Hot News


Opini


  • Urgensi Perubahan RTRW Jawa Barat
    Urgensi Perubahan RTRW Jawa Barat

    TERKAIT penataan ruang, amanat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja memang berbeda dengan amanat UU 26 Tahun 2007 Tentang Penataan Ruang.

    Sektor Perikanan dan Kelautan di Masa Pandemi Perlu Ditingkatkan

    • Kamis, 9 Desember 2021 | 09:16:00 WIB
    • 0 Komentar


    Sektor Perikanan dan Kelautan di Masa Pandemi Perlu Ditingkatkan

     

    JuaraNews, Bandung - DPRD Jabar menilai perlu adanya pengembangan usaha perikanan dan kelautan di masa pandemi. Pasalnya, sektor tersebut berpotensi dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi.


    Demikian disampaikan, Wakil Ketua Komisi II DPRD Jabar, Heri Ukasah Sulaeman di Gedung DPRD Jabar, Jalan Diponegoro Kota Bandung, belum lama ini.


    Heri menilai perlu upaya yang konkret untuk memacu pengembangan usaha bagi mereka yang bergerak di sektor usaha perikanan baik ikan laut maupun ikan darat."Sangatlah realistis jika pemerintah mempunyai program konkrit untuk penguatan usaha di sektor perikanan,"kata Heri, Kamis (9/12/2021).


    Heri mengatakan banyaknya potensi perikanan dan kelautan juga berimplikasi pada banyaknya sektor UMKM terutama di sektor pangan yang mengelola usaha dari bahan baku sektor perikanan dan kelautan.


    Menurutnya, pengembangan usaha di sektor perikanan dan kelautan, ungkap Heri perlu terus dilanjutkan, apalagi di masa pandemi, sektor usaha perikanan dan kelautan mengalami keterpurukan.


    Selain itu, penguatan usaha perikanan dan kelautan juga perlu diperkuat dengan kegiatan edukasi dengan sasaran peningkatan konsumsi ikan kepada masyarakat. Kegiatan ini perlu berkolaborasi dengan pihak Dinas Kesehatan.

    Selanjutnya, kata Heri, di tengah target pemulihan ekonomi akibat dampak pandemi, pemerintah perlu menyiapkan penguatan sarana.

    Saat ini, untuk meningkatkan hasil perikanan yang berdaya saing dibutuhkan sarana teknologi seperti rumah tunnel garam, fish finder dan e feeding.

    Penguatan usaha di sektor perikanan dan kelautan, juga membutuhkan dukungan dari pengelola SDM . Untuk upaya ini, telah ada program konkrit yaitu pembudidaya ikan dari kalangan milineal, harapannya program ini bisa berjalan tepat sasaran.

    Selanjutnya, dalam Renstra DKP 2018-2023, sektor perikanan dan kelautan harus dilaksanakan secara berkelanjutan.

    "Sejalan dengan restra itu, perlu ada upaya konkret dari dibangunnya infrastruktur baru di kawasan strategis seperti kawasan Rebana,"ungkapnya

    Sebagaimana diketahui, dalam pengembangan rebana, di Kabupaten Subang akan dibangun pelabuhan Patimban.Dibangunnya infrastruktur tersebut, diharapkan pelaku usaha di kawasan itu termasuk nelayan tidak terganggu

    "Solusi untuk di kawasan tersebut, spot baru untuk para nelayan harussegera disiapkan,"ujarnya

    Selain itu, lerlu juga disiapkan pengembangan usaha ikan tawar, sebagai antisipasi berkurangnya produksi ikan laut.
    Demikian juga untuk masyarakat yang menggantungkan mata pencaharian di Waduk Jatigede yang berusaha dalam usaha jaring apung"Perlu ada upaya konkret agar usaha itu tetap ada,"pungkasnya. (*)

    bas

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    IKA Muda Unpad Dukung Ridwan Kamil Jabat Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara
    Gubernur Ridwan Kamil Pertimbangkan Bangun Kampung Inggris di Jabar
    Kena Sanksi dari PDIP lalu Minta Maaf, Arteria Dahlan Dilaporkan ke Polisi
    Dorong Melek Digital, Atalia Minta Ibu-ibu Jangan Curahkan Kekesalan di Media Sosial
    Kesbangpol Jabar Fokus Cegah Penyebaran Paham NII di Garut
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Iklan DPRD KBB Hari Pahlawan 2021

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads