Editorial


    Hot News


    Opini


    • Urgensi Perubahan RTRW Jawa Barat
      Urgensi Perubahan RTRW Jawa Barat

      TERKAIT penataan ruang, amanat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja memang berbeda dengan amanat UU 26 Tahun 2007 Tentang Penataan Ruang.

      Jabar Provinsi Terinovatif 2021

      • Rabu, 29 Desember 2021 | 16:24:00 WIB
      • 0 Komentar


      Jabar Provinsi Terinovatif 2021
      Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat menerima penghargaan IGA 2021 dari Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian secara virtual di Mason Pine Hotel, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (29/12/2021). (humas pemprov jabar)

      JuaraNews, Bandung – Pemprov Jabar terpilih sebagai Pemda Terinovatif di Indonesia dalam Innovative Government Award (IGA) 2021.

       

      Adapun inovasi yang mengantarkan Jabar sebagai Provinsi Terinovatif di Indonesia, yaitu aplikasi Pikobar, One Pesantren One Product (OPOP), Patriot Desa, Mobil Maskara, sistem manajemen kepegawaian TRK, Command Center Citarum, dan Jabar Future Leaders.

       

      Piagam penghargaan diterima Gubernur Jabar Ridwan Kamil dari Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian secara virtual di Mason Pine Hotel, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (29/12/2021).

       

      Kang Emil mengatakan, IGA 2021 sejalan dengan visi Jabar yaitu Juara Lahir Batin melalui Inovasi dan Kolaborasi. Dua pilar inovasi dan kolaborasi tersebut yang menjadi dasar pembangunan di Jabar.

       

      "Ini sejalan dengan visi Jabar yaitu membangun Jabar Juara Lahir Batin melalui Inovasi dan Kolaborasi, karena inovasi dan kolaborasi ini adalah dua pilar nilai utama dalam membangun Jabar," ucap Emil.

       

      Gubernur berharap dengan konsep inovasi dan kolaborasi, lahir terobosan pembangunan yang manfaatnya dapat dirasakan masyarakat. "Semoga Jabar selalu terdepan memberikan sumbangan dalam inovasi membawa Jabar Juara dan tentunya Indonesia Juara," ucapnya.

       

      Tak hanya Jabar, untuk kategori daerah tingkat dua, IGA 2021 memilih Kota Bandung dan Kabupaten Sumedang sebagai daerah sangat inovatif. Kemudian Kota Cimahi dan Kabupaten Bogor meraih predikat daerah terinovatif.

       

      Penilaian IGA 2021 dilakukan melalui 4 tahapan, yakni penjaringan, pengukuran, penilaian, dan validasi lapangan. Sebelumnya Pemda melakukan pelaporan inovasi yang dilakukan selama dua tahun terakhir secara online, real time dan transparan kepada Balitbang Kemendagri.

       

      Partisipan IGA 2021 bertambah menjadi 519 Pemda (provinsi, kabupaten, kota) dengan 25.124 inovasi dan 36 indikator penilaian. Hasilnya didapatkan 37 Pemda sangat inovatif, 316 inovatif, 166 kurang inovatif, dan 23 Pemda tidak dapat dinilai.

       

      Mendagri Tito Karnavian berharap IGA menjadi pendorong sebagai sesuatu yang penting dalam menciptakan iklim kompetitif. "Saya mendorong semua bahwa IGA ini betul-betul sesuatu yang diperlukan karena akan menciptakan iklim kompetitif," ujar Tito.

       

      Tito mengatakan, salah satu tujuan otonomi daerah adalah agar daerah lebih mampu untuk berdikari. Dengan memiliki kewenangan yang lebih besar, kepala daerah dituntut untuk menggali potensi daerahnya dan bisa mandiri fiskal.

       

      "Kuncinya adalah leadership atau kepemimpinan kepala daerah. Dengan adanya IGA, kepala daerah harus membuat terobosan kreatif sebagai bagian bahwa ia punya kemampuan dan kepemimpinan yang kuat," kata Tito. (*)

      jn

      0 Komentar
      Tinggalkan Komentar
      Cancel reply
      0 Komentar
      Tidak ada komentar
      Berita Terkait
      Berita Lainnya
      Jabar Provinsi Terinovatif 2021
      Ridwan Kamil Dinobatkan sebagai Tokoh Jawara Digital
      Gubernur Ridwan Kamil Dinobatkan sebagai Tokoh Standardisasi Nasional 2021
      Gubernur Ridwan Kamil Raih Penghargaan Inovasi ICMI Iptek Award
      Jabar Provinsi Anggota Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional Terbaik Tahun 2021
      Berita Terdahulu

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      PARLEMENTARIA