free hit counter code Jabar Berduka, Solihin GP Wafat di Usia 97 Tahun - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Jabar Berduka, Solihin GP Wafat di Usia 97 Tahun
Bey Machmudin saat Mengujungi Rumah Alm Solihin GP

Jabar Berduka, Solihin GP Wafat di Usia 97 Tahun

BANDUNG iNewsBandungraya.id - Gubernur Jabar periode 1970-1975 Solihin Gautama Purwanegara atau yang akrab dikenal dengan Solihin GP tutup usia, Selasa (5/3/2024) dini hari, pukul 03.09 WIB. 

 

Almarhum Solihin GP pernah menjabat sebagai anggota MPR pada tahun 1998 berpulang di usia 97 tahun di Rumah Sakit Advent, Kota Bandung. 

 

Penjabat Gubernur Jabar, Bey Machmudin mengunjungi rumah duka di Jalan Cisitu Indah, Dago, Kota Bandung, Selasa (5/3/2024). 

 

"_Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun_, saya atas nama Pemprov Jabar dan warga Jawa Barat menyampaikan duka cita mendalam atas berpulangnya Mang Ihin. Saya doakan almarhum meninggal dalam husnulkhatimah dan diterima seluruh amalnya serta mendapat tempat yang mulia di sisi Allah subhanahu wa taala," kata Bey di rumah duka. 

 

"Beliau Gubernur Jawa Barat periode 1970- 1975, walaupun sudah lama, tapi kita tetap kenang jasa-jasa beliau sebagai gubernur dan saya rasa kita semua tahu bahwa almarhum adalah tokoh besar Jawa Barat dan tokoh nasional. Banyak yang kehilangan atas berpulangnya Pak Solihin GP," kata Bey. 

 

Bey mengatakan, Solihin GP merupakan sosok negarawan, tokoh yang selalu memikirkan kemajuan bangsa walau di usia senjanya. 

 

"Saya bersama Presiden Jokowi pernah menemui Pak Solihin, dan waktu itu almarhum menitipkan revitalisasi DAS Citarum. Beliau walaupun usia sepuh tetap memikirkan kepentingan bangsa dan negara," ujarnya. 

 

Bey mengungkapkan, saat itu almarhum Solihin GP meminta revitalisasi Citarum juga direplikasi di banyak tempat di Jabar. 

 

"Jadi artinya ketegasannya dalam memimpin, keteladanan beliau menjadi contoh bagi kita dalam memimpin. Kita sangat kehilangan," ucap Bey. 

 

Solihin GP dikenal sebagai sesepuh Jawa Barat, pejuang lingkungan dan pendiri Dewan Pemerhati Kehutanan dan Lingkungan Tatar Sunda (DPKLTS). 

 

Rencananya jenazah Solihin GP akan dibawa ke rumah keluarga besar di Jalan Cisitu Indah, Dago, Bandung, pada pukul 07.00 - 09.00. 

 

Kemudian jenazah almarhum akan dibawa ke Mako II Kodam III Siliwangi di Jalan Sumbawa, Kota Bandung, sekitar pukul 09.30 hingga 12.30,  lalu dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Cikutra, Bandung, pukul 13.30. (*)

bas

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Bey Ingin Sumedang Kembali Jadi Paradijs van Java
Bonus Demografi Sumber Daya Pembangunan Produktif
Target Angka Penurunan Stunting  Masih Jauh
Bey Machmudin Lantik Tiga Penjabat Kepala Daerah
Legislator Minta Permasalah RKB Segera Diatasi

Editorial



    sponsored links