PT POS

Cedera Fibula, Ini yang Terjadi pada Kaki Atlet atau Pemain Bola



Cedera Fibula, Ini yang Terjadi pada Kaki Atlet atau Pemain Bola

 

JuaraNews, Bandung – Cedera Fibula menjadi sesuatu yang ditakutkan oleh atlet, terlebih lagi oleh pemain bola. Sejumlah pemain pernah mengalami cedera ini seperti Dedi Kusnandar, Kim Jefrey Kurniawan, dan belakang kiper Persib Muhamad Nasthir.

 

Cedera fibula adalah kondisi terganggunya tulang betis bagian bawah, apakah itu retak, patah, atau pecah. Selain fibula, terdapat pula kondisi tibia (tulang kering) yang sama bisa dialami atlet atau pemain bola. Fraktur tibia lebih umum terjadi karena tulang ini merupakan bagian penting dari lutut dan sendi kaki serta berfungsi menopang sebagian besar berat badan Anda.

 

Pada kondisi ini, biasanya penderita cedera fibula sulit menapakan kaki secara utuh. Dokter Orthopedi dan Traumalogi Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Dr. Andri Primadi, SpOT., mengatakan, untuk menapakkan kaki secara penuh umumnya membutuhkan waktu 12-16 minggu. Namun, katanya, hal itu tergantung pada pola patah tulang dan tak ada cedera lain di sekitar tulang patah tersebut.

 

Kondisi lain akibat cedera ini, katanya, adalah kondisi engkel yang mengalami kaku sehingga telapak kaki hanya bisa naik 90 derajat. Andri mengatakan, penyebab kaku terjadi dari terbentuknya pelengketan dan timbulnya jaringan parut (fibrosis) di dalam sendi. “Bisa juga disebabkan adanya kontraktur pada tendon Achilles akibat lama diistirahatkan,” katanya.

 

Untuk sembuh, bisa melatih sendiri engkel secara bertahap atau menjalani fisioterapi untuk merehabilitasi fungsi engkel tersebut. “Apabila tidak berhasil dengan fisioterapi, dokter Anda akan mempertimbangkan tindakan operasi dalam mengatasi hal tersebut,” katanya.

 

Cedera fibulla pernah dialami oleh Gelandang Persib Bandung Dedi Kusnandar. Pemain yang karib disapa Dado itu mengalami patah tulang fibula saat Persib bermain kontra PSM Makassar pada 24 Oktober 2018. Cedera ini membuat Dado menepi dua bulan lebih.

 

Dado, panggilan akrabnya, menjalani masa pemulihan bersama dokter dan fisioterapis tim, Benediktus Adi Prianto. Dado saat itu melakukan sejumlah latihan khusus, seperti latihan beban untuk penguatan otot.

Secara disiplin, Dado melahap semua program penyembuhan baik di dalam rumah maupun bersama fisioterapis.  Kini, Dado sudah kembali pulih dan bermain seperti biasa. (*)

 

*Dari berbagai sumber

ude

0 Komentar
Tinggalkan Komentar
Cancel reply
0 Komentar
Tidak ada komentar
Berita Lainnya
Cedera Fibula, Ini yang Terjadi pada Kaki Atlet atau Pemain Bola
Vaksin Covid-19 Mengandung Mikrochip Magnetis, Ini Penjelasan Kemenkes
Selama Ini Banyak yang Bertanya-tanya, Aprilia Manganang Dipastikan Seorang Laki-laki
Sanghyang Tikoro, Terowongan Air tempat Kebocoran Danau Purba Bandung
Gunung Sinabung Kembali Erupsi, Antisipasi Abu Vurkanik Masyarakat Diimbau Memakai Masker
Berita Terdahulu

Data Statik Covid-19


DATA COVID-19 INDONESIA

😷 Positif:

😊 Sembuh:

😭 Meninggal:

(Data: kawalcorona.com)

Ads