free hit counter code Tingkatkan Ekonomi, KAI dan Pemprov Jabar Komitmen Manfaatkan Jalur Kereta Api Peninggalan Belanda - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Tingkatkan Ekonomi, KAI dan Pemprov Jabar Komitmen Manfaatkan Jalur Kereta Api Peninggalan Belanda
    Direktur Utama PT KAI Persero Didiek Hartantyo

    Tingkatkan Ekonomi, KAI dan Pemprov Jabar Komitmen Manfaatkan Jalur Kereta Api Peninggalan Belanda

    • Kamis, 18 November 2021 | 12:03:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - PT KAI dan Pemprov Jabar membahas rencana peningkatan ekonomi masyarakat dalam memanfaatkan moda dan jalur kereta api peninggalan kolonial Belanda ke wilayah Jabar Selatan, melalui program reaktifasi.


    Pembahasan tersebut dilaksanakan dalam Webinar "Geliat Ular Besi Dalam Meningkatkan Perekonomian di Jawa Barat" beberapa waktu lalu.


    Keynote speak Gubernur Ridwan Kamil menyampaikan, Jabar berpenduduk 50 juta jiwa, harus punya koneksifitas yang proporsional. Transfortasi tidak hanya mengandalkan jalan tol, tetapi harus ada transfortasi lainnya. Ia mencontohkan di Eropa, masyarakatnya mengandalkan moda kereta api yang dinilai lebih efektif untuk mengurai kemacetan.


    "Kita mempunyai peninggalan jalur kereta dari kolonial yang bisa kita reaktifasi untuk digunakan kembali, ini modal kita. Reaktifasi jalur Bandung Garut sudah dilakukan, Kedepan akan dilanjut ke wilayah jabar selatan, sumedang dan pangandaran, yang sudah ada jalur peninggalan Belanda," ucapnya.


    Keynote Speak lainya, Direktur Utama PT KAI Persero Didiek Hartantyo menyampaikan, PT kereta api mengalami beberapa kali perubahan, terakhir menjadi PT KAI persero. Perubahan tersebut berdampak positif terhadap kemajuan perkereta apian di Indonesia.


    Menurutku, Kereta api sangat penting bagi Jawa Barat, untuk perekonomian, pariwisata dan transportasi. Dilihat sejarah, jalur kereta yang menuju tempat pariwisata di Jabar banyak, sayangnya jalur jalur tersebut belum mendapatkan reaktifasi untuk dapat kambali digunakan. Oleh karena itu proyek reaktifasi sedang direncanakan, baru Bandung-Garut yang sudah jadi, yang lainnya masih perencanaan dengan perhubungan dan stikholder lainnya.


    Menurut Didiek, reaktifasi bisa menggenjot pariwisata Jabar, juga memudahkan laju perekonomian kota dan daerah, karena kapasitas gerbong yang besar, juga ada konektifitas integrasi bidang lainnya, yang ujungnya berimbas pada perekonomian.


    Mewujudkan visi kereta api, menjadi solusi transfortasi, akan bisa tercapai jika ada kolaborasi sinergi dengan berbagai pihak. Tentunya kereta api sebagai operator dan kebijakan insfrastruktur adalah pemerintah.


    Diketahui pendapatan PT KAI saat ini adalah dari angkutan logistik yang meningkat, namun dari angkutan penumpang disaat pandemi menurun. Berdasarkan itulah kedepan harus ada keseimbangan dalam pendapatan PT KAI, anatara logistik dan penumpang, saat ini sedang direncanakan.


    "Kami menyambut baik ajakan Gubernur Jabar, untuk membangun potensi pariwisata di jabar, mari bersama dengan Dirjen Perkeretaapaian dan Perhubungan, mereaktifasi jalur peninggalan belanda agar dapat digunakan kembali," ucapnya.


    Kedepan pula, lanjut Didiek, PT KAI menjadi leading sponsor kereta api cepat, harapannya nanti akan muncul integrasi konektivitas di stasiun padalarang dan stasiun bandung. untuk itu diharapkan kerjasama dengan pemprov dan pemda.


    Pembicara Webinar Jhoni Martinus selaku Vice Presiden Public Relasion PT KAI menyampaikan, ditahun 2019 volume penumpang dan barang di kereta api stabil, namun sejak 2020 adanya pandemi covid-19, volume turun drastis dan 2021 masih terjadi penurunan, tetapi PT KAI akan berusaha bangkit dan keluar dari krisis ini.


    "Kami melihat adanya potensi besar melalui industri besar yang bisa menggunakan jasa angkutan si ular besi (kereta api), seperti garmen, makanan minuman, dll, ini akan kita gali potensinya untuk meningkatkan pendapatan PT KAI persero," kata Jhoni


    Jhoni katakan, tahun 2020 ada 33 mitra binaan yang di handle PT KAI, yaitu di sektor industri, perdagangan dan pertanian, yang tersebar di Jawa Barat. Selain itu juga ada kerjasama pendanaan dengam UMK yang jumlahnya bervariasi, saat pandemi mengalami penurunan, tetapi PT KAI akan upayakan terus, agar dapat kembali normal. "Kami akan membuka kerjasama untuk membangkitkan perekonomian di Jabar, dengan mengoptimalkan moda kereta api," ucapnya.

    Pembicara Weninar Pengamat Ekonomi Unpas Acuviarta Cartobi menjelaskan, mengembalikan aktifitas perekonomian dipasca pandemi, harus bertahap. Rencana Reaktivasi jalur selatan Bandung-Ciwidey apabila sudah terealisasi, dampaknya akan luar biasa positif.

    "Karena berdasarkan studi dan penelitian dari luar negri, meningkatkan transfortasi kereta api, sangat berdampak pada perekonomian masyarakat, karena nilai efisien kost yang dihasilkan menggunakan moda transfortasi kereta api,"

    Menurutnya, Jabar memiliki jumlah penduduk banyak, berdampak tingkat kemacetan tinggi. Semua pihak berharap agar solusi kereta api mendapat fokus serius dari pemerintah. Acuviarta katakan, jangan terbuai oleh kereta cepat, tetapi bagaimana kereta api bisa terjangkau oleh semua lapisan masyarakat, hal ini akan mengatasi berbagai persoalan, salahsatunya mengatasi persoalan harga minyak dunia yang terus meningkat, dan kereta api adalah solusinya. (*)

    bas

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Wasapada, Peredaran Uang Palsu Pasca Lebaran
    Pengguna KAI Comummter Naik 7% Selama Lebaran 2024
    Cerita Pegawai PLN Tak Mudik Demi Amankan Listrik
    Dirut PLN Lakukan Inspeksi SPKLU Jalur Mudik
    Layanan Operasional Terbatas & Weekend Banking

    Editorial



      sponsored links