free hit counter code Dapat Hewan Qurban, Ini Tips dan Cara Mengolah Daging Sapi - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Dapat Hewan Qurban, Ini Tips dan Cara Mengolah Daging Sapi

    Dapat Hewan Qurban, Ini Tips dan Cara Mengolah Daging Sapi

     

    JuaraNews, Bandung - Besok umat Islam merayakan Hari Raya Idul Adha. Seperti biasa, peringatan hari raya ini diwarnai dengan pembagian hewan qurban.

     


    Bagaimana memasak hewan qurban agar terasa empuk dan enak. Tulisan berikut untuk memberikan tips agar daging qurban dimasak dengan baik dan rasanya enak, lembut, dan empuk.

     

    Pertama, sebelum dimasak pisahkan pengolahan daging sapi atau daging kambing. Selain untuk menghindari aroma yang menyatu dan membuat tidak enak, banyak orang yang tidak suka di antara daging tersebut. Kalau dicampur, sudah pasti alergi dengan aromanya.

     

    Sebelum mengolah daging sapi beberapa hal perlu diterapkan dan diperhatikan. Mulai dari dari cara mengolah, mencuci, memotong dan menyimpan yang tepat ternyata bisa mengurangi lemak dan bahaya buruk dari mengkonsumsi daging sapi.

     

    Cara Mencuci Daging Sapi
    Beberapa pendapat mengatakan bahwa daging sapi sejatinya tidak perlu dicuci lagi. Namun, untuk yang tetap ingin mencuci daging sapi ini tidak apa-apa kok. Ketika daging sapi sudah dicuci usahakan langsung dimasak.

     

    Untuk daging sapi yang tidak langsung dimasak, jangan dicuci terlebih dahulu. Jika tidak mencuci daging sapi, maka bisa dengan merebus sebentar saja daging sapi hingga warna airnya keruh. Buang air tersebut dan bisa langsung memasaknya kembali.

     

    Cara Menyimpan Daging Sapi
    Penyimpanan daging sapi perlu diperhatikan. Usahakan simpan daging sapi di kulkas dengan suhu 1 derajat atau freezer dengan suhu -18 derajat celcius, setelah mendapatkan daging kurban. Hal ini berguna agar nutrisi dalam daging tidak hilang dan bisa memperpanjang usia daging.

     

    Kalau menyimpan di kulkas, daging sapi mentah ini hanya baik disimpan hingga 2 hari saja. Apabila disimpan dalam freezer, daging sapi mentah bisa bertahan hingga 3-4 bulan.

     

    Simpan daging sapi dalam wadah bersih dan tertutup rapat. Jika ingin mencairkan daging sapi beku dari freezer maka taruh dalam lemari es dahulu untuk mencegah pertumbuhan bakteri.

     

    Cara Mengolah Daging Sapi
    Jangan lupa cuci tangan setidaknya 20 detik dengan air bersih dan sabun agar bakteri di tangan tidak menyebar. Buang lemak yang ada dalam daging sapi.

     

    Jika akan memasak daging sapi disarankan untuk memanggang dan merebusnya. Jika akan menggoreng daging sapi, gunakan minyak yang sehat untuk jantung seperti minyak bunga matahari, minyak kanola, minyak kedelai, minyak zaitun. Masak daging sapi dalam penggorengan, oven atau air dengan suhu di atas 70 derajat celcius untuk membunuh bakteri. (*)

    ude

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Petualangan Tak Terlupakan di Tebing Keraton
    Olahraga Efektif Mengatasi Lemak Pasca Lebaran
    Tiga Daerah Berbahaya yang Kuasai Ilmu Kesaktian
    Waspadai Penyakit Khas Pascalebaran
    Cintanya Agus Mulyana Pada Vespa Tak Sekedar Hobi

    Editorial