blog counter

Hot News


Opini


    Seniman Legendaris Minang Herman Hasan Percayakan Lagu Rang Sikumbang Dirilis Ulang Alif Koto

    • Selasa, 9 Agustus 2022 | 18:23:00 WIB
    • 0 Komentar


    Seniman Legendaris Minang Herman Hasan Percayakan Lagu Rang Sikumbang Dirilis Ulang Alif Koto
    Herman Hasan (Istimewa)

    LAGU Rang Sikumbang merupakan salah satu karya legendaris dari Herman Hasan. Untuk menyampaikan lagi pesan prosesi pernikahan adat di Minangkabau pada generasi milenial, Herman Hasan mempercayakan lagu tersebut dirilis ulang oleh Alif Koto. Videoklip Rang Sikumbang tayang perdana pada Selasa (9/8/2022) pukul 12.00 WIB di kanal YouTube Alif Koto Production.


    Herman Hasan mengatakan, lagu Rang Sikumbang ditulis pada 1974. Setahun setelah itu diproduksi grup band Kolamos (Konco Lamo Sawahan). Pada era 90-an, lagu tersebut dirilis ulang  oleh Zalmon, Ody Malik, dan banyak penyanyi lainnya.


    Ia menjelaskan, lagu tersebut terinspirasi dari prosesi adat meminang di suku Minangkabau. Pada lirik lagu tersebut dijelaskan bagaimana adat meminang gadis bermarga Sikumbang dengan laki-laki bermarga Chaniago dalam sebuah pinangan adat di Ranah Minang.


    Lagu ini juga bercerita tentang budaya di Minangkabau tentang filsafat adat diisi, limbago dituang. Dalam prosesi pernikahan adat di Minangkabau, ada peran ninik mamak dan urang sumando dari kedua belah pihak, mereka bermusyawarah melalui pasambahan dalam bentuk berbalas pantun.


    "Melalui lagu Rang Sikumbang saya menyampaikan pesan, terutama untuk generasi milenial, agar mereka tahu dengan kekayaan adat Minangkabau, salah satunya pada prosesi pernikahan adat. Selain itu juga tentang peran penting ninik mamak dan urang sumando dalam peradatan," kata Herman Hasan di Padang, Selasa (9/8/2022) .


    Pada rilisan kaset pita di era 90-an, lagu Rang Sikumbang berhasil meraih angka penjualan yang signifikan. Herman Hasan berharap versi Alif Koto juga mendapat tempat di industri musik digital pada era sekarang ini.


    "Saya percaya Alif Koto punya kemampuan untuk membawakan karya-karya lagu saya. Sukses itu tergantung rejeki dari Allah SWT. Yang bisa kita lakukan berikhtiar, setelah itu Allah SWT yang menentukan," kata Herman Hasan.


    Sebelumnya Alif Koto sendiri telah merilis lagu Diseso Janji, lagu Rang Sikumbang merupakan single keduanya. Musiknya diaransemen di studio musik ST22 oleh R doel, salah seorang arranger sukses di Sumatera Barat. Herman Hasan suka dengan garapan R doel, karena berhasil mengomposisi musik lagu tersebut sesuai ketukan lagu dengan aransemen yang begitu apik.


    Dalam perjalanan kariernya di dunia musik, Herman Hasan sudah banyak melahirkan karya lagu yang dinyanyikan beragam penyanyi di industri lagu Minang. Sebagai seniman, ia merasa bahagia karena karya-karya lagunya dapat diterima para penikmat musik. Videoklip lagu Rang Sikumbang versi Alif Koto dapat ditonton melalui link berikut ini; https://youtu.be/QowAp6pY2AI. (*/kontri/m fadhli)

    jn

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Makian Khas Basa Sunda: Perspektif Alternatif Kehidupan Jenaka
    Makin Seru Nonton Film dengan Fitur-Fitur Unggulan Iflix Indonesia
    Kisah 'Jurig Jarian', Mitologi Untuk Terapkan Nilai Tradisi
    Gitar Degung, Jalan Panjang Agus Rukmana Kembangkan Budaya Sunda
    Berita Terdahulu

    Editorial