free hit counter code Ciri-Ciri Cacar Monyet, Bisa Menular dari Binatang - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Ciri-Ciri Cacar Monyet, Bisa Menular dari Binatang

    Ciri-Ciri Cacar Monyet, Bisa Menular dari Binatang

    • Selasa, 31 Oktober 2023 | 06:15:00 WIB
    • 0 Komentar

     

    JuaraNews, Bandung - Satu kasus cacar monyet ditemukan di Bandung. Penderitanya sedang dirawat di Rumah Sakit Hasan Sadikin. Meski baru satu kasus, masyarakat dan pemerintah harus menutup kasus ini karena berbahaya bagi manusia.

     

    Bagaimana penyakit cacar monyet ini terjadi, perlu diketahui penyakit ini secara lebih jauh. Sebagai salah satu penyakit zoonosis langka, cacar monyet telah dinyatakan sebagai darurat kesehatan global sejak 23 Juli 2022.

     

    Ketentuan tersebut mengharuskan seluruh pemangku kebijakan kesehatan dan masyarakat Indonesia untuk bersiap dan waspada dengan penyebaran kasus monkeypox atau cacar monyet, salah satunya dengan mengenal gejala yang ditimbulkan melalui sumber informasi yang dapat dipertanggungjawabkan.

     

    Mengenal gejala cacar monyet menjadi hal yang sangat penting untuk diketahui dan dipahami oleh masyarakat, hal ini dilakukan untuk mengenali dan mempercepat penanganan ke fasilitas pelayanan kesehatan apabila seseorang mengalami gejala cacar monyet sebelum bertambah buruk.

     

    Gejala Cacar Monyet
    Terdapat tujuh gejala Cacar Monyet yang akan muncul apabila kita terpapar penyakit ini. Gejala tersebut adalah, Sakit Punggung, Nyeri Otot, Sakit Kepala, Demam Akut dengan suhu badan +38,5 derajat celcius, Terjadi pembengkakan kelenjar getah bening di sekitar leher atau selangkangan, dan Asthenia atau kelemahan tubuh.

     

    Pada kulit terjadi ruam pada, yang dimulai dari kemerahan, bintik berair, bintik bernanah hingga keropeng di area wajah, tangan, kaki, mulut, anus, dan alat kelamin

     

    Meski cacar monyet memiliki daya tular dan fatalitas yang cukup rendah apabila bandingkan dengan Covid-19, namun kewaspadaan dan pencegahan masih sangat penting untuk terus dilakukan.

     

    Penularan Cacar Monyet
    Penularan penyakit ini bisa terjadi dari hewan ke manusia, atau dari manusia ke manusia. Virus cacar monyet atau disebut virus mongkeypox juga bisa menular melalui plasenta dari ibu hamil ke janin.

     

    Penularan cacar monyet dari hewan ke manusia terjadi melalui cakaran atau gigitan hewan yang terinfeksi dengan manusia. Selain itu, paparan cairan tubuh atau darah dari hewan buruan juga dapat memicu penularan melalui luka terbuka pada tubuh. Perhatikan juga penggunaan produk hewan (daging) yang terbuat dari hewan yang terinfeksi.

     

    Sedangkan penularan dari manusia ke manusia terjadi melalui kontak langsung dengan luka infeksi, koreng, atau cairan tubuh pengidap cacar monyet. Penggunaan barang-barang pribadi bersama dengan pengidap cacar monyet juga bisa menjadi salah satu proses penularan.

     

    Cacar Monyet di Indonesia
    Di Indonesia, kasus cacar monyet pertama kali muncul pada 20 Agustus 2022. Kemudian, pada 13 Oktober 2023, pemerintah kembali melaporkan kasus cacar monyet. Menurut Kementerian Kesehatan, kasus konfirmasi cacar monyet di Indonesia hingga tanggal tersebut, terdeteksi sebanyak sebanyak 14 kasus.

     

    Penyakit Cacar Monyet sendiri di dunia sebenarnya terjadi pada 1958. Namun penyakit ini belakangan muncul setelah terjadi kasusnya di Amerika Serikat.

     

    Dari karakteristik dari 14 kasus konfirmasi tersebut, paling banyak berusia 25-29 tahun sebanyak 64 persen. Sisanya usia 30-39 tahun sebanyak 36 persen.

     

    Total kematian secara global mencapai 157 kasus, dengan total negara yang terpapar sebanyak 115 negara. Negara yang melaporkan kasus cacar monyet terbanyak adalah Amerika Serikat. Namun, terjadi peningkatan kasus cacar monyet pada Regional South East Asia Region (SEARO) sejak April 2023 dengan negara pelaporan tertinggi, yaitu Thailand. (*)

    ude

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Inilah Beberapa Daerah Bersuhu Dingin di Indonesia
    Misteri Penghuni Jin Kota Gaib Padang 12 Kalbar
    iBooming, Solusi Sukses Afiliasi di TikTok
    Sesar Lembang, Pahami Patahan di Tanah Parahyangan
    Ini Prediksi Fenomena Badai Matahari Akan Terjadi


    sponsored links