Hot News


Opini


  • Urgensi Perubahan RTRW Jawa Barat
    Urgensi Perubahan RTRW Jawa Barat

    TERKAIT penataan ruang, amanat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja memang berbeda dengan amanat UU 26 Tahun 2007 Tentang Penataan Ruang.

    Komitmen Lestarikan Budaya Tradisional, Jabar Bangun Gedung Pencak Silat di Sumedang

    • Senin, 8 November 2021 | 13:25:00 WIB
    • 0 Komentar


    Komitmen Lestarikan Budaya Tradisional, Jabar Bangun Gedung Pencak Silat di Sumedang

    JuaraNews, Bandung - Pencak Silat menjadi identitas dan pemersatu bangsa Indonesia. Pencak Silat dinilai telah memiliki seluruh elemen yang membentuk Warisan Budaya Takbenda UNESCO.


    Komisi V DPRD Jawa Barat bersama Dinas Pariwisata dan Budaya berkomitmen untuk melestarikan budaya tersebut dengan membuat gedung dimana gedung ini di peruntukan untuk mengumpulkan orang-orang agar berkomitmen untuk senantiasa menjaga kelestarian pencak silat.


    “Kita ingin punya gedung/bangunan untuk pelestarian budaya seperti kita ketahui silat itu adalah budaya tradisional yang diakui unesco, maka peruntukan gedung ini kita maksudkan untuk orang-orang dapat melihat langsung silat dan pelestarian budaya lainnya betul betul dinilai lebih oleh masyarakat," kata Ketua Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat, Abdul Haris Bobihoe saat meninjau rencana pembangunan kampung pencaksilat di kiarapayung, Kabupaten Sumedang, belum lama ini.


    Abdul Haris Bobiho menekankan maksud dan tujuan pembangunan gedung pencak silat ini dengan harapan agar generasi muda kedepan mengetahui bahwa Jawa Barat memiliki warisan pencaksilat yang luar biasa.

    Untuk itu, iapun mendorong Dinas Pariwisata dan Budaya agar segera merealisasikan gedung pencak silat ini dengan tujuan menjadikan wahana pelestarian budaya dan wahana wisata untuk warga Jawa Barat.


    “Komisi V beserta dinas kebudayaan akan terus mendorong ini agar gedung ini menjadi wahana untuk pelestarian budaya juga menjadi wahana untuk wisata warga jawa barat,” pungkasnya.

    Sementara itu perwakilan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat menjelaskan rencana pembangunan gedung pencak silat ini adalah inisiasi dari Gubernur Jawa Barat dengan tujuan mensupport pencak silat sebagai warisan budaya takbenda.


    “Persiapan pembangunan pencak silat yang berada di Kabupaten Sumedang ini adalah komitmen pa Gubernur untuk mensupport pencak silat warisan tak benda, Kami dari disparbud ditugaskan untuk menyusun detail enginering design nya sehingga kesiapan untuk pembangunan fisik di tahun 2022 atau 2023 itu dapat terlaksana dengan baik," tutupnya. (*)

     

    bas

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Monumen Pahlawan Covid-19 akan Diresmikan Wapres Maruf Amin
    Pembahasan Jadwal Pemilu 2024 di DPR RI Tunggu Kesepakatan KPU dengan Pemerintah Pusat
    DOB Kabupaten Bogor Barat Masih Menunggu Hasil Dari Kemendagri
    Program Jabar Future Leader Scholarship Topang Indonesia jadi Negara Adidaya 2045
    Bakal Bangun Pesantren Lansia di Jabar, Ridwan Kamil Konsultasi ke Gus Miftah
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Iklan DPRD KBB Hari Pahlawan 2021

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads