free hit counter code Komitmen Lestarikan Budaya Tradisional, Jabar Bangun Gedung Pencak Silat di Sumedang - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Komitmen Lestarikan Budaya Tradisional, Jabar Bangun Gedung Pencak Silat di Sumedang
Komisi V DPRD Jawa Barat, melakukan peninjauan lapangan bakal lokasi pembangunan Gedung Pencak Silat di Kiarapayung Jatinangor, Kabupaten Sumedang.

Komitmen Lestarikan Budaya Tradisional, Jabar Bangun Gedung Pencak Silat di Sumedang

  • Senin, 8 November 2021 | 13:25:00 WIB
  • 0 Komentar

JuaraNews, Bandung - Pencak Silat menjadi identitas dan pemersatu bangsa Indonesia. Pencak Silat dinilai telah memiliki seluruh elemen yang membentuk Warisan Budaya Takbenda UNESCO.


Komisi V DPRD Jawa Barat bersama Dinas Pariwisata dan Budaya berkomitmen untuk melestarikan budaya tersebut dengan membuat gedung dimana gedung ini di peruntukan untuk mengumpulkan orang-orang agar berkomitmen untuk senantiasa menjaga kelestarian pencak silat.


“Kita ingin punya gedung/bangunan untuk pelestarian budaya seperti kita ketahui silat itu adalah budaya tradisional yang diakui unesco, maka peruntukan gedung ini kita maksudkan untuk orang-orang dapat melihat langsung silat dan pelestarian budaya lainnya betul betul dinilai lebih oleh masyarakat," kata Ketua Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat, Abdul Haris Bobihoe saat meninjau rencana pembangunan kampung pencaksilat di kiarapayung, Kabupaten Sumedang, belum lama ini.


Abdul Haris Bobiho menekankan maksud dan tujuan pembangunan gedung pencak silat ini dengan harapan agar generasi muda kedepan mengetahui bahwa Jawa Barat memiliki warisan pencaksilat yang luar biasa.

Untuk itu, iapun mendorong Dinas Pariwisata dan Budaya agar segera merealisasikan gedung pencak silat ini dengan tujuan menjadikan wahana pelestarian budaya dan wahana wisata untuk warga Jawa Barat.


“Komisi V beserta dinas kebudayaan akan terus mendorong ini agar gedung ini menjadi wahana untuk pelestarian budaya juga menjadi wahana untuk wisata warga jawa barat,” pungkasnya.

Sementara itu perwakilan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat menjelaskan rencana pembangunan gedung pencak silat ini adalah inisiasi dari Gubernur Jawa Barat dengan tujuan mensupport pencak silat sebagai warisan budaya takbenda.


“Persiapan pembangunan pencak silat yang berada di Kabupaten Sumedang ini adalah komitmen pa Gubernur untuk mensupport pencak silat warisan tak benda, Kami dari disparbud ditugaskan untuk menyusun detail enginering design nya sehingga kesiapan untuk pembangunan fisik di tahun 2022 atau 2023 itu dapat terlaksana dengan baik," tutupnya. (*)

 

bas

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Kantongi SK Pasangan Cecep-Asep Semakin di Depan
Cegah Hoaks di Pilkada Serentak
Johan Sebut Anggaran Pendidikan Jabar Sempat Naik
Bey Pastikan Selama MPLS tak Ada Perundungan
Jelang Pilkada, Kenali Petugas Pantarlih Coklit

Editorial



    sponsored links