blog counter

Hot News


Opini


    Cegah Stunting, Campaign.com Gelar Kompetisi Masak “Gizi untuk Pahlawan Masa Depan”

    • Selasa, 27 Desember 2022 | 12:14:00 WIB
    • 0 Komentar


    Cegah Stunting, Campaign.com Gelar Kompetisi Masak “Gizi untuk Pahlawan Masa Depan”
    Ilustrasi lomba memasak net

    JuaraNews, Jakarta - Campaign.com mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap stunting dengan menggelar kompetisi masak “Gizi untuk Pahlawan Masa Depan”.

    Menurut WHO, stunting adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang dengan ditandai panjang atau tinggi badannya di bawah standar.

    Di Indonesia, salah satu penyebab stunting yang menonjol adalah kurangnya akses terhadap makanan bergizi pada ibu hamil dan anak-anak. Dilansir dari Laporan Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) pada tahun 2021, prevalensi balita stunting di tanah air mencapai 24,4 persen. Kondisi ini membuat Indonesia menduduki peringkat 115 dari 151 negara dengan tingkat stunting tertinggi secara global menurut data World Bank tahun 2020.

    Sebagai upaya menekan angka stunting, Campaign.com, startup pengembang platform aksi sosial Campaign #ForChange, meluncurkan rangkaian kampanye #PahlawanMasaDepan.

    Kampanye ini dilakukan bersama organisasi dan komunitas yang bergerak di bidang kesehatan anak dan remaja serta disponsori oleh donatur melalui Yayasan Dunia Lebih Baik.

    Terdapat beragam tantangan sosial yang dapat diikuti di aplikasi Campaign #ForChange guna membuka donasi bagi program edukasi dan sosialisasi pencegahan stunting. Selain itu, ada pula kompetisi Instagram Reels yang berisi makanan bergizi seimbang.

    Kompetisi ini berpedoman pada metode “Isi Piringku” yang telah disosialisasikan oleh pemerintah sebagai upaya mencegah stunting. Metode ini menggantikan slogan “4 Sehat 5 Sempurna” dan menitikberatkan pada keseimbangan gizi dalam satu kali makan.

    Dilansir dari laman kesmas.kemkes.go.id, “Isi Piringku” menggambarkan satu porsi makan dalam satu piring yang terdiri dari 50 persen buah dan sayur, 50 persen sisanya terdiri dari karbohidrat serta protein dengan pembagian sepertiga lauk dan dua pertiga karbohidrat.

    “Diperlukan partisipasi aktif publik untuk bersama-sama menekan angka stunting di Indonesia. Melalui rangkaian kampanye #PahlawanMasaDepan, Campaign.com mengajak seluruh pihak untuk berbagi informasi dengan cara yang seru dan dekat dengan kehidupan sehari-hari, sehingga mudah dipahami dan makin banyak orang yang teredukasi,” ungkap Founder dan CEO Campaign.com, William Gondokusumo melalui keterangannya, Selasa (27/12/2022)

    Syarat untuk mengikuti kompetisi salah satunya adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang berusia minimal 17 tahun dan memiliki KTP. Para peserta dapat mengunggah video di Instagram Reels berisi makanan bergizi seimbang kreasi pribadi sesuai pedoman “Isi Piringku” dengan menyertakan tagar #PahlawanMasaDepan dan mention akun @campaign_id pada caption.

    Peserta juga diwajibkan mengunduh aplikasi Campaign
    #ForChange terlebih dahulu melalui App Store atau Google Play Store dan menyelesaikan satu tantangan sosial yang ada dalam aplikasi. Kriteria penilaiannya berupa kreativitas konten, kesesuaian tema, dan kualitas karya. Tiga peserta terpilih berhak mendapatkan hadiah uang tunai total 3 juta rupiah dengan rincian: pemenang I: Rp1.500.000, pemenang II: Rp1.000.000, dan pemenang III: Rp500.000.

    Periode kompetisi akan berakhir pada 22 Januari 2023. Pengumuman pemenang akan diumumkan di Instagram Campaign.com (@campaign_id) pada 30 Januari 2023. Melalui kompetisi ini, Campaign.com berharap dapat mendukung target pemerintah untuk menurunkan angka stunting menjadi 14 persen pada 2024.

    Oleh: abdul basir / bas

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    HUT ke-10 El Hotel International Mengusung Tema G10W Up dan Grow
    Cegah Stunting, Campaign.com Gelar Kompetisi Masak “Gizi untuk Pahlawan Masa Depan”
    Benny Soebarja & Fariz RM, Pulang Kampung Bandung
    Mobil Mewah Serbu Kantor JuaraNews & Kampring...
    Titipan Anak Setan, Film Layar Lebar Pertama PFN
    Berita Terdahulu

    Editorial