free hit counter code PERSIB VS PSM; Tekad Lanjutkan Tren Kemenangan - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


  • Dewan Dorong Sosialisasi PLKA di KBB
    Dewan Dorong Sosialisasi PLKA di KBB
    • 29 Februari 2024 | 11:01:00 WIB

    KOMISI II DPRD Provinsi Jawa Barat menyebutkan Laboratorium Kimia Agro di SPBBPTP Dan Holtikultura Kabupaten Bandung Barat.

Daftar Pemain


    Editorial


      Jadwal Liga


      PERSIB VS PSM; Tekad Lanjutkan Tren Kemenangan
      (juaranews) Persib menjamu PSM pada laga Pekan 21Liga 1

      PERSIB VS PSM; Tekad Lanjutkan Tren Kemenangan

      • Senin, 4 Desember 2023 | 12:25:00 WIB
      • 0 Komentar

      JuaraNews, Bandung - Tim Persib Bandung bakal melakoni laga Pekan 21 Liga 1 2023-2024 kontra PSM Makassar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Senin (4/12/2023) mulai pukul 19.00 WIB.

       

      Persib sendiri dalam kepercayaan diri tinggi setelah melewati 13 laga tanpa kekalahan. Bahkan rekor unbeaten tersebut dipertajam dengan dominasi Maung Bandung pada laga terakhirnya di Pekan 20 saat membantai Dewa United 5-1 di Stadion Indomilk Arena, Tangerang, 26 November lalu.

       

      Catatan Persib dalam 5 laga terakhir pun cukup memukau dengan meraih 3 kemenangan dan 2 hasil imbang. Berkat hasil tersebut, kini tim asuhan Pelatih Bojan Hodak pun bertengger di peringkat 2 klasemen sementara, dengan raihan 38 poin.

       

      Laga Pekan 21 ini pun bakal dijadikan ajang bagi Persib untuk membalas kekalahan pada putaran pertama lalu. Dimana pada laga yang digelar di Stadion Gelora BJ Habibie, Parepare, 22 Juli 2023 lalu, Maung Bandung ditekuk PSM dengan skor telak 4-2.

       

      Sementara PSM, saat ini berada di posisi 10 dengan 26 poin atau terpaut 12 poin dari Persib. Kendati demikian, tim Juku Eja pun dalam kepercayaan diri tinggi setelah meraih kemenangan 3-0 atas Arema FC pada Pekan 20 lalu. Sedangkan pada pekan sebelumnya bermain imbang 1-1 dengan RANS Nusantara. Dan dalam 5 laga terakhir, PSM hanya kalah 1 kali, sisanya diakhiri dengan 2 kemenangan dan 2 hasil imbang.


      Persib sendiri berpeluang memperpendek jarak dengan Borneo FC yang berada di puncak klasemen sementara. Hal tersebut bisa terjadi, setelah Borneo bermain imbang 0-0 dengan Barito Putera, Sabtu (2/12/2023).

       

      Saat ini Persib mengoleksi 38 poin, terpaut 7 poin dari Borneo dengan 45 poin yang telah melakoni laga ke-21. Jika berhasil mengalahkan PSM, maka koleksi poin Persib menjadi 41 atau hanya tertinggal 4 poin dari Borneo.

       

      Namun Persib pun harus waspada, karena jika tergelincir, posisinya akan disalip peringkat 4 Bali United yang pada Minggu (4/12/2023) sore, menghadapi Arema FC. Jika Bali yang kini mengoleksi 36 poin tersebut menang, sedangkan Persib kalah, maka tim Serdadu Tridatu bakal naik ke posisi 2 dengan 39 poin atau unggul 1 poin dibanding Maung Bandung. Bahkan ke depan, Persib bisa disalip juga oleh PSIS Semarang di peringkat 3 dengan 37 poin yang baru melakoni laga ke-20, pekan ini atau memiliki 1 tabungan laga.

       

      Article Banner

      Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak meraih gelar Coach of The Month edisi Oktober 2023 dari PT Liga Indonesia Baru (LIB). Piala penghargaan diberikan jelang kick-off laga Persib kontra Dewa United di Stadion Indomilk Arena, Tangerang, Minggu (26/11/2023) lalu. (foto: persib.co.id)

       

      Pelatih Persib Bojan Hodak sendiri menargetkan bisa meraih kemenangan atas PSM. Hodak menegaskan, tampil di kandang harus menjadi motivasi pasukannya untuk meraih kemenangan. Selain itu, skuat Maung Bandung juga harus bisa melanjutkan tren kemenangan dalam pertandingan besok malam.


      “Kami main di kandang dan harus fokus untuk tetap mengamankan posisi atas klasemen,” ungkap Hodak dalam sesi konferensi pers jelang laga di Graha Persib, Jalan Sulanjana Kota Bandung, Minggu (3/12/2023).


      Hodak mengakui, bukan hal mudah mengamankan 3 poin dari tamunya tersebut. Apalagi, PSM yang pernh ditangani pada musim 2020 lalu tersebut semakin kuat dengan masuknya sejumlah pemain baru. Tapi, menurut Hodak, timnya sudah menjalani persiapan dengan baik, dan itu jadi modal berharga untuk menghadapi tim Juku Eja. Apalagi kepercayaan diri anak-anak asuhnya sedang bagus setelah meraih kemenangan besar pekan lalu.


      “PSM mendatangkan pemain baru dan punya kekuatan. PSM adalah tim bagus dan punya sejarah. Tapi setelah melawan Dewa United, kami menjalani persiapan yang bagus,” ucapnya.

       

      Kendati demikian, Hodak mengingatkan anak-anak asuhnya tetap waspada menghadapi tim tamu. Menurutnya, PSM belakangan mulai menunjukan grafik menanjak, apalagi sejak hadir beberapa rekrutan baru, seperti Victor Mansaray.


      “Ini akan menjadi laga yang sulit. Makassar sudah berbenah, mereka mendatangkan pemain baru, dan dalam 5-6 laga terakhir mereka terus membaik dan kami harus berhati-hati. Mereka bermain dengan rapat, bagus ketika melakukan counter attack,” jelas Hodak.

       

      Rahasia Sang Juru Taktik PSM Makassar Bernardo Tavares - KabarMakassar.Com

      Pelatih PSM Makassa Bernardo Tavares saat mendampingi timnya di ajang Piala AFC 2023-2023 kontra Hai Phong FC di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, Kamis (30/11/2023). (foto: kabarmakassar.com)

       

      Dari kubu PSM, Pelatih Bernardo Tavares menilai laga kontra Persib, sangat penting bagi timnya. Kemenangan pada laga nanti dibutuhkan tim Juku Eja untuk memperbaiki posisinya di papan klasemen sementara. Untuk itu, Tavares sudah mempersiapkan pasukannya dengan matang untuk menghadapi Maung Bandung yang tampil di hadapan para pendukungnya sendiri.


      "Pertandingan besok, sangat penting bagi kedua tim, yang harus dihadapi dengan persiapan guna membangun masa depan yang lebih baik," ungkap Tavares dalam sesi konferensi pers jelang laga di Graha Persib, Jalan Sulanjana Kota Bandung, Sabtu (3/12/2023).


      Pelatih asal Portugal ini pun percaya dengan kemampuan anak-anak asuhnya untuk bisa mendapatkan hasil positif pada laga nanti.

       

      "Saya percaya kepada para pemain saya, saya harapkan kami bisa tetap fokus sejak menit pertama sampai akhir, dan kami tidak perlu lagi berpikir tentang apa yang sudah terjadi," ujarnya.


      Tavares sendiri menilai Persib mempunyai kedalaman skuat yang baik. Karena itu, absennya salah satu pemain, seperti Alberto Rodriguez yang terkena akumulasi kartu, tidak menjadi keuntungan bagi timnya. Pasalnya, Persib dihuni pemain-pemain berkualitas yang bisa menggantikan peran Alberto.

       

      Namun menurut Tavares, yang lebih penting adalah timnya harus menganalisa faktor apa yang membuat Persib tak terkalahkan dalam 13 laga terakhir.


      “Jadi saya tidak melihat itu sebagai keuntungan bagi kami. Tentu kami juga harus bisa menganalisa kenapa Persib tidak bisa terkalahkan dalam beberapa pertandingan, karena mereka merupakan tim dengan barisan depan terbaik dan barisan pertahanan terbaik juga,” pungkasnya.

       

      Rekor Pertemuan PSM Berada di Atas Angin
      Dari rekor pertemuan dalam 2 musim terakhir, PSM berada di atas angin. Bahkan Persib memiliki rekor yang buruk saat bertemu PSM dalam 3 pertemuan terakhir di ajang Liga 1.

       

      Pada pertemuan pertama musim ini, PSM membantai Persib 4-2 saat berlaga di Stadion Gelora BJ Habibie, Parepare.

       

      Sementara dalam 2 kali pertemuan musim lalu, PSM menyapu bersih kemenangan dari Persib. Kekalahan Persib oleh PSM, bahkan bisa dibilang paling menyakitkan bagi Maung Bandung. Saat bertandang ke Stadion BJ Habibie, 29 Agustus 2022, Marc Klok dan kawan-kawan dibantai 5-1 oleh tuan rumah.

       

      Kemenangan PSM terulang pada pertemuan kedua di Stadion Pakansari yang jadi homebase Persib saat itu. Persib yang kala itu dilatih Luis Milla ditekuk dengan skor 2-1 pada 14 Februari 2023. Kekalahan tersebut menghentikan tren positif Persib yang tak terkalahkan dalam 15 laga terakhirrnya saat itu. Terakhir, Persib berhasil mengalahkan PSM pada putaran kedua Liga 1 2021-2022 dengan skor 2-0. 

       

       

      Soal hal tersebut, Coach Hodak mengatakan, apa yang terjadi di masa lalu dan sekarang itu merupakan hal berbeda. Apalagi kedua tim banyak melakukan perubahan termasuk dalam komposisi pemain dibanding putaran pertama lalu.

       

      Selain itu, seiring berjalannya waktu, setiap tim mengalami perkembangan, begitu juga engan PSM dan Persib.


      "Jadi ini adalah sesuatu yang berbeda. Seperti yang kalian tahu bahwa tahun lalu saya (saat melatih Kuala Lumpur City FC) beberapa kali menghadapi PSM (di Piala AFC) dan mendapatkan hasil positif," ungkap Hodak.


      "Tapi sekarang, mereka adalah tim yang baru, tentunya PSM melakukan banyak perubahan dibanding sebelumnya, dengan hadirnya para pemain baru. Begitupun dengan kita, yang juga mendapatkan beberapa pemain baru," sambungnya.


      Bernardo Tavares pun mengungkapkan hal serupa. Menurutnya, apa yang terjadi pada laga-laga sebelumnya sesuatu yang sudah berlalu, dan tidak perlu lagi diingat-ingat

       

      "Saya rasa apapun yang terjadi itu adalah masa lalu, dan yang harus di hadapi adalah situasi sekarang dan masa depan. Dan hari besok adalah sesuatu hal yang sangat berbeda. Jadi kita tidak bisa membandingkan apa yang terjadi di masa lalu, sekarang, dan nanti," jelas Tavares dalam sesi konferensi pers jelang laga.


      Pelatih asal Protugal tersebut menilai, saat ini Persib adalah tim yang berbeda, dengan dihuni banyak pemain berkualitas, dan juga lebih mahal dibanding milik PSM.


      "Sebagai contoh perbandingan, kami mempunyai 2 pemain (Adilson da Silva dan Ze Paulo) dari Divisi 3 Liga Portugal. Sedangkan Persib baru saja bisa merekrut 1 pemain (Stefano Beltrame) dari Divisi 1 di Liga Portugal. Jadi dengan itu, bisa menjadi senjata yang berbeda," ucapnya. 

       

      Secara head to head dalam 21 pertemuan terakhir kedua klub, PSM unggul tipis dari Persib. Total sejak musim 2007, PSM memenangkan 8 laga, sedangkan Persib 7 laga, dan sisa 6 laga lainnya berakhir dengan hasil imbang.

       

      Dalam urusan mencetak gol, PSM dan Persib saling membalas. Dalam 21 pertemuan tersebut, PSM unggul tipis margin 3 gol, dimana tim Juku Eja membobol gawang Persib sebanyak 29 kali, dengan Maung Bandung mencetak 26 gol.

       

      Komposisi Pemain yang Berbeda
      Kedua pelatih yang sama-sama menargetkan kemenangan dipastikan akan menurunkan skuat terbaiknya untuk meraih hasil maksimal. Namun pada laga Pekan 21 ini, kedua tim melakukan sedikit perubahan komposisi pemainnya pada aktivitas bursa transfer paruh musim.

       

      Penjelasan Bojan Daratkan Stefano Beltrame ke Persib – Persib Bandung dan  Olahraga Jawa Barat Berita Online | simamaung.com

      Penyerang anyar Persib Bandung Stefano Beltrame sudah mengikuti latihan bersama di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani Kota Bandung, Kamis |(30/11/2023). (foto: simamaung.com)

       

      Dari kubu tuan rumah, Pelatih Persib Bojan Hodak mendapat tambahan 3 pemain anyar, dan melepas 6 pemainnya. Ketiga pemain anyar tersebut yakni kiper asal Filipina, Kevin Ray Mendoza; gelandang serang Italia, Stefano Beltram; dan kembalinya bek kanan Henhen Herdiana. Sementara 6 pemain yang dilepas, yakni I Putu Gede, Eriyanto, Daisuke Sato, Robi Darwis, Levi Madinda, dan Tyronne del Pino.


      Datangnya 3 pemain anyar tersebut bakal mengubah starting line up Persib pada laga kontra PSM nanti. Ketiganya hampir dipastikan bakal masuk lapangan pada laga nanti. Henhen yang sebenarnya merupakan pemain lama tidak menemui hambatan, karena akan menempati posisi yang I Putu Gede Juni Antara. Hodak pun kemungkinan akan menurunkannya sebagai starter.

       

      Sedangkan bagi Kevin dan Stefano yang benar-benar baru bergabung, tetap berpeluang melakoni laga debut, karena secara administrasi sudah memenuhi syarat. Kebugaran fisik keduanya pun cukup baik untuk merumput. Namun peluang Kevin untuk jadi starter lebih besar dibanding Stefano. Pasalnya, dibanding Stefano, Kevin sudah cukup beradaptasi dengan cuaca Indonesia.

       

      Kevin yang baru datang dari Malaysia, tidak mengalami kendala dengan suhu udara Indonesia yang relatif panas. Sementara Stefano yang baru datang dari Eropa dimana sedang musim dingin, agak terkendala dengan suhu panas di Indonesia.

       

      Karena itu, Kevin kemungkinan besar bakal jadi starter, terlebih kondisi kiper utama Persib, Teja Paku Alam yang baru pulih dari cedera. Sementara bagi Stefano, Coach Hodak menjanjikan akan menurunkannya, namun tidak secara penuh, hanya sekitar 10-15 menit.


      "Ada peluang bagi keduanya, tapi lebih besar peluang untuk Kevin. Teja cedera 2 hari di pekan ini, jadi peluangnya masih fifty-fifty. Teja sudah berlatih normal hari ini dan kemarin, jadi bagus di posisi ini karena bisa memainkan keduanya, tidak ada masalah mengenai itu," ungkap Hodak dalam sesi konferensi pers jelang laga di Graha Persib, Jalan Sulanjana Kota Bandung, Minggu (3/12/2023).


      "Mengenai Stefano, dia datang dari Eropa yang mana di sana memasuki musim dingin. Jadi dia datang dari daerah yang suhunya -2 dan di sini bisa mencapai 30 derajat. Dia masih butuh waktu," sambungnya.


      Stefano sendiri sejatinya diproyeksikan menggantikan peran Levy Madinda di sektor gelandang serang. Namun karena Stefano masih perlu adaptasi cuaca, pos ini kemungkinan bakal diberikan kepada Febri Haryadi, yang pada pekan lalu melakoni comaback saat menghadapi Dewa United.

       

      Dalam formasi 4-2-3-1, pemain bernomor punggung 13 tersebut akan berkolaborasi Ciro Alves dan Bechkam Putra Nugraha, yang berdiri di belakang ujung tombak David da Silva. Ketiganya akan berada di depan 2 gelandang bertahan yang masih akan dipercayakan kepada kapten tim Marc Anthony Klok dan Dedi Kusnandar.

       

      Sementara Henhen akan menempati posisi bek kanan yang sebelumnya diisi Putu Gede, berduet dengan Rezaldi Hehanussa di bek kiri yang sebelumnya selalu ditempati Daisuke Sato. Sedangkan di posisi center bek, untuk laga kali ini tidak bisa diisi Alberto Rodriguez yang terkena hukuman akumulasi kartu kuning.


      Sebagai ganti Alberto, untuk berduet dengan Nick Kuipers, Coach Hodak akan menurunkan bek muda Kakang Rudianto. Nah, di posisi penjaga gawang, Kevin bakal melakoni debutnya menggantikan Teja Paku Alam untuk mengawal gawang Maung Bandung.


      Sementara itu dari kubu PSM, Coach Tavares juga melakukan perubahan formasi pemainnya dibanding putaran pertama lalu. PSM mendapatkan striker Victor Mansaray menggantikan Wiljan Pluim yang hengkang ke Borneo FC. Mansaray sendiri tercatat sudah mencetak 3 gol dalam 3 laga yang baru dilakoninya.

       

      Victor Mansaray Menjanjikan! Meski Gagal Persembahkan Kemenangan PSM Makassar di Laga Debut

      Striker Victor Mansaray mencetak gol di laga debutnya bersama PSM Makassar kontra Persija Jakarta pada Pekan 18 Liga 1 2023-2024 di Stadion BJ Habibie, Parepare, Jumat (3/11/2023) malam. Dalam 3 laga yang baru dilakoninya, Mansaray telah mencetak 3 gol. (foto: tribuntimur.com)

       

      Selain Mansaray, PSM juga mendatangkan Ze Paulo, Amir Hamzah, Ifan Nanda, dan Joao Pedro. Dari 5 pemain anyar tersebut, hanya Amir Hamzah yang belum mendapatkan menit bermain, sedangkan 4 pemain lainnya sudah melakoni debut dan mempersembahkan kemenangan.


      Sedangkan untuk pemain yang keluar, selain Wiljan Pluim, pemain lainnya yang hengkang yakni Rizky Pellu, Kike Linares, dan Everton Nascimento.


      Dengan komposisi baru tersebut, Tavares lebih leluasa menurunan formasi terbaiknya. Dalam skema 5-3-2, Mansaray akan kembali berduet dengan Adilson da Silva yang pada laga terakhirnya mecetak 2 gol saat PSM menekuk Persikabo 3-1.


      Duet pemain Amerika Serikat dan Portugal tersebut, akan didukung para gelandang serang seperti Yakob Sayuri, M Dzaki Asraf Huwaidi, dan pemain Jepang, Kenzo Nambu. Di lini pertanahan, Akbar Tanjung dan Arfan bakal menempati sektor gelandang bertahan, berada di depan 3 bek, yakni M Daffa Salman, Safrudin Tahar, dan Yuran Fernandes. Sementara kawan tim Juku Eja akan dipercayakan kepada Muhamad Ardiansyah.

       

      Pemain PSM Makassar, Kenzo Nambu melakukan selebrasi usai mencetak bola ke gawal Persib Bandung pada laga BRI Liga 1 di Stadion Gelora BJ Habibie, Parepare, Sulawesi Selatan, Sabtu (22/7/2023). FOTO : IDHAM AMA

      Pemain PSM Makassar Kenzo Nambu melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Persib Bandung pada Pekan 4 Liga 1 2023-2024 di Stadion Gelora BJ Habibie, Parepare, Sabtu (22/7/2023). Laga berakhirdengan skor 4-2 untuk kemenangan PSM. (foto: net)

       

      Head to Head
      22 Juli 2023              Liga 1 2023-2024        PSM Makassar 4-2 Persib Bandung
      14 Februari 2023       Liga 1 2022-2023        Persib Bandung 1-2 PSM Makassar
      29 Agustus 2022       Liga 1 2022-2023        PSM Makassar 5-1 Persib Bandung
      22 Februari 2022       Liga 1 2021-2022        PSM Makassar 0-2 Persib Bandung
      2 Oktober 2021         Liga 1 2021-2022        Persib Bandung 1-1 PSM Makassar
      22 Desember 2019    Liga 1 2019                 Persib Bandung 5-2 PSM Makassar
      18 Agustus 2019       Liga 1 2019                 PSM Makassar 3-1 Persib Bandung
      24 Oktober 2018       Liga 1 2018                PSM Makassar 1-0 Persib Bandung
      23 Mei 2018              Liga 1 2018                Persib Bandung 3-0 PSM Makassar
      26 Januari 2018        Piala Presiden 2018     Persib Bandung 0-1 PSM Makassar
      15 Oktober 2017       Liga 1 2017                PSM Makassar 2-1 Persib Bandung
      5 Juli 2017                Liga 1 2017                Persib Bandung 2-1 PSM Makassar
      6 Februari 2017         Piala Presiden 2017     Persib Bandung 1-0 PSM Makassar
      29 Oktober 2016       TSC 2016                   PSM Makassar 2-2 Persib Bandung
      2 Juli 2016                TSC 2016                   Persib Bandung 3-2 PSM Makassar
      30 Mei 2010              ISL 2009                    Persib Bandung 2-0 PSM Makassar
      14 Oktober 2009       ISL 2009                    PSM Makassar 2-1 Persib Bandung
      14 Februari 2009       ISL 2008                    Persib Bandung 0-0 PSM Makassar
      15 November 2008    ISL 2008                    PSM Makassar 1-1 Persib Bandung
      20 Mei 2007              Divisi Utama 2007       Persib Bandung 0-0 PSM Makassar

       

      Lima Laga Terakhir Persib Bandung
      26 November 2023     Dewa United 5-1 Persib Bandung
      8 November 2023       Persib Bandung 2-2 Arema FC
      1 November 2023       Madura United 1-0 Persib Bandung
      28 Oktober 2023        Persib Bandung 4-1 PSS Sleman
      21 Oktober 2023        Borneo FC 1-1 Persib Bandung

       

      Lima Laga Terakhir PSM Makassar
      20 October 2023        PSM Makassar 3-0 Arema FC
      30 October 2023        RANS Nusantara 1-1 PSM Makassar
      3 November 2023       PSM Makassar 2-3 Persija Jakarta
      12 November 2023     Dewa United 1-1 PSM Makassar
      23 November 2023     PSM Makassar 3-1 Persikabo 1973

       

      Perkiraan Susunan Pemain

      Foto Tim PERSIB BANDUNG
      Persib Bandung (4-2-3-1)
      Kevin Ray Mendoza; Henhen Herdiana, Kakang Rudianto, Nick Kuipers, Rezaldi Hehanussa; Marc Anthony Klok, Dedi Kusnandar; Febri Haryadi, Bechkam Putra Nugraha, Ciro Alves; David da Silva
      Cadangan: Teja Paku Alam; Victor Igbonefo, Achmad Jufriyanto, Edo Febriansah, Rachmat Irianto, Ferdiansyah, Ryan Kurnia, Arsan Makarin, Stefano Beltrame, Ezra Walian
      Pelatih: Bojan Hodak

       

      Foto Tim PSM MAKASSAR

      PSM Makassar (3-5-2)
      Muhamad Ardiansyah; Yuran Fernandes, Safrudin Tahar, M Daffa Salman, Akbar Tanjung, M Arfan; Yakob Sayuri, M Dzaki Asraf Huwaidi, Kenzo Nambu; Victor Mansaray, Adilson Gancho da Silva
      Cadangan; M Reza Arya Pratama; Rasyid Assahid Bakri, Ricky Pratama, Ananda Raehan Alief, Victor Jonhson Benjamin Dethan, Joao Pedro da Silva Freitas, Jose Paulo de Oliveira Pinto, M Rizky Eka Pratama, Irfan Nanda Pratama, Yance Sayuri
      Pelatih: Bernardo Tavares Fernando Jose

       

      Klasemen
                                           M  M  S  K Gm-Gk    P
      2. Persib Bandung     20 10 8   2   42-25   38
      11. PSM Makassar    20  7  5 8    26-23    26. (*)

      Oleh: deni mulyana sasmita / den

      0 Komentar

      Tinggalkan Komentar


      Cancel reply

      0 Komentar


      Tidak ada komentar

      Berita Lainnya


      Kevin Mendoza Senang Rasakan Kemenangan Perdana
      Main Stabil dalam 90 Menit Kunci Kemenangan Persib
      Revisi Kartu Merah Komdis Dinilai tak Profesional
      Tekuk PSIS 3-0, Persib Kembali Duduki Posisi 2
      Babak 1, Aksi Stefano Bawa Persib Ungguli PSIS 2-0

      Klasemen Liga Indonesia

      Tim M Point
      1 Borneo FC 26 60
      2 Persib Bandung 26 45
      3 PSIS Semarang 26 43

      Klasemen Liga Dunia

      Tim M Point
      1. Liverpool 20 45
      2. Aston Villa 20 42
      3. Manchester City 19 40
      4. Arsenal 20 40
      Tampilkan Detail