free hit counter code Cerita Mitos Candi Sewu dan Arca Dwarapala - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Cerita Mitos Candi Sewu dan Arca Dwarapala
    Ilustrasi

    Cerita Mitos Candi Sewu dan Arca Dwarapala

    • Kamis, 2 November 2023 | 16:45:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Candi Sewu adalah sebuah Komplek Candi Budha yang terletak di desa bugisan Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten Propinsi Jawa Tengah. Candi ini dibangun pada abad ke-8 Masehi oleh kerajaan Mataram kuno yang berpusat di Jawa Tengah, Candi ini merupakan Candi Budha terbesar di Indonesia dan merupakan bagian dari Komplek Candi Prambanan.

     

    Mitos yang terkait dengan Candi Sewu mengisahkan tentang asal-usul Candi tersebut menurut legenda candi ini didirikan oleh seorang raja yang memiliki seribu istri, namun istri-istri raja tersebut merasa cemburu dan iri satu sama lain mereka berencana untuk membunuh satu sama lain agar menjadi satu-satunya istri yang tersisa.

     

    Untuk menghindari pertumbuhan darah dan memperbaiki hubungan antara istri-istrinya raja memerintahkan pembangunan Candi Sewu. dengan harapan  bahwa dengan membangun Candi ini hubungan di antara istri-istrinya akan membaik dan mereka dapat hidup dalam harmoni.

     

    Namun meskipun Candi tersebut dibangun, hubungan diantara istri-istri raja pun tidak pernah pulih sepenuhnya.

    Dwarapala - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

    Sementara itu Arca Dwarapala adalah sepasang Arca penjaga yang biasanya ditempatkan di pintu gerbang utama candi Hindu dan Budha

     

    Dwarapala berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti "Penjaga Pintu"arca-arca ini seringkali berbentuk pasangan laki-laki dan memiliki ukuran yang lebih besar. Mitos yang terkait dengan Arca Dwarapala yaitu melibatkan kisah mengenai Kekuatan dan keberanian Arca tersebut.

     

    Konon arca-arca Dwarapala memiliki kekuatan magis yang bisa melindungi Candi dari kejahatan dan marabahaya. Diyakini bahwa jika ada niat jahat atau makhluk jahat yang mencoba memasuki Candi, maka Arca Dwarapala akan hidup dan melawan mereka.

     

    Arca Dwarapala sering digambarkan dengan wajah yang mengerikan dan ekspresi yang ganas hal ini dimaksudkan untuk menakut-nakuti makhluk jahat dan melindungi Candi serta orang-orang yang berada di dalamnya.

     

    Arca ini pun seringkali dihiasi dengan atribut simbolis dan senjata seperti pedang, gada, atau tombak yang melambangkan kekuatan dan perlindungan.

     

    Itulah cerita mitos seputar Candi Sewu dan Arca Dwarapala yang menjadi bagian dari warisan budaya dan sejarah Indonesia, yang menggambarkan Kompleksitas dan kekayaan tradisi agama dan seni yang ada di wilayah tersebut. (*)

    Rdsp

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Inilah Beberapa Daerah Bersuhu Dingin di Indonesia
    Misteri Penghuni Jin Kota Gaib Padang 12 Kalbar
    iBooming, Solusi Sukses Afiliasi di TikTok
    Sesar Lembang, Pahami Patahan di Tanah Parahyangan
    Ini Prediksi Fenomena Badai Matahari Akan Terjadi


    sponsored links