blog counter

Polemik Baristan Terkuak, Caffino Tawarkan Ngopi Instan di Rumah Senikmat Racikan Ahli



Polemik Baristan Terkuak, Caffino Tawarkan Ngopi Instan di Rumah Senikmat Racikan Ahli

 

JuaraNews, Bandung – Kalangan pecinta kopi di media sosial beberapa waktu lalu dihebohkan perdebatan menanggapi munculnya istilah ‘Baristan’. Sekilas mirip dengan kata ‘Barista’ yang merupakan profesi ahli meracik minuman kopi. Namun belakangan kata ‘Baristan’ merupakan akronim dari ‘Barista Kopi Instan’. Konsep dan istilah ‘Baristan’ diperkenalkan oleh produk kopi instan kemasan dari PT Sumber Kopi Prima atau yang lebih dikenal sebagai Caffino, untuk para penikmat kopi di Indonesia.

 

CEO PT Sumber Kopi Prima, Ihsan Mulia Putri, mengungkapkan, istilah dan konsep ‘Baristan’ adalah cara Caffino untuk memfasilitasi pecinta kopi agar tetap dapat menikmati segelas kopi berkualitas premium dengan cara membuat sendiri di rumah. Tanpa harus punya keahlian khusus, dengan Caffino siapapun bisa merasakan sensasi membuat segelas kopi dengan kualitas yang tak kalah dengan kopi di kedai atau kafe favorit.

 

“Baristan atau Barista Kopi Instan sesungguhnya adalah semangat yang kami sebarkan untuk semua pecinta kopi di Indonesia. Bahwa siapa saja boleh dan pasti bisa membuat segelas minuman kopi instan yang enak sama seperti kopi di kafe. Caffino, khususnya varian Dark Cappucino bisa menjadi pilihan tepat untuk menjadi Barista Kopi Instan dan menikmati kopi berkualitas,” terang Ihsan Mulia Putri dalam Konferensi Pers “Baristan – Solusi Ngopi Berkualitas di Rumah” yang digelar daring, Selasa (22/3/2022).

 

Ihsan menerangkan, semangat ‘Baristan’ yang diusung Caffino tidak terlepas dari situasi pandemi yang memaksa masyarakat untuk mengurangi aktivitas keluar rumah seperti pergi ke kedai kopi. Menyeduh kopi instan sendiri di rumah dianggap bisa menjadi solusi sekaligus sensasi dalam menikmati kopi. Namun, agar rasanya tidak mengecewakan diperlukan produk kopi instan yang memiliki bahan-bahan premium dan berkualitas.

 

“Setiap varian dari Caffino memiliki keunggulan dari cita rasa kopinya yang lebih kuat karena terbuat dari bahan premium yaitu kopi asli dan susu asli. Bahkan untuk yang fanatik dengan cita rasa kopi, varian Caffino Dark Cappucino memiliki tambahan topping granule dari kopi asli. Sehingga dalam setiap sesapan, kopinya akan terasa strong seperti kualitas kopi ala barista di kafe,” ungkapnya.

 

Dalam kesempatan yang sama, sejumlah public figure ikut angkat bicara mengenai konsep ‘Baristan’ yang pada awalnya sempat menuai polemik di dunia maya. Mulai dari sosok Barista Profesional Muhammad Aga, Chef Jerry Andrean yang merupakan Juara MasterChef Indonesia Season 7, hingga selebgram yang tengah populer dan juga penikmat kopi Livy Renata.

 

Muhammad Aga menilai, lepas dari perdebatan yang muncul, minum kopi merupakan budaya yang sudah mengakar bagi sebagian besar masyarakat Indonesia sejak dulu. Menurut Juara Indonesia Barista Championship 2018 ini banyak hal dan dampak positif yang terbentuk dari kebiasaan minum kopi, tanpa harus membeda-bedakan tentang pilihan jenis kopi racikan profesional ataupun kopi instan.

 

“Bagi saya, untuk menghasilkan minuman kopi yang berkualitas, utamanya harus menggunakan bahan-bahan yang juga punya kualitas. Ini berlaku untuk barista profesional maupun orang awam. Saya melihat Caffino sudah terjamin dari kualitas bahan dasar kopi dan susunya. Jadi orang awam pun bisa punya pilihan dan cara untuk membuat sendiri kopi yang hasilnya juga enak dan berkualitas,” terang sosok yang juga ikut bermain di film Filosofi Kopi ini.

 

Hal senada diungkap Chef Jerry Andrean yang menyebut kopi sebagai salah satu minuman favorit masyarakat Indonesia yang bisa dinikmati dengan berbagai cara dan kesempatan. Kopi instan Caffino menurut Jerry bisa menjadi pilihan yang tepat bagi masyarakat untuk membuat sendiri minuman kopi secara mudah tanpa harus kehilangan kualitas yang kerap diidentikkan oleh sajian kopi kafe.

 

“Sama seperti memasak, membuat kopi yang dianggap enak tidak harus selalu dengan metode atau teknik yang rumit. Ada kalanya dengan cara sederhana kita pun bisa membuat sajian kopi yang enak. Misalnya dengan kopi Caffino Dark Cappucino, selama suhu dan takaran airnya tepat dan cara menyeduhnya benar, maka segelas kopi yang dihasilkannya sudah pasti terasa mantap,” papar Chef Jerry.

 

Kenikmatan kopi Caffino juga diakui oleh sosok yang tenar di media sosial belakangan ini, Livy Renata. Sosok yang populer karena kepolosan dan gaya hidupnya yang high class ini bahkan mengaku hampir tidak pernah mencicipi kopi instan sepanjang hidupnya. Terbiasa dengan sajian kopi di kafe atau restoran, Livy terkejut ketika pertama kali menyesap kopi Caffino.

 

“Terus terang Livy jarang banget minum kopi instan, Livy kalau minum kopi itu ya biasanya di kafe. Baru tahu sekarang kalau ternyata kopi instan Caffino rasanya bisa seenak ini. Kayaknya kalau gampang begini, Livy juga bisa nih bikin sendiri dan pasti enak. Maybe next time Livy bakal beneran jadi Baristan,” ungkapnya tertawa.  (*)

ude

0 Komentar
Tinggalkan Komentar
Cancel reply
0 Komentar
Tidak ada komentar
Berita Lainnya
Digital Internal Influencer Sebagai Juru Bicara Perusahaan Sangat Butuhkan
173 Perusahaan di Jabar Dilaporkan karena Tak Memenuhi Hak THR Karyawan
Pemprov Jabar Dorong Pelaku UKM Perempuan  Melek Digital
Unit Bisnis Pesantren Penerima Program OPOP di Jabar Makin Berkembang
Hyundai Hadirkan Mobil Listrik IONIQ 5 di Kota Bandung
Berita Terdahulu

Editorial


    Lebaran Fraksi PKB Jawa Barat
    iklan qposaja

    Data Statik Covid-19


    DATA COVID-19 INDONESIA

    😷 Positif:

    😊 Sembuh:

    😭 Meninggal:

    (Data: kawalcorona.com)

    Ads