blog counter
PT POS

Hot News


Opini


    Koleksi 133 Emas, Jabar Sukses Pertahankan Gelar Juara Umum PON

    • Kamis, 14 Oktober 2021 | 23:18:00 WIB
    • 0 Komentar


    Koleksi 133 Emas, Jabar Sukses Pertahankan Gelar Juara Umum PON
    Aflah Fadlan Prawira menerima cendera mata setelah meraih medali emas caor renang di nomorĀ  1.500 meter gaya bebas putra di Kolam Renang Aquatik, Kampung Harapan, Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Kamis (14/10/2021). (pb pon xx papua 2021)

    JuaraNews, JayapuraKontingen Jabar memastikan tampil sebagai Juara Umum PON XX Papua 2021 setelah berhasil mengoleksi 133 medali emas, 105 perak, dan 118 perunggu.

     

    Prestasi Jabar ini mengulang sukses raihan pada PON XIX Jabar 2016. Dengan demikian, Jabar tercatat sebagai kontingen yang berhasil mempertahankan gelar juara umum, atau meraihnya untuk kali kedua berturut-turut.

     

    Raihan 132 emas yang diperoleh Jabar tersebut, sudah tak mungkin dikejar pesaing utamanya, yakni DKI Jakarta dengan 110 emas, 91 perak, 100 perunggu yang menempati posisi runner-up. Sedangkan posisi 3 ditempati Jawa Timur dengan 110 emas, 89 perak, 90 perunggu. Sementara tuan rumah Papua berada di posisi 4 dengan 93 emas, 67 perak, dan 102 perunggu. PON sendiri rencananya akan ditutup Jumat (15/10/2021) oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

     

    Pada H-1 penyelenggaraan PON kali ini, renang menjadi cabang olahraga terakhir penyumbang medali bagi kontingen Jabar. Pada pertandingan terakhir di Kolam Renang Aquatik, Kampung Harapan, Stadion Lukas Enembe, para atlet renang Jabar berhasil menambah 1 emas, 2 perak, dan 1 perunggu.

     

    Aflah Fadlan Prawira berhasil menjadi yang tercepat dan berhak atas medali emas di nomor  1.500 meter gaya bebas putra. Sementara  Muhammad Fachri meraih perak di nomor 50 meter gaya dada putra. Sementara kuartet Aflah Fadlan Prawira-Gerdi Zulfitranto-Triadi Fauzi Sidiq-Erick Ahmad Fathoni berhasil meraih perak di nomor 400 meter gaya ganti putra. Terakhir, Raina Saumi Grahana meraih perunggu di nomor 200 meter gaya kupu–kupu putri.

     

    Para atlet dan ofisial tampak sangat bergembira karena selain sumbangan medali dari cabor renang pada pertandingan terakhir, kontingen Jabar berhasil mempertahankan gelar juara umum PON.

     

    Sekda Jabar sekaligus Chief de Mission Kontingen PON Jabar Setiawan Wangsaatmaja menyaksikan langsung pertandingan renang tersebut, didampingi para pejabat Pemprov Jabar. Sekda membaur dengan atlet cabor lain dalam memberikan semangat.

     

    Menurut Setiawan, cabor renang ini merupakan salah satu penyumbang terbanyak medali emas pada PON XX tahun ini. Bahkan perolehan medali tersebut hingga mencapai target yang diinginkan. "Jadi sangat luar biasa dan untuk aquatic ini pun kita telah mencapai target. Kalau tadi ada 10 emas yang telah diraih totalnya sampai dengan akhir tadi," ungkap Setiawan.

     

    "Jadi harapan-harapan apa yang telah dicanangkan di awal sebetulnya tercapai hingga akhir cabor terakhir yang dipertandingkan di sore ini," imbuhnya.

     

    Setiawan mengapreasi perjuangan para atlet untuk tampil maksimal dan mengharumkan nama Jabar. "Atlet adalah tumpuan harapan, penyemangat bagi masyarakat Jawa Barat. Sekaligus sebagai pahlawan daerah karena berhasil menorehkan prestasi terbaiknya di masa pandemi," kata Setiawan.

     

    "Ini adalah hasil dari keteguhan, kedisplinan dan kerja keras para atlet. Mereka sudah dipersiapkan dan diandalkan. Kemampuan sudah baik dan harus terus ditingkatkan," imbuhnya.

     

    Setiawan pun mendorong para atlet Jabar di PON XX untuk terus meningkatkan kapasitas dan kapabilitas. "Para atlet yang memang sudah diandalkan, dan dari sisi kemampuan sudah baik, harus terus ditingkatkan," ucapnya.

     

    Setiawan optimistis prestasi gemilang di cabor renang ini dapat dipertahankan di PON selanjutnya yang akan digelar di Pulau Sumatera pada 2024. Pasalnya atlet renang Jabar saat ini rata-rata berusia muda. "Saya melihat dari strata usia atlet-atlet Jawa Barat sebetulnya kita masih punya harapan. Jadi masih ada beberapa yang memang bisa di PON yang akan datang," tutur Setiawan.

     

    "Bahkan di dua PON yang akan datang pun, kalau melihat dari sisi usia masih cukup," tambah Setiawan. (*)

    jn

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Kenet Gibson Wijaya, Talenta Baru Polo Air yang Dimiliki Kabupaten Bandung
    Kado Manis Akhir Tahun
    Cabor Biliar Sukses Digelar di Porprov Jawa Barat
    Wagub Uu: Porprov Jabar Ajang Pembibitan Atlet Muda Menuju PON 2024 Juara
    Justian Suhandinata Meninggal Dunia, Ini Jejaknya Bagi Bulutangkis Indonesia
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads


      Klasemen Liga Dunia

      Tim M Point
      1. Manchester City 22 56
      2. Chelsea 22 43
      3. Liverpool 20 42
      4. West Ham United 21 37
      Tampilkan Detail

      Klasemen Liga Indonesia

      Tim M Point
      1 Madura United 10 23
      2 PSM Makassar 9 21
      3 Bali United 10 21