tidak menjadi kendala karena Persib dihuni oleh beberapa pemain Timnas. Marc Klok, Ricky Kambuaya, dan Rachmat Irianto berpeluang diturunkan. Seto akan tetap waspada.


        “Memang ada beberapa pemain yang cedera dan akumulasi jadi mungkin tidak full team. Saya pikir Persib juga hampir sama dari info yang saya dapat, tapi kualitas pemain Persib memang punya kualitas yang mumpuni, banyak pemain timnas,” papar Seto.


        Justru Seto mengaku beruntung bisa menghadapi Persib di masa pramusim ini. Persib akan memberikan pelajaran berharga untuk skuatnya jelang tampil di laga sesungguhnya di kompetisi Liga 1 2022-2023.


        “Kami merasa beruntung, di sini kami banyak belajar bahwa notabenenya waktu di Solo saya sampaikan di grup ini (Grup C) tim-tim yang kuat, llima besar di kompetisi tahun lalu. Kami bersyukur bisa belajar dari Persib, mudah-mudahan menjadikan kami lebih baik untuk di kompetisi,” beber Seto

        Head to Head
        11 Februari 2022           Liga 1 2021-2022          PSS Sleman 1-2 Persib Bandung
        22 Oktober 2021            Liga 1 2021-2022          Persib Bandung 4-2 PSS Sleman
        19 April 2021                 Piala Menpora 2021      PSS Sleman 1-1 Persib Bandung
        16 April 2021                 Piala Menpora 2021      Persib Bandung 2-1 PSS Sleman
        15  Maret 2020              Liga 1 2020                     Persib Bandung 2-1 PSS Sleman
        7 Desember 2019          Liga 1 2019                    PSS Sleman 0-0 Persib Bandung
        30 Agustus 2019           Liga 1 2019                    Persib Bandung 1-0 PSS Sleman
        18 Februari 2016           Bali Island Cup 201       Persib Bandung 4-2 PSS Sleman
        20 Oktober 2007            Ligina                              PSS Sleman 1-1 Persib ­Bandung
        22 Maret 2007               Ligina                               Persib Bandung 2-1 PSS Sleman
        24 Juli 2005                   Ligina                               Persib Bandung 3-0 PSS Sleman
        10 April 2005                 Ligina                               PSS Sleman 0-1 Persib Bandung
        30 November 2004       Ligina                               Persib Bandung 2-1 PSS Sleman
        9 Mei 2004                     Ligina                               PSS Sleman 3-3 Persib Bandung

        5 Laga Terakhir Persib Bandung
        21 Juni 2022          Piala Presiden 2022           Persib Bandung 1-0 Bhayangkara FC
        17 Juni 2022          Piala Presiden 2022           Persebaya Surabaya 1-3 Persib Bandung
        12 Juni 2022          Piala Presiden 2022           Persib Bandung 1-1 Bali United
        5 Juni 2022             Uji Coba                               Persib Bandung 6-1 Tanjong Pagar
        1 Juni 2022             Uji Coba                               Persib Bandung 10-0 Renggali Batam Selection

        5 Laga Terakhir PSS Sleman
        27 Juni 2022         Piala Presiden 2022            PSS Sleman 1-0 Dewa United
        24 Juni 2022         Piala Presiden 2022            PSIS Semarang 5-2 PSS Sleman
        16 June 2022        Piala Presiden 2022            Persita Tangerang 0-2 PSS Sleman
        11 June 2022        Piala Presiden 2022            Persis Solo 0-0 PSS Sleman
        31 Maret 2022      Liga 1 2021-2022                Persija Jakarta 0-2 PSS Sleman


        Perkiraan Susunan Pemain
        Persib Bandung (4-3-3):
        Fitrul Dwi Rustapa; Henhen Herdiana, Achmad Jufriyanto, Rachmat Irianto, Zalnando; Ricky Kambuaya, Marc Klok, Dedi Kusnandar; Erwin Ramdani, Ezra Walian, Frets Butuan
        Pelatih : Robert Rene Alberts

        PSS Sleman (4-3-3):
        Muhammad Ridwan; Bagus Nirwanto, Marckho Meraudje, Purwaka Yudi, Syafiul Ramadhan; Manda Cingi, Ze Valente, Wahyu Sukarta; Komarudin, Boaz Solossa, Irkham Mila
        Pelatih : Seto Nurdiantoro. (*)

        jn

        0 Komentar
        Tinggalkan Komentar
        Cancel reply
        0 Komentar
        Tidak ada komentar
        Berita Lainnya
        Budiman Waspadai Serangan Balik PSS yang Bikin Persib Tersingkir di Piala Presiden 2022
        Bertandang ke Markas PSS Sleman, David da Silva Bertekad Tambah Koleksi Gol
        Persib Boyong 22 Pemain Bertandang ke Markas PSS Sleman, Ini Daftarnya
        Sudah Pulih dari Cedera, Dokter Tim Persib Izinkan Bechkam Putra Ikut ke Sleman
        Persiapan Hadapi PSS Sleman, Skuat Persib Bandung Kembali Latihan Selasa Ini
        Berita Terdahulu

        Data Statik Covid-19


        DATA COVID-19 INDONESIA

        😷 Positif:

        😊 Sembuh:

        😭 Meninggal:

        (Data: kawalcorona.com)

        Ads


        Klasemen Liga Indonesia

        Tim M Point
        1 PSM Makassar 4 10
        2 Madura United 4 10
        3 Persikabo 1973 4 10