free hit counter code Kerajinan Tangan, Kuliner, dan Fesyen jadi Penopang Utama Ekonomi Kreatif Jabar - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Kerajinan Tangan, Kuliner, dan Fesyen jadi Penopang Utama Ekonomi Kreatif Jabar
    (net) Fesyen produksi UMKM menjadi salah satu penopang ekonomi kreatif Jabar.

    Kerajinan Tangan, Kuliner, dan Fesyen jadi Penopang Utama Ekonomi Kreatif Jabar

    • Rabu, 23 Februari 2022 | 01:13:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung – Ekonomi kreatif (Ekraf) Jabar masih disumbangkan 3 besar subsektor, yakni kerajinan tangan 27,1 persen; kuliner 26,4 persen; dan fesyen 16,7 persen. Sementara subsektor lainnya total 29,8 persen.

     

    Ekraf Jabar berkembang pesat di 3 daerah, yakni Kota Bandung 17,59 persen; Kabupaten Bandung 11,18 persen; dan Kota Depok 9,63 persen. Sisanya 61,60 persen gabungan di daerah lain.

     

    Demikian dikatakan Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja saat menjadi pembicara utama pada Workshop CONNECTI:CITY: Pepole and the Next Economy Recovering Together, dilakukan secara virtual dari Ruang Kerja Sekda, Gedung Sate, Jalan Diponegoro Kota Bandung, Selasa (22/2/2022).

     

    Menurut Sekda, Pemprov Jabar terus mengembangkan ekonomi kreatif di 27 kabupaten/kota melalui sejumlah kebijakan. Dari sisi regulasi telah terbit Perda No 15/2017 tentang Pengembangan Ekonomi Kreatif, yang diturunkan secara lebih teknis menjadi Peraturan Gubernur No 69 tahun 2019. 

     

    Kemudian Pergub No 83/2019 tentang Komite Ekonomi Kreatif dan Inovasi Jawa Barat (Kreasi), dan Pergub No 44/2021 tentang Rencana Aksi Pengembangan Ekonomi Kreatif tahun 2021-2025.

     

    Untuk pengembangan ekonomi kreatif yang lebih efektif, Gubernur Jabar pun telah membentuk Komite Ekonomi Kreatif dan Inovasi (Kreasi) Jabar, yang bertugas memformulasi, menggali, mengoordinasi, dan menyinkronisasi antara kebijakan Pemprov Jabar dengan praktik pengembangan ekonomi kreatif di lapangan.

     

    "Komite ini juga terdiri dari unsur ABCGM, yakni akademisi, bisnis, komunitas, pemerintahan, dan unsur media," kata Setiawan.

     

    Adapun rencana aksi pengembangan ekonomi kreatif di Jabar mempunyai 7 program prioritas yang menjadi katalisator untuk program-program pembangkitan ekonomi daerah.

     

    Ketujuh program prioritas yakni peningkatan infrastruktur digital, pengembangan platform industri kreatif, pengembangan database terkait ekonomi kreatif, peningkatan akses penjualan, aktivasi creatif center, peningkatan akses pembayaran, serta aktivasi institusi kreatif.

     

    Untuk satu data ekonomi kreatif Jabar, diwujudkan dengan kehadiran laman kreasijabar.id yang memuat data terkait industri kreatif. Tercatat sebanyak 719 pelaku ekonomi kreatif terdaftar, dengan sekitar 1.131 produk ekonomi kreatif Jabar.

     

    Selain itu, peningkatan creative center/creative hub terus diupayakan di kota/kabupaten di Jabar. Ini merupakan fasilitas penting guna menggali potensi ekonomi kreatif di setiap daerah.

     

    "Saat ini creative center telah hadir di Subang, Purwakarta, Bekasi, Bogor, Bandung, Cirebon," jelas Setiawan.

     

    Tak hanya itu, turut hadir pula program-program pendukung ekonomi kreatif lainnya seperti progam Udunan untuk akses pembiayaan bisnis kreatif dengan perbankan atau non-perbankan, marketplace Borongdong dengan 9.207 produk tersedia, 5.038 total produk terjual, dan 4.320 member pembeli.

     

    Ada pula Ekraf Film Festival, Gelar Produk Ekonomi Kreatif (Gekraf), dan berbagai talkshow virtual demi menyuburkan ekosistem ekonomi kreatif seperti di antaranya Wakunjar, Kelas Kreasi, Kreatiforum.

     

    "Termasuk program yang tengah berlangsung kali ini yakni CONNECTI:CITY, sebagai platform berkelanjutan yang menjadi ruang kolaborasi antara Jawa barat dengan komunitas ekonomi kreatif internasional," kata Setiawan.

     

    "Ini bagian penguatan global dengan spirit Asia Afrika. Sekaligus menjawab tantangan untuk bangkit pasca pandemi Covid-19," tambahnya.

     

    Sekda juga mendorong agar pemda kota/kabupaten mendukung ekonomi kreatif dengan dukungan kebijakan. Sangat penting kelembagaan yang lebih terstruktur di kabupaten/kota untuk pengembangan ekonomi kreatif. (*)

    jn

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Cerita Pegawai PLN Tak Mudik Demi Amankan Listrik
    Dirut PLN Lakukan Inspeksi SPKLU Jalur Mudik
    Layanan Operasional Terbatas & Weekend Banking
    Operasi Pasar Ditarget Tuntas pada H-4 Lebaran
    KAI Operasikan 58 Perjalanan di Wilayah 2 Bandung

    Editorial



      sponsored links