Hot News


Opini


  • Kang Hariyawan
    Kang Hariyawan

    KANG Hariyawan sosok wartawan dan penulis yang kalem, tenang, sedikit bicara, dan banyak bekerja.

    Wagub Jabar Tebar 150.000 Benih Ikan di Green Canyon

    • Jumat, 5 Februari 2021 | 21:18:00 WIB
    • 0 Komentar


    Wagub Jabar Tebar 150.000 Benih Ikan di Green Canyon

     

    JuaraNews, Pangandaran – Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menabur 150.000 benih ikan di Kawasan Green Canyon, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jumat (5/2/2021).

     

    Uu berharap masyarakat sekitar Green Canyon dapat menjaga kebersihan lingkungan agar benih ikan dapat tumbuh dan berkembang biak. Jika itu dilakukan, nantinya benih ikan tersebut dapat menjadi pangan bagi masyarakat.

     

    Selain itu, Uu mendorong masyarakat sekitar Green Canyon untuk membudidayakan ikan air tawar. Menurutnya, selain sektor pariwisata, pembudidayaan ikan air tawar dapat menjadi sumber pendapatan masyarakat.

     

    "Kenapa tidak ditambah kesibukan masyarakat dengan air tawar dengan berbagai cara. Diberi pelatihan, mungkin nanti bisa diberi modal, nanti ikan bisa dijual ke rumah makan yang ada di sini. Di samping jadi nelayan, membudidayakan ikan air tawar di rumah masing-masing dapat menambah pendapatan," imbuhnya.

     

    Uu juga menegaskan, Pemda Provinsi Jabar intens meningkatkan perekonomi perdesaan di Jabar. Hal itu dilakukan untuk memangkas ketimpangan ekonomi masyarakat perdesaan dan perkotaan. Apalagi, kata Uu, desa-desa di Jabar memiliki sumber daya manusia dan sumber daya alam yang melimpah.

     

    "Perkembangan ekonomi penting, tapi meratanya ekonomi, lebih penting. Kemajuan ekonomi penting, tapi keadilan peluang ekonomi jauh lebih penting," ucapnya.

     

    Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jabar Hermansyah mengatakan, penaburan benih ikan bertujuan untuk menjaga ekosistem lingkungan dan memperkuat ketahanan pangan, khususnya ikan.

     

    Hermansyah berharap dengan penaburan benih ikan, kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan meningkat. Dengan begitu, benih ikan yang ditabur dapat tumbuh dan berkembang biak. "Tentunya diharapkan ikan-ikan yang kita tebar hari ini dapat tumbuh dan berkembang seterusnya, dapat dimanfaatkan oleh masyarakat," ucap Hermansyah.

     

    Hermansyah melaporkan, total benih ikan yang ditabur kali ini sebanyak 150.000. Riciannya, 72.000 benih ikan mas, 8.000 benih ikan bandeng, 35.000 benih ikan nila, dan 35.000 benih ikan patin.

     

    Selain di Kawasan Green Canyon, penaburan benih ikan dilakukan di sungai-sungai di Kabupaten Pangandaran. Mulai dari Sungai Cipari, Sungai Ciranca, Sungai Cimanpas, sampai Sungai Tiplo. (*)

    ude

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Kehadiran Ruby Resto Poles Wajah Hotel Geowisata Inn Kian Menarik
    Program Perbaikan Rutilahu Jabar Jadi Stimulus Pemulihan Ekonomi di Masa Pandemi Covid-19
    Upayakan Penghasilan Tambahan di Masa Pandemi, DWP Jabar Gelar Pelatihan Budi Daya Tanaman Hias
    Pecahkan Masalah, Petani dan Pemerintah Harus Duduk Sama-sama
    Yod Mintaraga: Tantangan Dunia Pertanian adalah Permodalan
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Pos Indonesia kanan
      iklan qposaja

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads