free hit counter code PMK di Jabar Menurun, Vaksinasi dan Skrining Hewan Tetap Dilakukan - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    PMK di Jabar Menurun, Vaksinasi dan Skrining Hewan Tetap Dilakukan
    (net)

    PMK di Jabar Menurun, Vaksinasi dan Skrining Hewan Tetap Dilakukan

    JuaraNews, Bandung - Penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak di Jabar menurun signifikan. Kendati demikian, Pemprov Jabar akan terus menggenjot vaksinasi pada hewan ternak.

     

    "Alhamdulillah PMK di Jabar menurun sangat drastis, bahkan pada suatu hari ada nol penambahan," ujar Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum di Kota Bandung, Jumat (29/7/2022).


    "Tetapi tetap vaksinasi yang diprogramkan tetap digalakkan," tambah Uu.


    Dilaporkan, pada tahap awal vaksin yang telah didistribusi ke kabupaten/kota sebanyak 121.200 dosis, dan hingga saat ini telah divaksinasikan sebanyak 97.542 ekor atau sebanyak 80,48 persen. Selain vaksinasi, Wagub Uu mengungkapkan bahwa upaya menekan penyebaran PMK dilakukan dengan skrining hewan ternak yang didatangkan dari luar Jabar. Dengan demikian tim satgas penanganan PMK yang dibentuk sebelumnya masih beroperasi.


    "Penjagaan terhadap hewan yang datang dari daerah luar Jabar tetap dilaksanakan, artinya tim satgas yang dibentuk oleh Pak Gubernur belum dibubarkan, tetap bisa bekerja," jelasnya.


    Uu juga mengatakan setelah Hari Raya Idul Adha, Pemprov Jabar tidak menerima laporan negatif terkait hewan kurban. Ibadah kurban selama Idul Adha terpantau aman dan lancar. Akan tetapi, data menunjukkan bahwa kondisi PMK pada hewan sapi cukup memengaruhi pelaksanaan ibadah kurban pada tahun ini.


    Berdasarkan laporan yang diterima, jumlah total hewan kurban (Sapi, Kerbau, Domba, dan Kambing) tahun 2022 sebanyak 167.145 ekor. Jika dibandingkan dengan tahun 2021 yang sebanyak 219.536, terjadi penurunan penyembelihan hewan kurban sebanyak 24 persen.


    Dari jumlah tersebut, hewan Sapi yang disembelih sebanyak 46.800 ekor, atau menurun 31 persen dari tahun sebelumnya yang mencapai 68.167 ekor. Namun hewan kurban Domba, Kambing, dan Kerbau mengalami peningkatan meski dengan jumlah yang tidak cukup besar.


    Pemotongan kurban untuk ternak Domba sebanyak 118.248 ekor (naik 2 persen), Kambing sebanyak 40.718 ekor (naik 18 persen), dan Kerbau sebanyak 631 ekor (naik 15 persen).


    "Saya ucapkan syukur alhamdulillah, bahwa di saat hari raya Idul Adha tidak ada hal-hal yang mengecewakan. Semuanya berjalan dengan lancar, sekalipun ada PMK tapi tetap lancar. Masyarakat tidak kekurangan daging dan hewan ternak untuk berkurban," ungkap Uu.


    Tercatat per tanggal 28 Juli 2022, PMK telah menyebar di 27 kabupaten/kota, 347 kecamatan dan 808 desa/keluarahan di Jabar. Jumlah ternak tertular 50.836 ekor, dengan perincian 34.086 ekor sapi perah, 14.962 ekor sapi potong, 422 ekor domba/kambing, dan1.366 ekor kerbau.


    Pasca-penanganan yang telah dilakukan hingga 28 Juli 2022, tersisa kecamatan yang masih ada kasus PMK 185 kecamatan (53,3 persen), 331 desa (40,9 persen), serta kasus aktif pada ternak sebanyak 15.156 kasus (50 persen). (*)

    jn

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Bawa Pulang Voucher Belanja
    Belanja ke Pasar Bayar Cahsless Dapet Hadiah
    KAI Commuter Siapkan Layanan Angkutan Lebaran
    Bazar CABUT Ramadan Fest 2.0 Promo Diskon 70 %
    Ini Syarat & Cara Tukar Uang Baru Lebaran di Bank

    Editorial



      sponsored links