free hit counter code Fenomena WNI Pindah Kewarganegaraan ke Singapura - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Fenomena WNI Pindah Kewarganegaraan ke Singapura

    Fenomena WNI Pindah Kewarganegaraan ke Singapura

     

    Oleh : Kelompok 3 Diklat PKP LAN Jatinangor

     

    CINTA tanah air adalah berpikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bangsa dan negara. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Cinta Tanah Air merupakan perasaan yang timbul dari hati seorang warga negara untuk mengabdi, membela, memelihara, melindungi tanah airnya dari berbagai macam ancaman dan gangguan.


    Di era globalisasi, Bangsa Indonesia dilanda oleh banyak krisis, termasuk krisis rasa cinta terhadap tanah air. Salah satu fenomena krisis rasa cinta terhadap tanah air.

     

    Dirjen Imigrasi Indonesia, Silmy Karim, menyatakan selama selama Tahun 2019-2022 ada sebanyak 1.000 warga negara Indonesia (WNI) bertalenta pindah menjadi warga negara Singapura, terdiri dari mahasiswa dan orang-orang yang memiliki keahlian khusus.


    Terdapat beberapa penyebab terjadinya fenomena warga negara Indonesia Pindah kewarganegaraan ke Singapura, diantaranya adalah:


    Kesempatan kerja dan karir lebih baik,Kurang penghargaan dari negara
    Gaji dan tunjangan lebih tinggi,
    Jaminan kesehatan sangat baik,
    Jaminan pendidikan sangat baik
    Infrastruktur yang baik, Transportasi publik yang nyaman.



    Perpindahan warga negara Indonesia ke negara yang lebih maju apabila tidak disikapi, lambat laun akan mengakibatkan kehancuran. Sebuah negara harus terus berubah dan berbenah menuju lebih baik, karena apabila tidak negara tersebut akan punah.



    Dalam hal ini pemerintah harus melibatkan semua unsur masyarakatnya untuk dapat menghadapi perubahan zaman menuju lebih baik, ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh Pemerintah dalam mengatasi “Fenomena Warga Negara Indonesia Pindah Kewarganegaraan Ke Singapura” :


    1.Penghargaan yang layak kepada warga negara yang memiliki keahlian khusus


    Warga akan merasa dihargai oleh Pemerintahan sehingga warga yang berkeahlian khusus akan merasa nyaman untuk berkarir di Indonesia.


    Peningkatan Penegak Hukum
    Warga akan merasa nyaman dalam bekerja dan akan merasa terlindungi kekayaan intelektualnya.


    Mempermudah Birokrasi Bagi Investor Asing,Dengan banyaknya investor asing yang masuk, maka kesempatan kerja dan jenjang karir bagi warga negara terbuka lebar yang akan meningkatkan kesejahteraan warga negara Indonesia sehingga tidak perlu mencari kesejahteraan di negara lain.


    Peningkatan Pelayanan Publik


    Peningkatan pelayanan publik dapat memberikan rasa nyaman kepada warga, perbaikan sarana transportasi publik, pemerataan fasilitas dan kualitas pendidikan, pemerataan fasilitas serta jaminan kesehatan.


    Meningkatkan Rasa Nasionalisme


    Peningkatan rasa cinta tanah air melalui pendidikan formal maupun informal, dikemas sesuai dengan perkembangan zaman, misalnya lebih banyak menggunakan media sosial atau media audio visual yang menarik khususnya bagi warga usia sekolah dasar sampai dengan perguruan tinggi.


    Jangan Lupakan Sejarah


    Besarnya pengorbanan para pahlawan untuk merebut kemerdekaan seharusnya dapat menjadi teladan, jangankan harta, nyawa pun mereka pertaruhkan demi Tanah Air Indonesia. (*)
    <!--Clip_XXXX_230730_085214_633-->

    bas

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Daddy: Patahkan Mitos Gerindra Jabar Jadi Pemenang
    LKPJ Jabar 2023: Prestasi dan Masa Transisi
    Membangun Literasi bagi Gen Z
    Hejo Tapi Teu Ngejo
    • Hejo Tapi Teu Ngejo

      PROVINSI Jawa Barat memilik Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2015 Tentang Pengelolaan Jasa Lingkungan Hidup. Perda tersebut didasari Undang-Undang Selengkapnya..

      • 19 Maret 2024
    Pemilu dan Pewarisan Budaya

    Editorial



      Klasemen Liga Dunia

      Tim M Point
      1. Liverpool 28 64
      2. Arsenal 28 64
      3. Manchester City 28 63
      4. Aston Villa 29 56
      Tampilkan Detail

      Klasemen Liga Indonesia

      Tim M Point
      1 Borneo FC 32 70
      2 Persib Bandung 32 59
      3 Bali United 32 55