free hit counter code RSHS Isolasi Pasien Cacar Monyet asal Bandung - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
RSHS Isolasi Pasien Cacar Monyet asal Bandung
Foto: Net ilustrasi cacar monyet

RSHS Isolasi Pasien Cacar Monyet asal Bandung

  • Senin, 30 Oktober 2023 | 20:46:00 WIB
  • 0 Komentar

JuaraNews Bandung - Dinkes menyebut warga Bandung yang terpapar cacar monyet atau monkeypox menjalani isolasi di RSHS Bandung.

 

Kadinkes Kota Bandung, Anhar Hadian mengatakan pasien tersebut dinyatakan  terpapar cacar monyet setelah melakukan kontak erat di Jakarta.

 

"Ada warga Kota Bandung terdeteksi. Pasien sekarang sedang diisolasi di RSHS. Pasien ini berkontak dengan yang di Jakarta. Tetapi kita belum tahu berkontak dengan siapa," kata Anhar Hadian, Senin (30/10/2023).

 

Menurutnya, pasien monkeypox tersebut telah di rawat di RSHS Bandung di antara 25-26 Oktober. Semula yang bersangkutan memeriksakan diri ke puskesmas, lalu dirujuk ke RSHS Bandung.

 

Namun demikian, Anhar memastikan bahwa tujuh anggota keluarga dalam satu rumah tidak menunjukan tanda-tanda monkeypox. Tetapi pihaknya akan terus mengawasi keluarga tersebut.

 

"Kita datangi anggota keluarga dan melakukan pemeriksaan. Kita sampaikan apabila ada gejala demam sekalipun, segera lapor ke puskesmas terdekat. Kita sudah berikan pemahaman dan penjelasannya,"ucapnya.

 

Pihaknya pun mengaku diminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk melakukan surveilan aktif dengan baris pertama ialah fasilitas kesehatan, seperti rumah sakit, klinik, dan puskesmas.

 

"Jika ada gejala-gejala mirip cacar monyet ya segera hubungi kami. Dan kami mengimbau pula ke seluruh masyarakat hati-hati apabila ada keluarga, kerabat atau siapa pun alami gejala itu,"katanya.

 

Anhar menambahkan, untuk wilayah Kota Bandung, Kemenkes telah menyiapkan Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung untuk penderita cacar monyet dalam pengobatannya.

 

"Gejala awalnya standar sih, seperti demam, pegal-pegal, serta timbul seperti cacar. Itu hati-hati dan kembali sangat dipengaruhi oleh daya tahan tubuh,"pungkasnya. (*)

bas

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Target Angka Penurunan Stunting  Masih Jauh
Bey Machmudin Lantik Tiga Penjabat Kepala Daerah
Legislator Minta Permasalah RKB Segera Diatasi
3 Raperda Prakarsa DPRD Jabar Tuntas Dibahas
Bey Target Swasembada Pangan di Jabar

Editorial



    sponsored links