free hit counter code Ribuan Karyawan Pabrik di Bekasi Selalu Berkerumun, Satgas Lacak Covid-19 dengan Swab Test - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Jabar Juara


Opini


  • Hejo Tapi Teu Ngejo
    Hejo Tapi Teu Ngejo

    PROVINSI Jawa Barat memilik Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2015 Tentang Pengelolaan Jasa Lingkungan Hidup. Perda tersebut didasari Undang-Undang Nomor 42 Tahun 2009.

    Ribuan Karyawan Pabrik di Bekasi Selalu Berkerumun, Satgas Lacak Covid-19 dengan Swab Test
    SWAB test masif di Kawasan Industri MM2100, Kabupaten Bekasi, Kamis (3/12/2020).

    Ribuan Karyawan Pabrik di Bekasi Selalu Berkerumun, Satgas Lacak Covid-19 dengan Swab Test

    • Jumat, 4 Desember 2020 | 08:54:00 WIB
    • 0 Komentar

     

    JuaraNews, Bandung – Belasan ribu karyawan di Kawasan Industri  MM2100 Kabupaten Bekasi di-swab test oleh Satgas Covid-19 Provinsi Jawa Barat, Kamis (3/12/2020). Swab tes dimaksudkan untuk melacak dan memutus mata rantai Covid di daerah itu.

     

    Swab test diselenggarakan kerja sama Satgas Penanganan Covid-19 Jawa Barat, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi dan Forum Komunikasi Koordinasi Sumber Daya Manusia (FKKSM) MM2100.

     

    Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Jabar Daud Achmad mengatakan, swab test di kawasan industri merupakan kolaborasi sejumlah pihak. BNPB menyediakan perlengkapan swab test. Sedangkan, tenaga medis berasal dari Satgas Penanganan Covid-19 Jabar dan Kabupaten Bekasi.

     

    “Ini logistiknya. Alat tesnya kita dapat dari BNPB melalui pengadaan 12.000 alat tes. Tenaga kesehatannya ini dari Satgas Kabupaten bekerja sama dengan Satgas Provinsi,” kata Daud.

     

    Menurutnya, TNI/Polri turut terlibat dalam pengetesan tersebut. Mereka bertugas mengamankan jalannya pengetesan.  Selain untuk memutus mata rantai penularan dan mencegah munculnya klaster industri, pengetesan bertujuan memastikan pekerja dalam keadaan sehat. Setelah Kawasan Industri MM2100, Satgas Penanganan Covid-19 Jabar  akan menggelar tes di kawasan industri lainnya.

     

    “Pihak TNI dan Polri bersama-sama ikut mengamankan ini dan ke depan kita akan terus berkolaborasi untuk bisa melakukan testing-testing yang lebih banyak lagi,” ucapnya.

     

    “Nanti kita akan ke kawasan industri di Subang, minggu depan ada di Jababeka, mungkin kita ke kawasan-kawasan lain. Sementara ini kita (fokus) di industri, nanti juga akan ke segmen yang lain,” imbuhnya.

     

    Wakil Ketua Divisi Penanganan Kesehatan Satgas Penanganan Covid-19 Jabar Letkol Asep Sugiharto mengatakan, swab test digelar untuk menindaklanjuti beberapa kerumunan yang melibatkan karyawan pabrik. “Kegiatan tes swab di kawasan industri yang saat ini dilakukan sebenarnya langkah dari pemerintah setelah adanya kerumunan masa beberapa waktu yang lalu. Seperti demonstrasi dan kerumunan lainnya,” kata Asep.

     

    Ketua Forum Komunikasi Koordinasi Sumber Daya Manusia (FKKSM) Kawasan Industri MM2100 yang juga ketua penyelenggara swab test, Vidi Christianto, melaporkan, swab test melibatkan 72 perushaan dan 13.000 karyawan.

     

    Rencananya, kata Vidi, swab test masif ini akan digelar selama satu pekan, sehingga dalam sehari pihaknya akan mengetes sekitar 2.200 karyawan. (*)

    ude

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Tetep: Terminal Singaparna Perlu Direlokasi
    Rekapitulasi KPU Prabowo-Gibran Kuasai Jabar
    KPU Jabar Enggan Disebut Lelet, Ini Alasannya
    BMKG Soal Hujan dan Angin Kencang Melanda Bandung
    Hasyim Sindir KPU Jabar Tidak Hadir di Rapat Pleno

    Editorial



      sponsored links