blog counter

Hot News


Opini


    7 Oleh-Oleh Khas Palangka Raya yang Sayang untuk Dilewatkan

    • Kamis, 15 September 2022 | 14:11:00 WIB
    • 0 Komentar


    7 Oleh-Oleh Khas Palangka Raya yang Sayang untuk Dilewatkan
    Jembatan Kahayang merupakan landmark Kota Palangka Raya. Jembatan sepanjang 640 meter dengan lebar 9 meter tersebut membelah Sungai Kahayan, menghubungkan pusat Kota Palangka Raya dan Kelurahan Pahandut Seberang. (net)

    SETIAP daerah di Tanah Air memiliki kebudayaan dan ciri khas masing-masing yang membedakannya dengan daerah lain.

    Itulah sebabnya mengelilingi Nusantara tak pernah terasa membosankan karena banyak hal baru yang dapat Anda temukan setiap saat. Salah satu destinasi menarik yang cocok dijadikan tujuan liburan adalah kota Palangka Raya.

     

    Bepergian naik pesawat ke Palangka Raya atau kota-kota besar lainnya di Indonesia kini semakin mudah jika Anda mengandalkan Traveloka. Traveloka adalah Online Travel Agent (OTA) terkemuka di Tanah Air yang senantiasa menyiapkan akomodasi perjalanan berkualitas. Anda hanya perlu mengakses website atau aplikasi Traveloka untuk memesan tiket pesawat sesuai tujuan dan jadwal yang Anda inginkan. Selanjutnya, Traveloka akan membantu Anda menemukan rekomendasi tiket pesawat dari berbagai maskapai pesawat terbang.

     

    Kemudahan perjalanan bersama Traveloka pasti membuat Anda semakin yakin merealisasikan rencana liburan ke Palangka Raya. Jangan lupa pula mengakomodasikan bujet liburan Anda untuk membeli beberapa oleh-oleh khas berikut ini:

     

    Keripik Kelakai
    Apakah Anda familiar dengan daun Kelakai? Daun Kelakai adalah jenis tumbuhan yang dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan, termasuk keripik. Keripik kelakai merupakan salah satu oleh-oleh paling populer yang bisa dibawa dari kota Palangka Raya. Proses pembuatannya cukup panjang dan menyita waktu. Daun Kelakai yang sudah dibersihkan akan dilumuri adonan tepung berbumbu lalu digoreng hingga renyah. Kemudian, kandungan minyak dalam keripik Kelakai yang baru matang akan dikeringkan agar selalu renyah dan tahan lama. Meskipun proses pembuatannya agak rumit, keripik kelakai dibanderol dengan harga terjangkau sehingga tak akan menguras bujet oleh-oleh yang sudah Anda siapkan.

     

    Wadi Ikan
    Jika Anda sekeluarga termasuk penggemar ikan asin, maka Anda tak boleh melewatkan kesempatan membeli olahan ikan asin khas Palangka Raya yang disebut Wadi Ikan. Kata wadi berasal dari bahasa Dayak yang berarti proses fermentasi menggunakan beras dan garam. Jenis ikan yang digunakan sangat beragam, antara lain patin, haruan, sepat, saluang, dan bawal. Ikan tersebut akan dibersihkan lalu direndam dalam garam dan beras selama seminggu supaya rasa asinnya meresap hingga ke tulang. Tak seperti ikan asin biasa, wadi ikan memiliki perpaduan rasa asin dan asam yang dapat membangkitkan selera makan.

     

    Rabuk Patin Kandas Sarai
    Istilah Rabuk Patin digunakan untuk menyebut abon berbahan dasar ikan patin yang merupakan olahan khas Palangka Raya. Abon tersebut diberi tambahan berupa sambal kandas sarai yang terbuat dari serai. Cita rasa abon yang gurih dan pedas sangat cocok dijadikan lauk pelengkap nasi atau topping roti. Kini, rabuk patin kandas sarai dikemas secara modern sehingga tampilannya cantik, tahan lama, dan mudah dibawa sebagai buah tangan sepulang liburan.

     

    Ikan Saluang
    Jenis ikan khas perairan Kalimantan ini menyerupai teri tetapi ukurannya sedikit lebih besar. Masyarakat Palangka Raya biasanya mengolah ikan Saluang dengan cara digoreng hingga kering agar teksturnya renyah dan tahan lama hingga beberapa minggu. Sajian ikan saluang goreng yang gurih dan renyah sangat nikmat jika disantap bersama nasi putih hangat dan sambal terasi.

     

    Lemang
    Olahan Lemang ternyata juga menjadi salah satu oleh-oleh favorit khas Palangka Raya. Meskipun bentuknya mirip lontong, cita rasanya jelas jauh berbeda. Lemang terbuat dari beras ketan yang dimasukkan ke bilah-bilah bambu lalu dibakar hingga matang. Rasanya gurih dan teksturnya legit sehingga cocok disantap sebagai camilan maupun makanan utama. Bahkan, lemang bisa disantap dengan sambal maupun bahan pelengkap bercita rasa manis seperti sirup gula merah.

     

    Topi Kulit Kayu
    Buah tangan khas kebanggaan Palangka Raya bukan hanya terdiri dari makanan. Anda juga bisa membawa pulang oleh-oleh berupa topi kulit kayu. Bentuknya sangat unik dan daya tahannya tidak kalah dibanding topi biasa. Hingga saat ini, masih banyak masyarakat lokal yang merintis UMKM dengan produk utama berupa topi kulit kayu. Tak ada salahnya membeli topi kulit kayu dalam jumlah banyak kalau ingin tampil beda bersama keluarga dan para sahabat.

     

    Batik
    Bukan hanya Jawa Tengah yang memiliki banyak produk khas berupa batik. Palangka Raya ternyata juga memiliki batik yang tak kalah menarik dibanding batik khas Jawa. Motif benang rintik merupakan salah satu yang paling populer karena mengisahkan kehidupan masyarakat Dayak. Selain itu, ada pula motif batang garing yang melambangkan kepercayaan suku Dayak dan hubungan spiritualnya dengan Tuhan. Tahapan pembuatan batik Palangka Raya dilakukan secara detail dengan bahan-bahan berkualitas sehingga hasilnya sebanding dengan harga yang harus Anda bayar.

    Ulasan tentang oleh-oleh khas Palangka Raya ini tentu membuat Anda makin yakin mengunjunginya sebagai salah satu destinasi liburan andalan. Mari nikmati perjalanan liburan ke Palangka Raya sambil berburu aneka oleh-oleh untuk orang-orang terdekat. (*)

    jn

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    BIJB Kertajati Bakal Layani Penerbangan Umrah di 2022
    Tol Cibitung-Cilincing Resmi Beroperasi, Distribusi Barang ke Tanjung Priok jadi Lebih Cepat
    7 Oleh-Oleh Khas Palangka Raya yang Sayang untuk Dilewatkan
    Inspeksi ke Pasar Tradisional, Gubernur Ridwan Kamil Pastikan Harga Sembako Masih Stabil
    Cucu Sutara: BIJB Harus Dirasakan Manfaatnya oleh Masyatakat Jawa Barat
    Berita Terdahulu

    Editorial


      iklan qposaja

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads