free hit counter code Gubernur Ridwan Kamil Optimistis Jabar Juara Lagi di PON XXI 2024 - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Gubernur Ridwan Kamil Optimistis Jabar Juara Lagi di PON XXI 2024
(humas pemprov jabar) Kontingen Jabar saat penutupan PON XXI 2021 Papua di Kota Jayapura, Jumat (15/10/2021).

Gubernur Ridwan Kamil Optimistis Jabar Juara Lagi di PON XXI 2024

  • Jumat, 15 Oktober 2021 | 23:02:00 WIB
  • 0 Komentar

JuaraNews, Jayapura – Jabar mengulang sejarah 70 tahun lalu kala berhasil mempertahankan gelar juara umum di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON).

 

Pada penutupan PON XX/2021 Papua, Jumat (15/10/2021), kontingen Jabar Barat berhasil menjadi juara umum dengan perolehan 133 emas, 105 perak dan 118 perunggu. Prestasi tersebut sekaligus mempertahankan gelar juara umum yang diraih pada PON XIX/2016 di Bandung. Saat itu, Jabar mengoleksi 217 emas, 154 perak, dan 158 perunggu, atau total 529 medali.

 

Jabar sendiri terakhir berhasil mempertahankan gelar pada PON III/1953 di Medan setelah sebelumnya juara PON II/1951 di Jakarta. Kala itu pesta olahraga bergengsi senasional itu masih digelar 2 tahun sekali dengan jumlah cabang olahraga tidak sebanyak seperti sekarang. Pada PON II dari 18 cabor Jabar memperoleh 21 medali emas, 10 perak, dan 11 perunggu dengan total 42 medali. Sementara PON III Jabar meraih 24 emas, 12 perak, dan 14 perunggu dengan total 50 medali.

 

Pada PON Papua, Jabar mengungguli 2 pesaing terdekat, yakni DKI Jakarta yang finis di tempat kedua dengan 110 emas, 91 perak, dan 101 perunggu. Jawa Timur di posisi 3 dengan jumlah emasnya sama dengan DKI, 89 perak, dan 90 perunggu. Sementara tuan rumah Papua di posisi 4 dengan 93 emas, 67 perak, 102 perunggu.

 

Sempat tercecer di posisi 3 dari Papua dan DKI Jakarta pada awal, Jabar tancap gas di pertengahan event dan menyalip perolehan medali dan memantapkan posisi di puncak klasemen akhir. Dari 2.218 medali yang diperebutkan, atlet Jabar berhasil menggondol 356 medali atau sekitar 16 persen. PON Papua ini dirasakan lebih kompetitif dibandingkan sebelumnya.

 

Dengan demikian sepanjang sejarah penyelanggaraan PON yang dimulai di Keresidenan Surakarta tahun 1948, Jabar mampu 5 kali menjadi juara umum yaitu pada PON II/1951 di DKI Jakarta, PON III/1953 di Medan, PON V/1961 di Bandung, PON XIX/2016 di Bandung, dan PON XX/2021 di Papua.

 

Sejauh ini baru DKI, Jabar, dan Surakarta yang berhasil menjadi juara umum. Jabar 3 kali juara di tanah orang. “Beli tomat ke Ujungpandang, Jawa Barat bukan jago kandang,” ujar Ridwan Kamil di hadapan wartawan di Kota Jayapura, Jumat (15/10/2021)

 

Emil memang datang lagi ke Papua kali ini untuk menyaksikan upacara penutupan yang dipimpin Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin di Stadion Lukas Enembe. Di Tanah Cendrawasih, Kang Emil berbagi kebahagiaan dengan atlet yang masih tersisa dan tentunya bersama masyarakat Papua.

 

"Saya datang menyambut hari kemenangan yaitu Jabar juara umum. Dengan perolehan medali yang rata-rata melebihi kontingen lain, menjadikan kami juara umum," katanya.

 

PON XXI selanjutnya akan digelar di Medan dan Banda Aceh pada 2024.  Dengan materi atlet seperti saat ini, Ridwan Kamil optimistis Jabar kembali mempertahankan gelar juara umum. “Optimistis PON 21 di Medan dan Aceh Jabar akan juara umum,” tandas Emil.

 

Mewakili masyarakat Jabar, Kang Emil menyampaikan terima kasih kepada seluruh atlet dan ofisial yang telah berjuang meraih prestasi tertinggi di ajang olahraga nasional. "Tentulah rasa terima kasih kepada para atlet dan ofisial. Saya juga ucapkan terima kasih kepada KONI Jabar dan kota/kabupaten," ujar Emil.

 

Pemprov Jabar Siapkan Kadeudeuh

Sementara itu, Emil memastikan atlet Jabar peraih medali PON XX Papua 2021 akan mendapatkan kadeudeuh atau bonus yang akan diberikan secepatnya di Gedung Sate, Kota Bandung. "Hadiah uang kadeudeuh atau reward sudah kami siapkan secepatnya. Nanti akan kita upacarakan di Gedung Sate," kata Emil.

 

Soal nominal bonus, Emil menyebut saat ini sedang dihitung oleh Pemprov Jabar. Namun, ia memastikan jumlahnya mencapai ratusan juta rupiah per atlet bergantung jenis medali yang diperoleh dan nomor kategori. "Besarannya sedang dihitung oleh Pak Sekda yang pasti ratusan juta baik emas, perak, perunggu," ucap Emil.

 

"Nanti ada kategorinya yang emas tunggal seperti catur, ada juga yang emas berkelompok itu nanti berbeda ada hitungannya," tambahnya.

 

Emil juga memastikan nominal bonus akan sedikit berbeda mengingat kondisi keuangan Pemprov Jabar saat ini terdampak pandemi Covid-19. Kendati demikian, pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin memberikan bonus terbaik bagi Kontingen Jabar.

 

"Tentunya memang tidak bisa maksimal karena Covid-19. Semua terdampak, termasuk Pemda Provinsi Jabar kehilangan pendapatan yang luar biasa, tapi kami akan maksimalkan. Mudah-mudahan menyemangati," tuturnya. (*)

jn

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


PLN Mobile Proliga 2024 Siap Digelar
Bey Ingin Bandung bjb Tandamata Torehkan Hattrick
12 Tim Ikuti Super League Euro Futsal 2024
Bey Targetkan Tim Dayung Raih 15 Emas di PON XII
Rugby Jabar Siap Raih Medali di PON Aceh-Sumut