Wabah Corona Masih Mengancam, PON XX Papua Terpaksa Ditunda

Wabah Corona Masih Mengancam, PON XX Papua Terpaksa Ditunda

JuaraNews, Bandung – Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 ditunda. Multievent yang sedianya diselenggarakan pada 20 Oktober-2 November 2020 di Papua, ditunda karena adanya wabah atau pandemi Virus Corona atau Covid-19.

 

Penundaan berdasarkan kesepakatan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI dengan Komisi X DPR RI, Selasa (14/4/2020). “Kami sepakat PON XX  ditunda karena pandemi Covid-19,” kata Ketua Komisi X DPR, Syaiful Huda, Rabu (15/4/2020).

 

Huda menyebut  Menpora Zainudin Amali akan berkonsultasi terlebih dulu dengan Presiden Joko Widodo. “Hingga kapan penundaannya, tanggal, bulan dan tahunnya, kita serahkan ke Menpora setelah berkonsultasi dengan presiden,” tambahnya.

 

Menurut laporan Menpora, seluruh tahapan persiapan PON XX terganggu akibat pandemi Covid-19. Salah satunya terkait pengadaan alat olahraga yang seharusnya dilakukan lewat lelang pada bulan ini dan tidak dapat terlaksana.

 

“Untuk pengadaan alat olahraga, seharusnya tahapan pelaksanaan lelang dilakukan pada bulan ini dan tuntas pada Juni-Juli 2020. Namun itu tidak bisa dilaksanakan karena negara-negara pembuat peralatan olahraga itu tidak siap karena pandemi Covid-19 juga. Alat olahraga itu mungkin ada yang harus dibeli di Eropa, China, atau Jepang. Praktis nggak bisa,” terangnya.

 

Selain itu, kesiapan atlet yang akan berlaga di PON XX dinilai terganggu akibat wabah virus corona. Juga kesiapan venue PON yang dinilai tidak bisa maksimal karena Papua sudah melakukan pembatasan sejak bulan lalu.

 

“Dari hasil rapat, kita sepakat jika pembangunan venue tetap harus jalan. Selama ini sebenarnya tetap berjalan, namun tidak maksimal,” tegasnya.

 

Wacana penundaan PON XX sendiri sudah mengemuka dalam satu bulan terakhir. Bahkan Gubernur Papua, Lukas Enembe, sudah meminta Presiden Jokowi mempertimbangkan jadwal penyelenggaraan PON XX karena situasi pandemi virus corona.(*)

ude

0 Komentar
Tinggalkan Komentar
Cancel reply
0 Komentar
Tidak ada komentar
Berita Lainnya
Pendaftaran Wartawan Peliput PON Papua Diperpanjang
Marc Marquez Berhasil Jalani Operasi Kedua
Batal Pemusatan Latihan di Korea, Tim Menembak Jabar Malah Punya Waktu Panjang
Tim Bulutangkis Jabar Targetkan 2 Medali Emas
Tim Basket 5X5  PON Jabar Masih Latihan Secara Virtual
Berita Terdahulu

Editorial


    walikota

    Data Statik Covid-19


    DATA COVID-19 INDONESIA

    😷 Positif:

    😊 Sembuh:

    😭 Meninggal:

    (Data: kawalcorona.com)

    Ads


    Klasemen Liga Dunia

    Tim M Point
    1. Liverpool 38 99
    2. Manchester City 38 81
    3. Manchester United 38 66
    4. Chelsea 38 66
    Tampilkan Detail

    Klasemen Liga Indonesia

    Tim M Point
    1 Persib Bandung 3 9
    2 Bali United 3 7
    3 PSIS Semarang 3 6