free hit counter code Laga Hidup-mati, Indonesia Wajib Kalahkan Maroko - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Laga Hidup-mati, Indonesia Wajib Kalahkan Maroko
    (juaranews) Maroko hadapi Indonesia di Piala Dunia U-17 2023

    Piala Dunia U-17 2023

    Laga Hidup-mati, Indonesia Wajib Kalahkan Maroko

    • Kamis, 16 November 2023 | 03:27:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Timnas Indonesia akan melakoni laga hidup-mati menghadapi Maroko U-17 pada Matchday 3 Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya (GBT), Kamis (16/11/2023) mulai pukul 19.00 WIB.

     

    Hasil laga pamungkas di penyisihan Grup A tersebut akan menentukan langkah tim Garuda Muda untuk lolos ke babak 16 Besar. Dengan mengalahkan Maroko, dipastikan tim asuhan Pelatih Bima Sakti bakal melenggang ke babak perdelapan final.

     

    Saat ini, Indonesia menempati posisi 3 dengan raihan 2 poin, tertinggal dari Ekuador di puncak klasemen dengan 4 poin, dan Maroko di peringkat 2 dengan 3 poin. Dua poin Indonesia diraih setelah 2 hasil imbang dengan Ekuador dan Panama dengan skor identik, 1-1. Sementara itu, urutan terakhir ditempati Panama dengan 1 poin.

     

    Dengan tambahan 3 poin di laga pamungkas, nantinya, Indonesia bakal mengoleksi 5 poin, menyalip Maroko. Bahkan Indonesia bisa lolos dengan status juara Grup A, jika pada laga lain di waktu yang sama, Ekuador kalah oleh Panama. Sedangkan jika Ekuador menang, maka Indonesia akan menempati posisi runner-up, yang tetap lolos otomatis ke 16 Besar mendampingi juara grup.

     

    Sementara jika hanya meraih 1 poin atau bermain imbang dengan Maroko, peluang Indonesia melenggang ke babak gugur menipis, karena sangat tergantung laga tim-tim lainnya. Indonesia masih bisa terus melaju, jika Panama kalah oleh Ekuador, sehingga menempatkan Garuda Muda di posisi 3 untuk bersaing memperebutkan 4 tiket dari jalur peringkat 3 terbaik.

     

    Namun setelah di posisi itu pun masih bergantung pada laga-laga di grup lainanya, yang akan menentukan raihan poin para peringkat 3 di masing-masing grup. Hal tersebut tentunya sangat beresiko bagi Arkhan Kaka dan kawan-kawan. Apalagi peringkat 3 di 3 grup lainya, sudah mengoleksi poin tiga.

     

    Diketahui, dalam klasemen sementara peringkat 3 terbaik, 3 tim teratas diisi oleh Iran, Uzbekistan, dan Jepang yang sama-sama mengemas 3 poin. Namun Iran unggul produktivitas dan selesih gol, yaknai 4-4, lalu Auzbekista 3-3, dan Jepang 2-3. Sementara Indonesia hanya mengoleksi 2 poin dengan selisih gol 2-2.

     

    Karena itu, untuk memastikan langkah ke 16 Besar, Indonesia wajib menang atas Maroko. Coach Bima Sakti pun menyakinkan anak-anak asuhnya bahwa Indonesia bisa mengalahkan Maroko.

     

    "Harus yakin [lolos], harus yakin. Kita sudah telanjur basah nih, kita bisa kok, bangsa Indonesia bisa. Bersaing dengan Ekuador yang notabene langganan Piala Dunia di semua level. Panama juga bagus, nanti Maroko mereka bagus, kita harus maksimal lagi," kata Bima Sakti seusai laga melawan Panama di Stadion GBT, Senin (13/11/2023) malam.

     

    Coach Bima sendiri menegaskan, tinya bakal bermain lepas pada laga nanti. Pelatih 47 tahun itu menekankan bahwa ia tidak mau memberikan beban berlebih kepada anak-anak asuhnya di partai pamungkas tersebut.

     

    "Di pertandingan ketiga kita nothing to lose saja, karena sejak awal kita sudah dianggap underdog. Karena sejak awal kita dianggap bisa main di Piala Dunia karena status sebagai tuan rumah, tetapi kita bisa buktikan," ungkap Bima.

     

    "Jadi kita yang pertama nothing to lose, kita berusaha untuk bisa memenangkan pertandingan dan Insyaa Allah kita bisa," sambungnya.

     

    Bima pun meminta doa dan dukungan masyarakat Indonesia agar timnya bisa memberikan penampilan terbaik pada laga pamungkas Grup A tersebut.

     

    "Kita juga minta doa dan dukungan dari para pecinta sepak bola, Semoga kita di hari Kamis kita bisa bermain lebih baik lagi," tegas Bima.

     

    Indonesia Lawan Paling Berat bagi Maroko

    Sementara itu, di kubu lawan, Pelatih Maroko U-17, Said Chiba tak mau lengah memandang remeh calon lawannya yang merupkan tim tuan rumah. Pasalnya, laga tersebut pun sangat krusial bagi Maroko, setelah hanya mengoleksi 4 poin hingga Matchday 2 lalu, setelah kalah oleh Ekuador 0-2, dan menang 2-0 atas Panama.

     

    Karena itu, kemenangan juga menjadi wajib untuk diraih pada laga pamungkas tersebut agar memastikan lolos ke babak 16 Besar. Namun menurut Coach Chiba, tidak akan mudah mengalahkan Indonesia di laga nanti. Dia menilai, Indonesia punya kualias. Hal tersebut terbukti dengan 2 hasil imbang yang didapat Indonesia saat berhadapan dengan Ekuador dan Panama.

     

    "Mereka (Timnas Indonesia U-17) tim yang sangat bagus, saya bahkan cukup terkejut dengan kualitas mereka di pertandingan pertama lawan Ekuador," kata Chiba.

     

    "Mereka bermain sangat rapi, ada banyak pemain bagus, seperti pemain nomor 18 (Riski Afrisal), pemain nomor 11 (Jehan Pahlevi), striker mereka (Arkhan Kaka) juga sangat bagus. Mereka layak mendapatkan respek," sambungnya.

     

    Di sisi lain, Chiba khawatir dengan kebugaran para pemainnya saat menghadapi Indonesia. Dia menyebut, stamina pasukannya sudah terkuras habis selepas menghadapi Panama dan Ekuador.

     

    “Kami akan berusaha mengembalikan kebugaran para pemain. Cuaca di Indonesia sangat berbeda dengan banyak negara, namun kami akan berusaha mengikuti ritme pesaing kami dengan cara terbaik,” ujar Chiba.

     

    Chiba pun menganggap Indonesia bakal menjadi lawan paling berat di Grup A. Namun Chiba bertekad membawa pasukannya memenangi laga dan lolos ke 16 Besar.

     

    “Tujuan kami adalah lolos (ke 16 Besar). Tetapi kami harus memilih pemain yang siap secara fisik untuk memainkan pertandingan ketiga di level ini. Sekarang kami akan bekerja untuk mempersiapkan elemen kami, serta memperbaiki kesalahan di pertandingan kedua dan mencari efektivitas yang lebih dalam menyerang,” paparnya.

     

    Chiba pun menyadari motivasi Indonesia untuk menang begitu tinggi, apalagi pada laga nanti akan didukung langsung oleh supporter tim tuan rumah. Karena itu, Chiba menyebut Indonesia merupakan lawan terberat.

     

    “Saya perkirakan menghadapi timnas Indonesia akan sulit, karena kita akan menghadapi tim yang bermain di kandang, dan di depan para suporternya. Mereka akan termotivasi untuk mencapai hasil positif, dan tim yang menjadi tuan rumah kegiatan olahraga besar sering menunjukkan keinginan untuk bersinar,” tutur Chiba.

     

    Untuk itu, Chiba meminta anak-anak asuhnya meningkatkan kewaspadaan dan fokus selama melakoni laga.


    .
    “Kami harus lebih berhati-hati melawan Indonesia. Kami harus mengambil antisipasi penuh, dan mempersiapkan pertandingan dengan sebaik-baiknya untuk mencapai hasil positif,” pungkasnya.

     

    Head To Head
    -

     

    5 Laga Terakhir Maroko U-17 :
    13 November 2023      Piala Dunia U-17     Panama U-17 0-2 Maroko U-17
    10 November 2023      Piala Dunia U-17     Maroko U-17 0-2 Ekuador U-17
    16 Februari 2023          Persahabatan         Ceko U-17 0-0 Maroko U-17
    18 Januari 2023           Persahabatan         Maroko U-17 1-1 Prancis U-17
    29 Oktober 2013          Piala Dunia U-17     Maroko U-17 1-2 Pantai Gading U-17

     

    5 Laga Terakhir Indonesia U-17
    13 November 2023      Piala Dunia U-17      Indonesia U-17 1-1 Panama U-17
    10 November 2023      Piala Dunia U-17      Indonesia U-17 1-1 Ekuador U-17
    29 Oktober 2023          Uji Coba                     Indonesia U-17 4-0 Torpedo Moscow U-17
    20 Oktober 2023          Uji Coba                     Indonesia U-17 2-3 Koln U-17
    17 Oktober 2023          Uji Coba                      Indonesia U-17 1-1 SV Meppen

     

    Perkiraan Susunan Pemain
    Maroko U-17 (4-2-3-1)
    Taha Benrhozil; Abdelhamid Ait Boudlal, Ismail Bakhti, Naoufel El Hannach, Fouad Zahouani, Mehdi Akoumi, Mohamed Amine Katibam, Ayoub Chaikhoun, Zakaria Ouazane, Mohamed Hamony, Ayman Ennair
    Cadangan: Mohamed-Amine Ezzarhouni, Hamza Jlid; Yasser El Aissati, Nassim Azaouzi, Hamza Koutoune; Adam Boufandar, Saifdine Chlaghmo, Abdelhamid Maali, Imran Nazih, Anas Alaoui
    Pelatih: Said Chiba

     

    Indonesia (4-2-3-1)
    Ikram Algiffari; Welberlieskott Jardim, Iqbal Gwijangge, Sulthan Zaky, Mohamad Andre Pangestu; Ji Da Bin, Figo Dennis, Muhammad Kafiatur Rizky; M Riski Afrisal, Jehan Pahlevi; Arkhan Kaka
    Cadangan: Andrika Fathir; Rizdjar Subagja Nurviat, Habil Akbar Abdillah, Tonci Ramandei, Achmad Zidan Arrosyid, M Hanif Ramadhan, Rifky Tofani, Amar Brkic, M Nabil Asyura, M Aulia Rahman
    Pelatih: Bima Sakti.

     

    Klasemen Sementara Grup A

    POSISI

    TIM

    MAIN

    MENANG

    SERI

    KALAH

    JUMLAH GOL

    POIN

    1

    Ekuador

    2

    1

    1

    0

    3-1

    4

    2

    Maroko

    2

    1

    0

    1

    2-2

    3

    3

    Indonesia

    2

    0

    2

    0

    2-2

    2

    4

    Panama

    2

    0

    1

    1

    1-3

    1

     

    Hasil dan Jadwal Pertandingan
    10 November 2023 pukul 16.00 WIB Panama 0-2 Maroko
    10 November 2023 pukul 19.00 WIB Indonesia 1-1 Ekuador
    13 November 2023 pukul 16.00 WIB Maroko 0-2 Ekuador
    13 November 2023 pukul 19.00 WIB Indonesia 1-1 Panama
    16 November 2023 pukul 19.00 WIB Maroko vs Indonesia
    16 November 2023 pukul 19.00 WIB Ekuador vs Panama. (*)

    Oleh: deni mulyana sasmita / den

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    STY Optimis Indonesia Bisa Bersaing di Putaran 3
    Ini 17 Timnas Lawan Berat Indonesia di Putaran 3
    STY Bertekad Berusaha Maksimal di Putaran 3
    Cetak Sejarah, Indonesia Melaju ke Putaran 3
    Ini Daftar Susunan Pemain Indonesia vs Filipina

    Editorial


      Jadwal Liga



      sponsored links


      Klasemen Liga Dunia

      Tim M Point
      1. Manchester City 38 91
      2. Arsenal 38 89
      3. Liverpool 38 82
      4. Aston Villa 38 68
      Tampilkan Detail

      Klasemen Liga Indonesia

      Tim M Point
      1 Borneo FC 34 70
      2 Persib Bandung 34 62
      3 Bali United 34 58