free hit counter code Lanjutkan Tren Kemenangan di Kandang - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Daftar Pemain


    Editorial


      Jadwal Liga


      Lanjutkan Tren Kemenangan di Kandang
      (juaranews) Persib Bandung menjamu RANS Nusantara

      PERSIB VS RANS NUSANTARA

      Lanjutkan Tren Kemenangan di Kandang

      • Sabtu, 26 Agustus 2023 | 11:44:00 WIB
      • 0 Komentar

      JuaraNews, Bandung - Tim Persib Bandung bakal melakoni laga berat saat menjamu RANS Nusantara pada Pekan 10 Liga 1 2023-2024 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Sabtu (26/8/2023) mulai pukul 19.00 WIB.


      RANS datang ke GBLA dengan modal rekor 6 laga beruntun tak pernah kalah. Dalam 6 laga tersebut, RANS meraih 2 kemenangan dan 4 hasil imbang. Tiga dari 6 laga tersebut dilakoni tim milik Raffi Ahmad tersebut di kandang lawan, dengan hasil sekali menang, yakni saat mengalahkan Arema FC 1-2, serta 2 kali imbang menghadapi Borneo FC (1-1) dan Persebaya Surabaya (2-2).


      Bahkan secara keseluruhan, dari 4 laga tandang yang dilakoni, RANS belum terkalahkan. Satu lagi partai tandang dimenangkan RANS, yakni saat dijamu Bhayangkara FC dengan skor 1-2 pada Pekan 2 lalu. Kini The Prestige Phoenix berada di papan atas, menempati posisi 4 dengan raihan 6 poin. Sementara Persib berada di peringkat 14 dengan nilai 11.


      Sebaliknya, rekor kandang Maung Bandung tidak begitu menyakinkan. Persib selalu meraih hasil imbang saat bertanding di markasnya. Empat kali menjamu lawan di Stadion GBLA, Persib hanya meraih 4 poin, setelah bermain imbang dengan Madura United (1-1), Dewa United (2-2), Bali United (0-0), dan Barito Putera (1-1).


      Namun menghadapi laga ke-10 ini, Persib memiliki modal berharga setelah pada pekan lalu meraih kemenangan 2-1 atas PSIS Semarang di Stadion Jatidiri, Kota Semarang, Minggu (20/8/2023). Sementara RANS, pekan lalu bermain imbang dengan Dewa United 0-0.


      Menghadapi RANS, bagi Pelatih Persib Bojan Hodak, menjadi tantangan tersendiri. Selain posisi tamunya lebih baik di klasemen sementara, RANS punya catatan apik di lini pertahanan. Dari 9 laga yang sudah dimainkan, RANS baru kebobolan 7 gol, dibanding Persib yang sudah 15 kali kebobolan. Namun untuk urusan mencetak gol, Persib leih baik dengan mencetak 14 gol, sedangan RANS baru 11 gol.


      "Besok adalah pertandingan yang penting bagi kami. Kita tahu RANS adalah tim yang punya catatan minim kebobolan. Pertandingan terakhir meraka 0-0 dengan Dewa United," kata Bojan Hodak dalam sesi konferensi pers jelang laga di Stadion GBLA, Jumat (25/8/2023).


      Bagi Hodak, catatan apik RANS tersebut menjadi tantangan bagus buat timnya. "Tetapi besok kami bermain di rumah sendiri dan penting bagi kami untuk menciptakan momen untuk bisa ciptakan gol dan menang," tegasnya.


      Hodak ingin menyempurnakan kemenangan tandang di Semarang, dengan meraih poin sempurna di kandang untuk pertama kalinya. Tambahan 3 poin, bukan hanya akan meningkatkan posisi Persib di papan klasemen, namun sekaligus mempersembahkan kemenangan perdananya di hadapan para bobotoh.


      Pelatih berpaspor Kroasia ini pun optimistis timnya bisa meraih hasil positif, meski ada beberapa pemain pilar yang belum bisa dimainkan. Hodak tidak bisa meenurunkan 5 pemain andalannya, yakni David da Silva, Teja Paku Alam, I Putu Gede Juni Antara, Beckham Putra Nugraha, dan Robi Darwis.

       

      Namun Hodak tetap optimistis timnya mampu mewujudkan target tersebut, terlebih kembalinya top skorer tim, Ciro Alves seusai menjalani masa hukuman larangan bermain. Juga Dedi Kusnandar sudah bisa dimainkan setelah pulih dari cedera, serta para pemain muda yang mampu menunjukkan kualitasnya saat diberi kepercayaan di laga sebelumnya.


      "Kabar bagusnya, Ciro sudah kembali, dan Dedi sudah pulih, juga para pemain muda yang tampil bagus di pertandingan sebelumnya, membuat saya memiliki banyak pilihan untuk pertandingan besok. Mudah-mudahan besok kami menang lagi, karena kami belum pernah menang di rumah sendiri musim ini," ucap pelatih 52 tahun ini.

       

      RANS Siap Gagalkan Kemenangan Persib
      Dari kubu tim tamu, Pelatih RANS Eduardo Almeida pun menilai menghadapi Persib akan menjadi laga penting bagi timnya untuk bisa melanjutkan tren positif yang belum terkalahkan dalam 6 pertandingan terakhirnya. Sekaligus untuk menggagalkan misi Maung Bandung untuk memetik kemenangan kembali sekaligus raihan 3 poin perdana di kandang musim ini.


      "Kami tahu bahwa besok kita akan memainkan laga yang bagus, dan kami berharap kami bisa melakukan yang terbaik saat datang ke sini. Kami selalu memiliki target yang sama, yaitu menampilkan permainan yang bagus untuk bisa terus mengumpulkan poin," ujar Almeida dalam sesi konferensi pers jelang laga di Stadion GBLA, Jumat (25/8/2023).


      Almeida pun bersyukur, RANS menjadi tim yang memiliki pertahanan terbaik dengan hanya kebobolan 7 gol dalam 9 laga. Menurutnya, dalam setiap pertandingan dirinya selalu menekankan untuk semaksimal mungkin para pemain untuk tidak kebobolan. Bahkan, setelah fokus dan berhasil timnya mencetak gol, para pemain harus mampu bertahan dengan baik untuk bisa meraih kemenangan.


      "Saya selalu bicara kepada para pemain kalau kami bisa tidak kebobolan, kami akan bisa memenangkan pertandingan," lanjutnya.


      Meski posisi di klasemen unggul, Almeida meyakini pertandingan akan berlangsung menarik. Dia menilai Persib merupakan tim yang bagus dengan memiliki para pemain berkualitas. Karena itu bukan perkara mudah mengalahkan Maung Bandung, apalagi saat ini akan bermain di markasnya sendiri.


      "Tentunya, kami akan menghadapi Persib yang berusaha maksimal untuk bisa menang di rumahnya. Namun, kami datang ke sini pun untuk mengerahkan kemampuan terbaik agar bisa meraih poin," ungkapnya.

       

      Statistik Pertemuan, Persib Unggul Mutlak
      Pertemuan Persib kontra RANS sendiri merupakan yang ketiga di ajang kompetis resmi, karena RANS baru promosi ke Liga 1 pada musim 2022-2023 lalu. Pada 2 laga terakhir di ajang Liga 1, tim Maung Bandung selalu sukses meraih kemenangan atas tim The Prestige Phoenix tersebut.


      Pertemuan pertama kedua tim di musim lalu terjadi di Stadion GBLA pada 4 September 2022. Laga di Putaran 1 tersebut berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan Maung Bandung. David da Silva dan Ciro menyumbang masing-masing 1 gol, sedangkan satu-satunya gol RANS dicetak mantan pemain Persib, Wander Luiz.


      Selanjutnya, di pertemuan kedua di Stadion Pakansari, Cibinong Kabupaten Bogor pada 19 Februari 2023, Persib kembali meraih poin sempurna dengan skor 3-1. Gol lagi-lagi dicetak David da Silva dan Ciro Alves, serta 1 lagi gol bunuh diri pemain RANS, Finky Pasamba. Sementara gol bagi RANS dilesakkan Yanis Mbombo.


      Sebelum bertemu di kompetisi resmi, kedua tim memang sudah pernah bertemu sebanyak 4 kali dalam ajang uji coba. Dari 4 laga tersebut, Maung Bandung selalu menang atas RANS yang kala itu masih bernama Cilegon United FC yang berkompetisi di kasta lebih rendah.

       

      Pertemuan pertama terjadi pada 21 Juli 2013 di Stadion Siliwangi Kota Bandung. Saat itu, Cilegon United FC yang berkompetisi di Divisi 1 kalah 1-0 oleh Persib. Dalam 3 laga berikutnya Cilegon United juga tunduk oleh Maung Bandung di laga uji coba. Yakni pada 5 Februari 2015 (5-1), 7 Agustus 2015 (1-0), dan terakhir pada 20 April 2016 di Lapangan Progresif, Kota Bandung yang berakhir dengan kemenangan Persib 3-1.

       

      Perkiraan Susunan Pemain 

      Kedua tim yang sama-sama menargetkan kemenangan bakal menurunkan skuat terbaiknya. Sayangnya, ada beberapa pemain kunci yang tidak bisa diturunkan kedua pelatih. Dari kubu Persib, Coach Hodak tak bisa menurunkan 5 pemain andalannya. Yang paling utama, menepinya juru gedor Persib, David da Silva yang masih menjalani pemulihan cedera. Selain DDS, kiper Teja Paku Alam juga masih cedera


      Dua pemain muda juga tak bisa diturunkan, yakni Bechkam Putra Nugraha dan Robi Darwis yang akan tampil membela timnas Indonesia U-23 di partai final Piala AFF U-23 2023 di Thailand, dalam waktu bersamaan pada Sabtu (26/8/2023) malam WIB. Sedangan satu pemain lagi, tak bisa diturunkan karena masih menjalani hukuman dari Komdis PSSI, yakni I Putu Gede Juni Antara.


      "David absen. Dia mulai berlatih kemarin, tapi tidak siap untuk bertanding. Putu masih menjalani hukuman juga dua pemain di timnas, Beckham dan Robi, dan Teja (cedera). Siapa pengganti Da Silva? Saya akan pikirkan sebelum mengambil keputusan siapa yang akan menggantikannya," ujar Hodak.


      Kendati kehilangan 5 pemain andalan, Hodak tetap optimistis timnya mampu mewujudkan target kemenangan. Pasalnya, Hodak sudah bisa menurunkan sang top skorer Persib, Ciro Alves seusai menjalani masa hukuman larangan bermain. Kapten tim Dedi Kusnandar juga telah pulih dan sudah bisa diturunkan. 


      Ciro sendiri akan menjadi andalan Hodak di lini depan Persib. Ciro bersama 2 gelandang serang lainnya, yakni Levy Madinda, Edo Febriansah, akan mendukung kinerja Frets L Butuan di lini depan. Sedangkan untuk menggalang kekuatan, baik dalam menyerang maupun bertahan, di lini tengah Persib masih ada Marc Klok yang berkolaborasi dengan Rachmat Irianto.


      Sementara di barisan pertahanan, Hodak akan kembali menampilkan komposisi yang sama saat mengalahkan PSIS pekan lalu. Dengan skema, 4-2-3-1, ada 4 bek yang mengawal lini pertahanan, yakni duo center bek jangkung, Nick Kuipers-Alberto Roddriguez yang dibantu wing bek Kakang Rudianto dan Daisuke Sato. Keempat bek tersebut akan mengawal kiper Fitrul Dwi Rustapa di bawah mistar gawang.


      Sedangkan dari kubu tim tamu, RANS juga kehilangan beberapa pemainnya. Selain Abdul Rahman yang harus absen karena timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2023, ada 3 pamain lain yang tak bisa diturunkan karena mengalami cedera. Ketiganya yakni Samsul Arifin, Dallen Doke, dan Kenshiro Daniels.


      Sama halnya dengan Persib yang memiliki Ciro Alves, RANS pun memiliki Mitsuru Maruoka sebagai top skorer tim yang akan men jadi andalan Pelatih Eduardo Almeida. Namun soal pemain andalan yang akan diturunkan untuk meraih misi di GBLA, Almaida berpendapat, semua pemainnya penting dalam sebuah pertandingan, termasuk saat dijamu Maung Bandung Kendati ada beberapa pemain yang menonjol penampilannya, Maruoka yang telah mengoleksi 4 gol dalam 9 laga yang dilakoninya. Namun Almeida enggan berbicara soal penampilan individu pemainnya.


      "Saya tidak menilai performa individu. Semua pemain itu penting. Dia selalu bermain dari awal kompetisi, tetapi sejujurnya saya tidak fokus pada satu pemain, saya fokusnya kepada pemain yang bisa memberikan sesuatu kepada tim," jelas Almeida.


      Maruoka sendiri akan menjadi andalan di lini tengah RANS dalam formasi 4-3-3. Pemain asal Jepang tersebut akan berkolaborasi dengan Paulo Octavianus Sitanggang dan Erwin Ramdani. Ketiganya akan menyokong kinerja 3 penyerang RANS, Antoni Putro Nugroho, Evandro Elmer Brandao, dan Octavio de Barros. Sedangkan di lini belakang, Almeida memasang Angelo Rafael, Francisco Fereira, dan Marckho Sandi yang akan menjadi benteng bagi kiper Hilmansyah.


      Head to Head
      19 Februari 2023            Liga 1 2022-2023          RANS Nusantara 1-3 Persib Bandung
      4 September 2022          Liga 1 2022-2023          Persib Bandung 2-1 RANS Nusantara
      20 April 2016                   Uji Coba                          Persib Bandung 3-1 Cilegon United
      7 Agustus 2015              Uji Coba                           Persib Bandung 1-0 Cilegon United
      5 Februari 2015              Uji Coba                           Persib Bandung 5-1 Cilegon United
      21 Juli 2013                     Uji Coba                          Persib Bandung 2-0 Cilegon United

       

      5 Laga Terakhir Persib Bandung
      20 Agustus 2023      PSIS Semarang 1-2 Persib Bandung
      13 Agustus 2023      Persib Bandung 1-1 Barito Putera
      8 Agustus 2023        Persis Solo 2-1 Persib Bandung
      3 Agustus 2023        Persib Bandung 0-0 Bali United
      28 Juli 2023              Persik Kediri 1-2 Persib Bandung

       

      5 Laga Terakhir RANS Nusantara
      19 Agustus 2023      RANS Nusantara 0-0 Dewa United
      14 Agustus 2023      Arema FC 0-1 RANS Nusantara
      9 Agustus 2023        RANS Nusantara 3-1 Madura United
      4 Agustus 2023        Borneo FC 1-1 RANS Nusantara
      30 Juli 2023              RANS Nusantara 0-0 PSS Sleman

       

       

      Klasemen
                                              M M  S   K  Gm-Gk P
      4. RANS Nusantara      9   4  4   1     11-7 16
      14. Persib Bandung      9   2  5   2    14-15 11

       

      Perkiraan Susunan Pemain
      Persib Bandung (4-2-3-1)
      Fitrul Dwi Rustapa; Nick Kuipers, Alberto Rodriguez, Kakang Rudianto, Daisuke Sato; Marc Anthony Klok, Rachmat Irianto; Levy Madinda, Edo Febriansah, Ciro Alves; Ezra Walian,
      Cadangan: Reki Rahayu, Putra Sheva Sanggasi; Achmad Jufriyanto, Victor Igbonefo, Abdul Aziz, Ryan Kurnia, Eriyanto, Rezaldi Hehanusa, Arsan Makarim, Ferdiansyah, Febri Hariyadi, Frets L Butuan
      Pelatih: Bojan Hodak

       

      RANS Nusantara (4-3-3)
      Hilmansyah; Taufik Hidayat, Angelo Rafael, Francisco Fereira, Marckho Sandi; Mitsuru Maruoka, Paulo Octavianus Sitanggang, Erwin Ramdani; Antoni Putro Nugroho, Evandro Elmer Brandao, Tavinho Octavio de Barros
      Cadangan: Try Hamdani Goentara; Kushedya Hari Yudo, Irfan, Muhamad Fadilla Akbar, Muhamad Syukron, Arief Satria, Ilham Syah, Muhammad Irman, Zidane Pramudiya
      Pelatih: Eduardo Filipe Arroja Almeda. (*)

      den

      0 Komentar

      Tinggalkan Komentar


      Cancel reply

      0 Komentar


      Tidak ada komentar

      Berita Lainnya


      Perkuat Lini Tengah, Persib Rekrut Adam Alis
      Jadwal Persib di Piala Presiden, Laga Awal vs PSM
      Stadion GBLA Resmi Dikelola Persib Bandung
      Persib Harus Naik Level Permainan
      Persib Juara Lebih Luar Biasa dibanding Juventus

      Klasemen Liga Indonesia

      Tim M Point
      1 Borneo FC 34 70
      2 Persib Bandung 34 62
      3 Bali United 34 58

      Klasemen Liga Dunia

      Tim M Point
      1. Manchester City 38 91
      2. Arsenal 38 89
      3. Liverpool 38 82
      4. Aston Villa 38 68
      Tampilkan Detail