blog counter

Daftar Pemain


    Editorial


      Hot News


      Jadwal Liga


        PSM MAKASSAR VS PERSIB BANDUNG: Lanjutkan Tren Kemenangan

        • Selasa, 22 Februari 2022 | 14:00:00 WIB
        • 0 Komentar


        PSM MAKASSAR VS PERSIB BANDUNG: Lanjutkan Tren Kemenangan
        PSM Makassar menghadapi Persib Bandung pada laga tunda Pekan 22 Liga 1 2021-2022 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Selasa (22/2/2022) malam. (juaranews)

        JuaraNews, Gianyar – Tim Persib Bandung bakal melakoni laga tunda Pekan 22 Liga 1 2021-2022 kontra PSM Makassar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Selasa (22/2/2022) malam.

         

        Pada laga yang sedianya digelar pada 2 Februari  lalu tersebut, tim Maung Bandung kembali menargetkan kemenangan. Tim asuhan Pelatih Robert Rene Alberts ini ingin melanjutkan tren kemenangan di sisa kompetisi yang hanya tinggal 9 laga tersebut. Kepercayaan Nick Kuipers dan kawan-kawan pun tengah meninggi setelah pada Pekan 26 lalu, menang telak 3-0 atas Persipura Jayapura, Jumat (18/2/2022) lalu.

         

        Tambahan 3 poin pun sangat di dibutuhkan Maung Bandung dalam kampanyenya meraih trofi juara Liga 1 musim ini. Saat ini, Persib berada di peringkat 4 dengan 50 poin, tertinggal 5 poin dari pemuncak klasemen sementara Arema FC yang mengoleksi 55 poin. Jika berhasil menekuk PSM, Persib bisa naik ke peringkat 3 menyalip Bhayangkara FC yang akan sama-sama mengoleksi 53 poin, namun Persib unggul selisih gol. Persib pun bisa memangkas jarak menjadi 2 poin dari Arema, setelah sama-sama melakoni 26 laga.

         

        Ini Alasan Pelatih Asal Belanda Robert Rene Alberts Merasa Indonesia - Bola  Bisnis.com

        Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts.

         

        Menghadapi laga nanti, Coach Robert menyatakan timnya tidak akan lengah kendati performa PSM tengah menurun. Dalam 5 laga terakhir, tim asuhan Pelatih Jakob Freerk Gall tersebut menuai 3 kekalahan, sekali seri, dan hanya meraih 1 kemenangan. Bahkan PSM menderita kekalahan dalam 3 laga terakhirnya, yakni dari Borneo FC (0-1), Persikabo 1973 (0-3), dan Persita Tangerang (0-2).

         

        "Tidak penting melihat tren hasil yang didapat PSM. Saya melihat mereka masih menampilkan semangat dan hasrat yang sama dengan kualitas penyerangan yang juga sama. Mereka bisa membuat gol dan juga punya materi pemain yang berkualitas," kata Roberts dalam sesi konferensi pers virtual jelang laga, Senin (21/2/2022).

         

        Apalagi, menurut Robert, setiap tim yang berhadapan dengan Maung Bandung, selalu memiiki motivasi tinggi untuk mengalahkan pasukannya, termasuk PSM.

         

        "Semua pemain yang menghadapi Persib musim ini ingin meraih kemenangan. Sebab Persib merupakan 5 besar. Mereka punya motivasi tambahan, dan itu tidak hanya dari para pemain saja tapi juga para pelatih dan offisial," sambung Robert.

         

        Robert Alberts pun berjanji akan memaksimalkan persiapan singkat timnya untuk mematangkan strategi yang akan diterapkan nanti. Selain jadwal padat, menurutnya, persiapan timnya juga sedikit terhambat hujan yang turun di kawasan Gianyar.

         

        "Hari ini, kita belum melakukan persiapan karena pagi hujan. Tapi Yang terpenting adalah bagaimana melakukan recovery, karena jeda antar-laganya begitu ketat. Tentunya kami juga melihat bagaimana kondisi pemain hari ini," kata Robert.

         

        Menurutnya, jeda kompetisi yang sangat pun dikeluhkan PSM. Robert pun memprediksi, dengan waktu istirahat yang singkat, membuat laga akan berlangsung sulit.

         

        "Saya mendengar pelatih PSM komplain karena mereka memiliki waktu recovery lebih sedikit 1 hari (seusai menghadapi Persita). Situasi itu sudah sempat kami alami ketika bersiap menghadapi Persipura di pertandingan kemarin. Tentunya dengan waktu pemulihan yang singkat, laga ini akan berjalan sulit," ucapnya.

         

        Meskipun dalam situasi tidak ideal, Robert memastikan, anak-anak asuhnya akan bermain semaksimal mungkin untuk kembali meraih 3 poin. Apalagi. Persib tidak punya pilihan selain kemenangan untuk tetap menjaga asa bersaing di papan atas klasemen. "Kami coba memaksimalkan semua persiapan untuk melawan PSM besok," tandas Robert.

         

        Pelatih asal Belanda ini pun memastikan semua pemainnya siap bertanding, kecuali beberapa pemain yang akan absen pada laga nanti. Dia menegaskan, semua para pemainya sudah pulih dari papara Covid-19.

         

        "Ya tentu hasil tes PCR selalu menjadi pertanyaan besar setiap jelang pertandingan. Tapi kami sudah melalui itu dan mayoritas pemain sudah pulih meski proses pemulihannya berbeda tiap individu. Jadi bukan hanya bagaimana saat terkena Covid, tapi perlu diperhatikan juga berapa lama waktu yang dibutuhkan pemain untuk sembuh. Selain Aqil (Savik) dan (Mario) Jardel, serta 3 pemain U-19 yang dipanggil timnas Indonesia yang absen besok. Lainnya dalam kondisi siap bertanding," ujar Robert.

         

        Demi Jadi Pelatih PSM Makassar, Joop Gall Rela Tak Pulang Kampung

        Pelatih PSM Makassar Jakob Freerk Gall 

         

        Tekad Memutus Rantai Kekalahan

        Dari kubu lawan, PSM mengusung misi bangkit saat menghadapi Persib Bandung. Namun Pelatih PSM Joop Gall menilai menghadapi Persib akan menjadi laga sulit bagi timmya. Karena itu, Gaal meminta Zulkifli Syukur dan kawan-kawan untuk bekerja keras di sepanjang pertandingan untuk memutus rantai kekalahan beruntun yang dialami Juku Eja dalam 3 laga terakhir ini.

         

        Gall pun optimistis timnya bisa mengalahkan Persib pada pertemuan kedua musim ini tersebut.

         

        "Persib adalah salah satu tim terbaik di liga, kami akan bekerja keras untuk bisa mendapatkan hasil yang bagus. Ini bukan pertandingan mudah. Dalam 2 hingga 3 laga terakhir ini, kami tidak bermain dengan cukup baik sehingga hasil yang didapat pun tidak cukup baik," ujar Gaal dalam sesi konferensi pers virtual jelang laga, Senin (21/2/2022).

         

        Gall mengakui, skuat PSM tidak dalam kondisi terbaik karena sejumlah pemain dan staf yang terpapar Covid-19. Bahkan, Gall belum bisa memastikan pemain-pemain yang bisa diturunkan menghadapi Maung Bandung. Hal tersebut dipersulit karena jeda waktu pertandingan sangat rapat, seusai timnya melakoni laga Pekan 25 kontr Persita, Sabtu (19/2/2022) lalu.

         

        "Kondisi tim jelang laga tunda ini, tentu lebih banyak kerugian karena jadwal kami sangat padat dan saya tak tahu kenapa penyelenggara menyimpan laga ini dengan jarak yang sangat padat," ucap Gall.

         

        "Persib memiliki keuntungan satu hari waktu recovery lebih dari kami. Kami, setiap tiga hari harus bertanding dengan pemain cedera, covid, dan masalah lain yang belum tentu bisa kami atasi," sambungnya.

         

        Menurutnya, padatnya jadwal pertandingan membuat para pemain merasakan rasa lelah luar biasa. Ia menilai seharusnya penyelenggara membuat jadwal yang adil bagi kedua tim agar memiliki waktu persiapan yang optimal sebelum laga.

         

        "Kondisi tim sangat lelah, bahkan 1 hari waktu pemulihan terasa seperti istirahat sepekan karena pemain benar-benar merasa lelah. Kami pikir pemain masih membutuhkan waktu 1 hari lebih untuk persiapan," jelas Gall.

         

        "Kenapa penyelenggara tidak membuat jadwal saat kedua tim bermain di hari yang sama lalu dipertemukan lagi di laga tunda agar punya waktu persiapan yang sama," sambungnya.

         

        Sayangnya, menghadapi laga nanti, tim Juku Eja dalam kondisi pincang. Coach Gall bakal kehilangan sejumlah pemain. Selain beberapa pemain yang masih menjalani karantina akibat terpapar Covid-19, 2 penggawanya, yakni Abdul Rachman dan M Arfan terkena akumulasi kartu kuning dan 4 lainnya diragukan tampil karena cedera. Keempat pemain tersebut, yakni Hasyim Kipuw, Hilmansyah, Anco Jansen, dan Adam Mitter.

         

        "Kami juga punya 2 pemain yang mendapat akumulasi (kartu kuning) tidak bisa bermain melawan Persib, dan kami punya pemain yang masih terpapar Covid. Jadi kami belum tahu skuat seperti apa yang akan kami turunkan, kita lihat besok," ucapnya.

         

        Namun dengan berbagai kesulitan yang dihadapi timnya, Joop Gall masih yakin para pemain yang diturunkan memiliki motivasi yang sama untuk menghadapi dan memenangi. "Meskipun ini akan menjadi laga yang sulit, di satu sisi, ini jadi kesempatan bagi para pemain kami yang kurang menit bermain untuk bisa bermain di laga ini," tandasnya.

         

        "Mereka tentu belum siap bermain penuh selama 90 menit, tapi harus lakukan itu, dan ini bisa jadi tantangan untuk menghadapi tim yang digadang-gadang menjadi juara. Jadi, saya percaya diri mereka pasti termotivasi untuk melawan Persib Bandung," pugkas Gall.

         

        Gelandang Persib Bechkam Putra melakukan serangan ke pertahanan PSM Makassar pada laga Pekan 6 Liga 1 2021-2022 di Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi, Sabtu (2/10/2021) malam. Pertemuan terakhir di Putaran 1 tersebut berakhir dengan hasil imbang 1-1. (persib.co.id)

         

        Head to Head

        2 Oktober 2021                      Liga 1 2021-2022        Persib Bandung 1-1 PSM Makassar

        22 Desember 2019                 Liga 1 2019                 Persib Bandung 5-2 PSM Makassar

        18 Agustus 2019                    Liga 1 2019                 PSM Makassar 3-1 Persib Bandung

        24 Oktober 2018                    Liga 1 2018                 PSM Makassar 1-0 Persib Bandung

        23 Mei 2018                          Liga 1 2018                 Persib Bandung 3-0 PSM Makassar

        26 Januari 2018                     Piala Presiden 2018      Persib Bandung 0-1 PSM Makassar

        15 Oktober 2017                    Liga 1 2017                 PSM Makassar 2-1 Persib Bandung

        5 Juli 2017                             Liga 1 2017                 Persib Bandung 2-1 PSM Makassar

        6 Februari 2017                     Piala Presiden 2017      Persib Bandung 1-0 PSM Makassar

        29 Oktober 2016                   TSC 2016                     PSM Makassar 2-2 Persib Bandung

        2 Juli 2016                            TSC 2016                     Persib Bandung 3-2 PSM Makassar

        30 Mei 2010                           ISL 2009/2010             Persib Bandung 2-0 PSM Makassar

        14 Oktober 2009                    ISL 2009/2010             PSM Makassar 2-1 Persib Bandung

        14 Februari 2009                    ISL 2008/2009             Persib Bandung 0-0 PSM Makassar

        15 November 2008                 ISL 2008/2009             PSM Makassar 1-1 Persib Bandung

        11 Agustus 2004                    ISL 2004                       Persib Bandung 3-0 PSM Makassar

        1 Februari 2004                     ISL 2004                       PSM Makassar 3-0 Persib Bandung

         

        5 Pertandingan  Terakhir PSM Makassar

        19 Februari 2022                    PSM Makassar 0-2 Persita Tangerang

        15 Februari 2022                    Persikabo 1973 3-0 PSM Makassar

        11 Februari 2022                    PSM Makassar 0-1 Borneo FC

        7 Februari 2022                      Bali United 2-2 PSM Makassar

        8 Januari 2022                       Barito Putera 1-2 PSM Makassar

         

        5 Pertandingan  Terakhir Persib Bandung

        18 Februari 2022                    Persipura Jayapura 0-3 Persib Bandung

        15 Februari 2022                    Persib Bandung 0-0 PSIS Semarang

        11 Februari 2022                    PSS Sleman 1-2 Persib Bandung

        6 Februari 2022                      Persib Bandung 0-1 Bhayangkara FC

        9 Januari 2022                       Persib Bandung 1-0 Persikabo 1973

         

        Perkiraan Susunan Pemain

        PSM Makassar (3-5-2)

        Syaiful; Zulkifli Syukur, Ganjar Mukti Muhardiyana, Yance Sayuri, Edgard Amping; Saldi, Muh Rizky Eka Pratama, Willem Jan Fluim; Ferdinan Sinaga, Golgol Tedros Mebrahtu

        Cadangan: Hilman Syah; Ilham Udin Armaiyn, Aditya Putra Dewa, M Reza Arya Pratama, Renaldi, 

        Pelatih: Jakob Freerk Gall

         

        Persib Bandung (4-4-2)

        RESMI Susunan Pemain Persib Lawan Persipura, Bruno dan Victor Keluar dari Starting Line Up

        Teja Paku Alam; Nick Kuipers, Victor Igbonefo, Ardi Idrus, Henhen Herdiana;  Marc Klok, Febri Hariyadi, Mohammed Rashid, Bechkam Putra Nugraha; David da Silva, Bruno Cantanhede

        Cadangan: Muhammad Natshir; Achmad Jufriyanto, Supardi Nasir, Zalnando, Dedi Kusnandar, Bayu M Fiqri, Abdul Aziz, Esteban Vizcarra, Syafril Lestaluhu, Erwin Ramdhani, Ezra Walian, Frets Butuan

        Pelatih: Robert Rene Alberts. (*)

        den

        0 Komentar
        Tinggalkan Komentar
        Cancel reply
        0 Komentar
        Tidak ada komentar
        Berita Lainnya
        Syafril Lestaluhu Akhirnya Tinggalkan Persib
        Latihan Digelar 16 Mei, 3 Pemain Asing Segera Merapat ke Bandung
        Gantikan Deden Natshir, Fitrul Ambil Alih Nomor Pungung 1 Persib
        Persib Targetkan Datangkan Pemain Asing Asia sebelum Latihan Perdana Digelar
        Pindah ke Persib, David Rumakiek Tetap Kenakan Nomor Punggung 18
        Berita Terdahulu
        Lebaran Fraksi PKB Jawa Barat
        Iklan Lebaran Pemkot Bandung

        Data Statik Covid-19


        DATA COVID-19 INDONESIA

        😷 Positif:

        😊 Sembuh:

        😭 Meninggal:

        (Data: kawalcorona.com)

        Ads


        Klasemen Liga Indonesia

        Tim M Point
        1 Bali United 34 75
        2 Persib Bandung 34 69
        3 Bhayangkara FC 34 66