Hot News


Opini


  • Urgensi Perubahan RTRW Jawa Barat
    Urgensi Perubahan RTRW Jawa Barat

    TERKAIT penataan ruang, amanat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja memang berbeda dengan amanat UU 26 Tahun 2007 Tentang Penataan Ruang.

    VIRAL 2021: Pentingnya Literasi Digital bagi Kehidupan Berbangsa

    • Selasa, 21 Desember 2021 | 18:12:00 WIB
    • 0 Komentar


    VIRAL 2021: Pentingnya Literasi Digital bagi Kehidupan Berbangsa

    JuaraNews, Bandung - Perkembangan teknologi dan penetrasi internet yang pesat harus disertai dengan peningkatan literasi digital masyarakat. Semakin tinggi pemahaman literasi digital, semakin bijak masyarakat dalam mengakses internet dan memfilter konten negatif, termasuk hoaks.

     

    Pemprov Jabar berkomitmen untuk terus meningkatkan literasi digital. Komitmen tersebut terejawantah dalam kegiatan Festival Literasi Digital Jawa Barat 2021 atau Viral 2021 di Saung Angklung Udjo dan Universitas Widyatama, Selasa (21/12/2021).

     

    Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik (IKP) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jabar Faiz Rahman menuturkan, Viral 2021 merupakan ikhtiar Pemprov Jabar dalam meningkatkan kesadaran dan kecakapan literasi digital sekaligus memperluas penyebaran informasi baik serta menangkal hoaks.

     

    "Melek literasi digital adalah hal utama yang dibutuhkan agar masyarakat dapat bertransformasi dalam percepatan pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19," kata Faiz di Kantor Diskominfo Jabar, Kota Bandung, Selasa (21/12/2021).

     

    "Literasi digital diharapkan dapat meningkatkan produktivitas masyarakat, membuat UMKM naik kelas dengan on boarding ke platform e-commerce. Sehingga internet bisa memberi nilai tambah ekonomi bagi seluruh lapisan masyarakat," imbuhnya.

     

    Terdapat tiga kegiatan besar dalam Viral 2021 yakni workshop dan webinar literasi digital, awarding, dan entertainment. Workshop literasi digital berlangsung di Universitas Widyatama, Selasa (21/12/2021). Sedangkan awarding dan entertainment berjalan di Saung Angklung Udjo.

     

    Workshop literasi digital sendiri dibagi menjadi 5 kelas dengan jumlah peserta 30 orang per kelas. Adapun kelas dalam workshop tersebut yaitu kelas cek fakta, kelas videografis, kelas podcast, kelas copy writing, dan kelas data pribadi.

     

    Dalam Viral 2021, akan ada 7 awarding. Pertama, Sandikamimania Award untuk instansi penerbitan sertifikat elektronik laporan hasil terbanyak penyelenggaraan urusan persandian dan instansi komitmeten implementasi SMKI tahun 2021.

     

    Kedua, Jabar Saber Hoaks Award untuk Warginet Saberhoax, Mitra JSH dan Apresiasi Media Saberhoax. Ketiga, KIM Award untuk lifetime achievement, pengelolaan KIM terbaik dan tokoh KIM Jabar. Keempat, Relawan TIK Award untuk Jawara Digital, Tokoh Peduli Literasi Digital dan Mitra Literasi.

     

    Kelima, E-Government Award untuk Kawasan Desa Digital Terbaik dan Desa Digital Terbaik. Keenam, Humas Jabar Award untuk perlombaan pengelolaan media sosial di tingkat perangkat daerah, kota/kabupaten, kecamatan, kelurahan, desa dan pesantren di Jawa Barat.

     

    Awarding terakhir adalah Lifetime Achievement Award untuk penghargaan dan penghormatan kepada Kelompok Informasi Masyarakat yang terus berjuang tanpa lelah menanamkan semangat literasi digital dengan terjun langsung kepada masyarakat.

     

    Faiz mengatakan, awarding tersebut sebagai apresiasi kepada para insan literasi yang telah berjuang memberikan kontribusi dalam pelayanan informasi dan literasi digital kepada masyarakat.

     

    "Pemda Provinsi Jabar terus menggalakan pembangunan infrastruktur TIK, penyiapan SDM untuk dapat menaikkan indeks literasi digital masyarakat sampai ke tingkat desa. Jabar terus berkomitmen untuk menekan angka kesenjangan digital di perdesaan dan perkotaan," ucapnya.

     

    Selain itu, Pemprov Jabar akan menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan 7 kabupaten/kota tentang replikasi Jabar Saber Hoaks. Adapun ketujuh kabupaten/kota itu, yakni Kabupaten Subang, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Garut, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cirebon, Kota Bandung, dan Kota Tasikmalaya.

     

    Selain itu, Pemprov Jabar intens mendorong masyarakat untuk menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif. Tujuannya meningkatkan kemampuan untuk mengidentifikasi hoaks serta mencegah dampak negatif internet yang berpotensi memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

     

    Viral 2021 sendiri hasil kolaborasi Pemprov Jabar, Relawan TIK Jabar, Jabar Saber Hoaks, Jabar Digital Service, Aptikom Jabar, Pintu Bahasa, Frasa Media, Ais Jabar, Gerakan Literasi  Gareulis Jabar, IPPNU Jabar, FK KIM Jabar, PGRI Jabar, FTBM Jabar, NXG, Komtik Jabar, Telkom Reg 3, Infiniteens Genre. (*)

    jn

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Gubernur Ridwan Kamil Pertimbangkan Bangun Kampung Inggris di Jabar
    Kena Sanksi dari PDIP lalu Minta Maaf, Arteria Dahlan Dilaporkan ke Polisi
    Dorong Melek Digital, Atalia Minta Ibu-ibu Jangan Curahkan Kekesalan di Media Sosial
    Kesbangpol Jabar Fokus Cegah Penyebaran Paham NII di Garut
    Meski Gelar Musda, Ketua DPD Partai Demokrat Jabar Diputuskan DPP
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Iklan DPRD KBB Hari Pahlawan 2021

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads