blog counter

Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Pemprov Jabar Tetap Pertahankan Pasar Tradisional

  • Sabtu, 22 Januari 2022 | 20:42:00 WIB
  • 0 Komentar


Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Pemprov Jabar Tetap Pertahankan Pasar Tradisional
Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengunjungi lapak para pedagang di sela-sela peresmian Pasar Pancasila di Kota Tasikmalaya, Sabtu (22/1/2022). (humas pemprov jabar)

JuaraNews, Tasikmalaya - Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum meresmikan Pasar Pancasila dari program revitalisasi di Kota Tasikmalaya, Sabtu (22/1/2022). Revitalisasi tersebut bersumber dari dana bantuan keuangan Provinsi Jawa Barat tahun anggaran 2021 sebesar Rp15 miliar.

 

Dalam acara peresmian yang ditandai dengan penandatanganan prasasti itu dihadiri oleh Wakil Menteri Perdagangan RI Jerry Sambuaga, dan Wali Kota Tasikmalaya Muhammad Yusuf.

 

Wagub Uu menyebutkan, pembangunan infrastruktur perdagangan merupakan salah satu prioritas Pemprov Jabar, yang diharapkan memiliki fungsi dan peran strategis dalam meningkatkan transaksi jual beli di daerah.

 

Menurut Uu, Pemprov Jabar juga tetap mempertahankan keberadaan pasar tradisional sebagai upaya memulihkan dan meningkatkan perekonomian masyarakat. Apalagi perekonomian sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19. 

 

"Pemda Provinsi Jawa Barat mempunyai tanggung jawab meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Ada tiga hal yang diperkuat, yakni struktur, suprastruktur, dan infrastruktur. Sehingga melalui kebijakan ekonomi terus didongkrak, termasuk di antaranya merevitalisasi pasar- pasar  di Jabar," ungkap Wagub.

 

Ia menegaskan, setelah dilakukan pengembangan infrastruktur di Pasar Pancasila, langkah selanjutnya yang penting adalah pengelolaan pasar, sehingga bisa meningkatkan kualitas pasar yang pada akhirnya akan menguntungkan pedagang.

 

"Pak Gubernur (Ridwan Kamil) ingin ekonomi meningkat. Maka harapan kami dengan revitalisasi pasar ini mampu mendorong perekonomian, serta meningkatkan daya beli masyarakat," kata Uu.

 

"Keinginan kami terjadi pemerataan ekonomi, ada unsur keadilan ekonomi. Jangan sampai ekonomi meningkat hanya dinikmati oleh kelompok tertentu saja," sambungnya.

 

Kepada para pedagang, Uu menitip pesan agar menjaga mutu dan kualitas barang yang diperdagangkan. Selain itu, ia juga mengajak warga di sekitar pasar menjaga fasilitas pasar.

 

Tak hanya itu, Uu menegaskan akan mendorong pasar untuk memiliki Standar Nasional Indonesia (SNI) agar pasar tradisional mempunyai standarisasi. Dengan demikian pasar tradisional semakin berdaya saing dan dilirik oleh konsumen. "Saya mendorong pasar ini mempunyai kualitas  SNI ," ucap Uu.

 

Sementara itu, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga berharap dengan revitalisasi Pasar Pancasila ini, masyarakat bisa memanfaatkanya dengan baik. Bagi para pedagang, maupun konsumen dapat memanfaatkan fasilitas ini untuk memenuhi kebutuhannya.

 

"Dari (pemerintah) pusat, apa yang bisa kami bantu yang paling penting pasar ini dimanfaatkan, dan harga-harga mudah - mudahan bagus," ujar Jerry.

 

"Terima kasih Pak Wakil Gubernur, Pak Wali Kota, kita terus eratkan sinergi antara kementerian, pemprov, dan pemkot," ucapnya. (*)

jn

0 Komentar
Tinggalkan Komentar
Cancel reply
0 Komentar
Tidak ada komentar
Berita Lainnya
Digital Internal Influencer Sebagai Juru Bicara Perusahaan Sangat Butuhkan
173 Perusahaan di Jabar Dilaporkan karena Tak Memenuhi Hak THR Karyawan
Pemprov Jabar Dorong Pelaku UKM Perempuan  Melek Digital
Unit Bisnis Pesantren Penerima Program OPOP di Jabar Makin Berkembang
Hyundai Hadirkan Mobil Listrik IONIQ 5 di Kota Bandung
Berita Terdahulu

Editorial


    Lebaran Fraksi PKB Jawa Barat
    iklan qposaja

    Data Statik Covid-19


    DATA COVID-19 INDONESIA

    😷 Positif:

    😊 Sembuh:

    😭 Meninggal:

    (Data: kawalcorona.com)

    Ads