free hit counter code Sektor Pertanian Paling Bertahan di Masa Pendemi, Wagub Jabar Minta Petani tak Jual Sawah - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Sektor Pertanian Paling Bertahan di Masa Pendemi, Wagub Jabar Minta Petani tak Jual Sawah
    (humas pemprov jabar) Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum saat menghadiri Gebyar Pameran Pertanian di Lapangan Nugraha, Desa Ciganjeng, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Rabu (26/1/2022)

    Sektor Pertanian Paling Bertahan di Masa Pendemi, Wagub Jabar Minta Petani tak Jual Sawah

    JuaraNews, Pangandaran - Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengapresiasi Gebyar Pameran Pertanian yang digagas oleh Kelompok Tani Desa Sindangwangi dan Desa Ciganjang  di Lapangan Nugraha, Desa Ciganjeng, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Rabu (26/1/2022).

     

    Pameran pertanian tersebut dapat menjadi daya ungkit untuk mengenalkan dan meningkatkan produk tani.

     

    Wagub Uu mengingatkan pentingnya anak-anak dikenalkan dengan bertani sejak dini. Misalnya pada saat di sekolah, mulai dari PAUD dan sekolah dasar (SD).  Dengan demikian sejak dini mereka akan mengenal jenis-jenis hasil pertanian dan tertarik untuk bertani ketika dewasa.

     

    “Anak usia dini harus mulai diperkenalkan dengan pertanian supaya mereka di saat dewasa mengenal dunia pertanian. Saya senang anak-anak PAUD sudah dkenalkan dengan pertanian, mudah-mudahan nanti mereka tidak antibertani,” kata Uu.

     

    Uu juga menekankan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota untuk bersama-sama mengedukasi masyarakat menekuni pertanian. Apalagi di masa pandemi Covid-19 justru sektor pertanian yang mampu bertahan dibanding sektor industri.

     

    “Jadi pemerintah harus memberikan pengertian pada masyarakat untuk tidak membangun (alih fungsi lahan) pada sawah-sawah yang bagus. Saya minta pada petani jangan menjual sawah," tegasnya.

     

    Uu juga menyebutkan, produk dan ketersediaan beras di Kabupaten Pangandaran meningkat dari tahun ke tahun, bahkan surplus. Dengan demikian diharapkan melalui pameran ini mampu meningkatkan kembali gairah masyarakat untuk bertani di tengah kemajuan zaman saat ini.

     

    Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran Sutriaman menuturkan, kegiatan pameran yang dilaksanakan murni digagas dan dilaksanakan oleh 4 kelompok tani dari Desa Sindangwangi dan Desa Ciganjang. Yaitu Kelompok Taruna Tani Mekarbayu, Kelompok Taruna Tani Bedahrahayu, Kelompok Taruna Tani Saluyu Mukti, dan Kelompok Tani Sri Rahayu. “Ini inisiatif, swadaya dan diselenggarakan setiap tahun,” kata Sutriaman.

     

    Di Pangandaran, ungkapnya, produk tanaman berupa rempah yang diunggulkan adalah kapulaga sebagai komoditi penghasil terbesar di Jabar, baik dari kualitas maupun kuantitas. "Ke depannya kami akan mengembangkan komoditi baru sebagai penunjang agrowisata berupa buah anggur," ujar Sutriaman. (*)

    jn

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Wasapada, Peredaran Uang Palsu Pasca Lebaran
    Pengguna KAI Comummter Naik 7% Selama Lebaran 2024
    Cerita Pegawai PLN Tak Mudik Demi Amankan Listrik
    Dirut PLN Lakukan Inspeksi SPKLU Jalur Mudik
    Layanan Operasional Terbatas & Weekend Banking

    Editorial



      sponsored links