free hit counter code 7 Air Terjun Tertinggi dan Terindah di Indonesia - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    7 Air Terjun Tertinggi dan Terindah di Indonesia

    7 Air Terjun Tertinggi dan Terindah di Indonesia

    • Minggu, 24 September 2023 | 10:34:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Bukan rahasia lagi kalau indonesia memiliki beragam destinasi mengagumkan salah satunya adalah air terjun. Ada banyak yang sangat terkenal namun ada juga yang hanya menjadi tempat wisata masyarakat setempat saja, dari sekian banyaknya air terjun di indonesia ada 7 yang paling tinggi 4 diantaranya ada di Pulau Sumatera 2 di Pulau Jawa dan 1 lagi ada di Pulau kalimantan.

    Berikut ke 7 air terjun tertinggi yang ada di Indonesia

     Jembatan Putus, Ini Cara ke Air Terjun Tumpak Sewu dari Arah Malang

     

     

    ke - 1 Air terjun Tumpak Sewu terletak di dusun Jagalan desa Sidomulyo kecamatan Pronojiwo kabupaten Lumajang Provinsi Jawa Timur Indonesia. Dengan ketinggian 120 meter yang berada di perbatasan  kabupaten Lumajang dan kabupaten Malang provinsi Jawa Timur.

     

    Air terjun ini merupakan air terjun yang terindah di pulau Jawa dan Indonesia memiliki formasi unik  serta  aliran air yang lebar seperti tirai. Lokasinya ada di dalam lembah curam memanjang dengan elepasi 500 meter di atas permukaan air laut terbentuk nya air terjun Tumpak Sewu dari aliran sungai Glidik yang berhulu di Gunung Semeru.

     

    Air Terjun Sipiso-Piso - Momotrip Journal

     

    Ke - 2 Air terjun Sipiso Piso terletak di desa Tongging  kecamatan Merek kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara yang berada di bibir kaldera danau toba. Air terjun ini terbentuk dari Pajananbolon yang merupakan salah satu sungai penyuplai air ke danau toba, Nama Sipiso-piso diambil dari Bahasa Batak yang berarti piso atau pisau. Memang jika diperhatikan air terjun yang mengalir dari ketinggian 120 meter ini terlihat seperti sebuah bilah pisau yang tajam.

     

    Bila diukur dari permukaan laut, Air Terjun Sipiso-Piso terletak di ketinggian 800 mdpl, sehingga suasana di sekitar air terjun terasa sejuk khas pegunungan. Kondisi tersebut juga tidak lepas dari lokasi air terjun yang dikelilingi hutan dan perbukitan.

     

     Air Terjun Batang Kapas

     

    ke - 3 Air terjun Batang Kapas yang terletak di dataran tinggi bukit barisan berada dalam wilayah desa Lubuk Bigau kecamatan Kampar Kilir Hulu kabupaten Kampar provinsi Riau. Air terjun ini di perkirakan memiliki ketinggian sekitar 150 meter dengan panorama alam yang sangat indah untuk di kunjungi dan masih di kelilingi hutan perawan dan memiliki berbagai macam flora dan fauna sehingga wisatawan yang berkunjung akan merasakan udara yang segar tentunya sambil di hibur dengan kicauan berbagai jenis burung yang mengiringi setiap langkah wisatawan

     

    Intip Pesona Lembah Harau, Destinasi Elok Pelepas Penat di Payakumbuh :  Okezone Travel

     

    ke - 4 Air terjun lembah Harau yang mempunyai ketinggian 150 meter terletak di lembah Harau payah kumbuh Sumatera Barat yang berjarak sekitar 35 km dari bukit tinggi dan dapat di tempuh selama satu setengah jam kalau berkendara dari bukit tinggi perjalanan menuju lokasi berbelok belok dan jiga ingin melihat ke indahan air terjun ini lebih baik waktu musim penghujan sehingga debit air lebih deras dan lebih cantik di pandang mata

     

     

    Air Terjun Nokan Nayan, Kemegahan Alam Di Tanah Seribu Sungai -  NativeIndonesia.com

     

    ke - 5 Air terjun Nokan Nayan yang berada di Pulau Kalimantan di Desa Deme Kecamatan Ambalau Kabupaten Sintang Provinsi Kalimantan Barat.

     

    Air terjun ini yang paling tinggi dan terbesar ke tiga di Indonesia dengan tinggi lebih dari 180 meter. Air terjun Nokan Nayan terdiri dari dua air terjun dengan dua sumber sungai yang berbeda, kedua air terjun ini jatuh pada tempat yang sama di ujung sebuah lembah. air terjun tersebut memiliki ketinggian yang hampir sama dan memiliki debit air yang sangat besar terlebih kalau lagi musim penghujan sehingga bisa memunculkan kabut yang membumbung tinggi dan membentuk sebuah pelangi abadi di bawahnya.

     

    Air Terjun Madakaripura, Tempat Semedi Gajah Mada

     

    ke - 6 Air terjun Madakaripura yang terletak di Kabupaten Probolinggo provinsi Jawa Timur air terjun ini mencapai ketinggian 200 meter dan merupakan air terjun tertinggi di pulau Jawa dan tertinggi ke dua di Indonesia. Air terjun Madakaripura berada di ujung lembah sempit dan berbentuk ceruk yang dikelilingi tebing-tebing curam yang meneteskan air pada seluruh bidang tebingnya seperti layaknya sedang hujan, 3 di antaranya bahkan mengucur deras membentuk air terjun lagi.

     

    Nama air terjun yang berada di ketinggian 1.000 mdpl ini berasal dari kata Madakaripura, tanah perdikan milik mahapatih Gajah Mada dari kerajaan Majapahit. Air Terjun Madakaripura juga kerap disebut Air Terjun Abadi. Hal itu karena air yang dialirkan oleh air terjun ini selalu melimpah dan tak pernah berkurang debitnya.  

     

     Air Terjun Sigura-gura, Sumatera Utara - Backpacker Jakarta

     

    ke - 7 Air terjun Sigura Gura berada di Dusun Sigura Gura, Desa Pintu Pohan Dolok, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara. Letak Air Terjun Sigura Gura ini berada di tanah dataran tinggi di pingiran danau toba merupakan air terjun tertinggi yang ada di Indonesia, ketinggiannya mencapai 250 meter sekaligus mengalahkan air terjun Madakaripura yang ketingiannya 200 meter dan air terjun  Payakumbuh 150 meter yang berada di Sumatera Barat.

     

    Nuansa sejuk begitu terasa saat memasuki kawasan ini, karena Air Terjun Sigura-gura dikelilingi pepohonan rindang. Berendam di sekitar Air Terjun Sigura-gura menjadi menu wajib para pelancong yang mengunjunginya.

     

    Setiap tetesan air yang membasahi badan membuat raga kembali segar usai melewati perjalanan panjang nan melelahkan. Berfoto dengan latar belakang Air Terjun Sigura-gura pun tak boleh terlewatkan. Hanya saja, pengunjung harus berhati-hati menyusuri air terjun ini karena masih banyaknya bebatuan yang terjal dan licin. (*)

    Rdsp

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Inilah Beberapa Daerah Bersuhu Dingin di Indonesia
    Misteri Penghuni Jin Kota Gaib Padang 12 Kalbar
    iBooming, Solusi Sukses Afiliasi di TikTok
    Sesar Lembang, Pahami Patahan di Tanah Parahyangan
    Ini Prediksi Fenomena Badai Matahari Akan Terjadi


    sponsored links