Hot News


JN-TAM

Opini


  • Kang Hariyawan
    Kang Hariyawan

    KANG Hariyawan sosok wartawan dan penulis yang kalem, tenang, sedikit bicara, dan banyak bekerja.

    Kang Hariyawan

    OBITUARI

    • Jumat, 19 Februari 2021 | 02:42:00 WIB
    • 0 Komentar


    Kang Hariyawan

     

    MENGENAL Hariyawan saat masih suka menjadi penulis lepas sekitar tahun 1995-2000. Saat itu saya sering mengirim tulisan atau mengambil honor di redaksi HU Bandung Pos di Jalan Lodaya Bandung. Perkenalan terjadi begitu saja. Tiba-tiba kenal, akrab dan suka ngobrol. Mungkin karena saya sering bertemu, membuat keakraban Saya dan Kang Haryawan mudah terjalin.

     

    Kang Hariyawan sosok wartawan dan penulis yang kalem, tenang, sedikit bicara, dan banyak bekerja. Namun ia pula kerap melontarkan humor, dan akhirnya kami sering saling ledek. Saya sering memanggil dia dengan sebutan Heryawan atau Ahmad Heryawan. Tapi selalu ditimpali olehnya, “Eta mah Gubernur Ente atuh.”

     

    Suatu ketika saya pernah menulis tentang kegiatan kesenian di Tasik; tulisan tentang baca puisi dan kasidah nurul sembako yang dikomandoi penyair Azep Zamzam Noor. Dalam tulisan saya menulis sebuah ‘jabatan’ pada Koordinator Lalalala.. Maksudnya orang yang memberi komando nada dan lirik: la...la...la... pada lagu yang dinyanyikan Qasidah Nurul Sembako.

     

    Ketika bertemu Kang Hariyawan bertanya; “Naon Koordinator Lalalala teh?”

     

    Saya menjelaskan seperti tadi. Plus ditambah bahwa kata itu atas saran penyair Acep Zamzam Noor. Biar tulisan lebih jenaka dan hidup. Hariyawan pun tersenyum. Dia sama sekali tak mengganti kata koordinator Lalalala itu, saat memuat tulisan tersebut.

     

    Sepanjang perkenalan, pernah terlibat beberapa kali pekerjaan dengannya. Pada awal tahun 2000 an, pekerjaan pertama kali digarap sama-sama dengan Kang Hariyawan. Saat itu kantornya di Jalan Kendang. Hariyawan datang untuk pertama kali tapi agak terlambat. Saat ditanya, nyasar kang? Ia menolak dibilang tersesat. Padahal saya tahu kalau dia memang nyasar.

     

    “Gampang neangan alamat ieu mah, dengdekeun we ceuli. Dengekeun sora na. Mun sora rebab, oh iya jalan rebab. Mun sora kendang, berarti ieu jalan kendang,” katanya sambil tersenyum.

     

    Kang Haryawan juga seorang yang cermat, detail, dan apik. Terutama dalam tulisan atau berita. Beberapa kali ia selalu kirim WA, tentang koreksi hasil pekerjaan yang belum selesai.

     

    Di luar liputan sosial dan politik, saya belajar banyak tentang berita dan tulisan yang lainnya dari dia. Terutama tentang seni, film, teater, hiburan, dan gaya hidup. ketika masih suka menulis, dia lebih memilih membuat tulisan tentang film, hiburan, sementara saya malah menulis opini tentang sosial dan politik yang berat. Tapi itu jadi memberi keseimbangan dalam aktivitas kepenulisan saya saat itu.

     

    Saat bekerja di kantor, saya lebih suka memutar lagu-lagu mainstream yang sering terdengar. Tetapi Kang Hariyawan memilih lagu-lagu indi, seperti Panas Dalam. Di sela-sela kerja ia sering mendendangkan lagu; Sudah jangan ke Jatinangor, Ia sudah ada yang punya. Lebih baik diam di sini, temani aa bernyanyi di sini.

    Selamat jalan Kang Hariyawan. Jalanmu terang ke sana... ***

     

    *Ude D Gunadi

    ude

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Terkait
    Berita Lainnya
    Kang Hariyawan
    Berbicara Solusi untuk Kuningan Mandiri
    Konsistensi Partai Demokrat Berkoalisi dengan Rakyat
    Srikandi
    • Srikandi

      AMBA telah berjanji untuk menuntaskan dendam kepada Bisma. “Bisma harus mati,” kata Amba dalam Selengkapnya..

      • 4 Februari 2021
    Peran Pemuda dalam Mekanisme Islam
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Klasemen Liga Dunia

      Tim M Point
      1. Tottenham Hotspur 11 24
      2. Liverpool 11 24
      3. Chelsea 11 22
      4. Leicester City 11 21
      Tampilkan Detail

      Klasemen Liga Indonesia

      Tim M Point
      1 Persib Bandung 3 9
      2 Bali United 3 7
      3 PSIS Semarang 3 6